Cara Mudah Ternak Ayam Kalkun Putih

Cara Mudah Ternak Ayam Kalkun Putih

Ayam Kalkun putih atau kalkun albino sering juga di sebut White Holland Turkey. Memelihara kalkun putih sebenarnya tidak begitu jauh berbeda seperti kita memelihara ayam mutiara dan ayam kampung lainnya. Perbedaan yang mendasar pada pakan ternak tambahan dan luas kandang. Sedangkan untuk perawatan dan pencegahan dari berbagai jenis penyakit, pembersihan kandang dan lain-lain akan sama.

Kalkun putih bukan berasal dari hewan asli Indonesia. Kalkun berasal dari Amerika dan sebagian Eropa. Kalkun mempunyai postur yang lebih besar dibandingkan dibandingkan ayam lainnya. Berat badannya bisa mencapai 5-7 kg, dimana postur kalkun jantan lebih besar dibandingkan kalkun betina. Perkembangan kalkun juga lebih cepat dibandingkan dengan ayam biasa. Apalagi jika ditunjang dengan asupan gizi dan penambahan berupa irisan sayuran segar.

Kalkun White Holland Turkey Indukan Jantan

Kalkun White Holland Turkey Indukan Jantan

Bagaimana Kandang ayam kalkun putih ini?

Ayam Kalkun yang berwarna putih pada seluruh bulu tubuhnya ini termasuk hewan yang senang jika diumbar dialam bebas. Pada saat masih anakan, kalkun dapat diletakkan dalam kardus atau boks khusus yang mempunyai pemanas cadangan. Bila sudah berumur 2 bulanan dapat dipindahkan dalam kandang yang lebih besar, tanpa fasilitas lampu lagi. Kalkun yang lebih besar sudah mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan kalkun yang baru menetas.

Untuk kalkun yang sudah besar dapat diumbar dalam kandang yang besar. Kalkun badannya besar untuk itu lebih senang bila diumbarkan. Mereka akan bebas bergerak dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika diletakkan dalam kandang yang kecil maka akan mengurangi ruang gerak ayam kalkun putih. Dan kandang yang sempit akan menimbulkan resiko terjadi kelumpuhan pada ayam kalkun putih tersebut. Kandang kalkun berukuran 2×3 m dapat muat beberapa ekor kalkun. Untuk memudahkan mengukur seberapa luas ideal kandang ayam kalkun sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal mengamati ayam kalkun tersebut bisa bergerak leluasa dan tidak kesempitan dalam berjalan.

Bagaimana cara mengukur komposisi jenis kelamin ayam kalkun putih dalam satu kandang?

Ayam Kalkun putih dapat diletakkan dalam satu kandang dengan beberapa ekor betina sekaligus dalam komposisi 1 pejantan untuk 4-5 betina. Sebebarnya kita bisa memaksimalkan jumlah betina sampai 8 ekor untuk 1 jantan. Ayam Kalkun putih mulai berproduksi pada umur 8 bulanan.

Ayam Kalkun White Holland Turkey Umur 5 Bulanan

Ayam Kalkun White Holland Turkey Umur 5 Bulanan

Berapa jumlah telur yang dihasilkan ayam kalkun putih?

Jumlah telur yang dihasilkannya sekitar 8-15 butir bahkan lebih. Kalkun termasuk hewan yang dapat mengerami sendiri telur yang dihasilkannya. Untuk dapat menetas, kalkun membutuhkan waktu sekitar 28 hari. Setelah menetas, kalkun bisa mengasuh anak-anaknya.

Bagaimana ayam kalkun putih dari masih anakan sampai indukan atau dewasa?

Makanan ayam kalkun putih dari anakan hingga dewasa mengalami sedikit perubahan. Jika pada anakan yang baru menetas, dapat diberikan voer atau BR saja. Setelah agak besar bisa ditambahi dengan bekatul, dedak dan nasi yang masih bagus. Saat kalkun sudah agak besar, bisa ditambahi dengan air. Dan untuk menunjang agar pertumbuhan badannya diberikan irisan sayuran segar seperti sawi, kangkung dan bayam. Untuk antibody bisa diberikan irisan daun papaya namun pemberian irisan daun pepaya untuk ayam kalkun putih jangan terlalu sering.

Bagaimana cara mengoptimalkan masa produksi ayam kalkun putih?

Ayam Kalkun Putih mempunyai masa produksi yang terbatas. Dimana saat masa produksi harus diisi dengan mengasuh anak-anaknya. Istirahat sejenak baru kemudian memasuki masa bertelur lagi. Namun bila ingin mengoptimalkan masa produksi, setelah mengerami sebaiknya anakan kalkun bisa dipindah dalam kandang tersendiri. Jadi kalkun dapat istirahat sejenak, setelah itu akan bertelur kembali. Untuk hasil yang maksimal, biarkan ayam lain yang mengerami telur kalkun. Dengan begitu kalkun tidak akan kehilangan waktu karena mengerami dan mengasuh anak-anaknya.

Kalkun Putih

Kalkun Putih

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
penyakit pada kalkun putih, kandang ayam kalkun, makanan kalkun putih, harga ayam kalkun, sejarah kalkun putih

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *