Ciri-Ciri Ayam Cemani Berkualitas

Ayam Cemani adalah ayam hias yang asli dari Indonesia. Tepatnya berasal dari wilayah Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Karena berasal dari daerah kedu, banyak orang yang menyebutnya dengan ayam kedu. Ayam ini dikembangkan sebagai ayam ras unggul. Pada awalnya ayam cemani ini disana difungsikan untuk ritual dan tidak difokuskan sebagai ayam pedaging atau petelur atau sebagai hiasan. Namun di saat sekarang ini, ayam cemani menjadi salah satu dalam ayam hias karena unik, yaitu bentuk badannya hitam menyeluruh.

Sepasang Ayam Cemani

Sepasang Ayam Cemani

Pada postingan kami dahulu pernah membahas tentang cara mudah mengenal ayam cemani asli, kini kami akan membahas tentang ayam cemani berkualitas. Harga ayam cemani sendiri saat ini relatif stabil, saat ini harga ayam cemani indukan untuk sepasangnya berkisar antara satu juta. Hal ini karena ayam ini unik dan peminatnya semakin banyak. Dan berikut ini beberapa ciri-ciri ayam cemani yang berkualitas :

  • Seluruh bulunya berwarna hitam legam, mulai dari paruh hingga kakinya berwarna hitam.
  • Untuk kulit tubuhnya berwarna hitam, baik untuk kulit di muka, leher dan keseluruhannya.
  • Kuku dan kaki ayam cemani berwarna hitam pekat, duburnya juga berwarna hitam pekat untuk ayam cemani yang berkualitas.
  • Ciri-ciri fisik penampilannya belum ada standar resmi untuk ukurannya. Bobot babon/betina: 2-3 kg, jantan 3-4 kg; ayam cemani dapat bertahan sampai 8 tahun; berbulu keras; tubuh ukuran sedang; bulu ekor naik; jengger ukuran besar.

Dan sering kita temui dilapangan banyak konsumen yang ingin memiliki ayam cemani dengan syarat warna lidah hitam dan darah berwarna hitam. Namun sejauh ini pengalaman kami sebagai peternak ayam hias belum pernah menjumpai hal tersebut. Selain itu penulis juga mendapatkan informasi bahwa belum dijumpai ayam cemani berlidah hitam dan berdarah hitam karena lidah ayam cemani berwarna abu-abu, dan darahnya tetap berwarna merah meskipun tidak semerah seperti ayam biasanya.

Nah demikianlah ciri-ciri ayam cemani berkualitas, silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam cemani berkualitas :

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

4 thoughts on “Ciri-Ciri Ayam Cemani Berkualitas

  1. nezza

    Kalo ayam mukanya yg merah ,,selain muka warna nya hitam semua apakah termasuk ayam cemani bos

    Reply
    1. admin

      Silahkan kirim foto ayam tersebut ke layanan pelanggan kami via whatsapp di 085647723888. karena ada kemungkinan ayam tersebut termasuk ayam kedu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *