Cara Mudah Membuat Tempat Mengeram untuk Ayam Kalkun

By | September 27, 2015

Cara Mudah Membuat Tempat Mengeram untuk Ayam Kalkun

Ayam kalkun salah satu kategori ayam hias yang unik dan menarik dalam pemeliharanya. Selain termasuk kategori ayam hias ayam kalkun sebenarnya masuk di kategori ayam produksi atau bisa kita masukan juga di area industri. Kemampuan dalam menghasilkan telur dengan ukuran yang besar serta daging yang berat dan berkualitas merupakan kelebihan lain dari ayam kalkun ini. Negara Amerika salah satu negara yang mengkonsumsi daging kalkun dalam jumlah yang cukup besar untuk sekarang ini.

Bila anda sudah memulai beternak ayam kalkun atau menjadikan ayam kalkun menjadi ayam hias di rumah Anda perlu bersiap siap untuk menanti pecah telur anakan ayam kalkun yang lucu. Saat ayam kalkun sudah tumbuh dewasa atau sekitar 8 bulan keatas, ayam kalkun tersebut sudah siap produksi. Hal ini di tandai oleh ayam kalkun jantan yang mulai mengembangkan ekornya tanda ayam kalkun jantan sedang menarik ayam kalkun betina dan sedang mengalami birahi.

Ban Mobil Bekas

Ban Mobil Bekas

Dalam masa-masa ayam kalkun tersebut kawin sebaiknya Anda sudah menyiapkan tempat untuk menaruh telurnya agar ayam kalkun betina dapat bertelur dengan nyaman kemudian menerukan untuk mengerami telur tersebut. Untuk mudah dan efisien kita bisa menggunakan ban mobil bekas untuk tempat mengeram kalkun. Berikut tahapan dalam persiapan pembuatan tempat mengeram untuk ayam kalkun:

  1. Siapkan Ban Mobil Bekas

    Cek kondisi ban utuh dan kering serta bebas dari kotoran. Bila perlu cuci terlebih dahulu dan semprot dengan desinfektan agar ban tersebut seteril.

  2. Sediakan Area Mengeram

    Siapkan area pengeraman yang nyaman dan jauh dari gangguan ayam lain maupun gangguan predator pemangsa seperti tikus, ular, musang dll.

  3. Siapkan Jerami

    Jerami merupakan media yang murah dan nyaman bagi ayam kalkun untuk mengeram. Karena dengan jerami ini akan menjaga kehangatan serta sifatnya menyerap kandungan air akan di perlukan selama proses pengeraman.

  4. Atur Ban bekas dan Jerami

    letakan ban bekas di tempat yang sudah di sediakan dan masukan jerami kering secukupnya sehingga ayam kalkun betina dapat bertelur di tempat tersebut dan mengerami tekurnya dengan nyaman.

    Ayam Kalkun Mengeram

    Ayam Kalkun Mengeram

Bila anda menemukan ayam kalkun betina yang bertelur di sembarang tempat anda bisa mengambil telurnya dan meletakan di tempat mengeram yang telah di buat tadi. Pengalaman kami saat ayam kalkun di arahkan untuk ke tempat mengeram tadi maka dia akan berpindah tempat.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan telur ayam kalkun untuk di tetaskan maupun bibit atau anakan ayam kalkun sampai indukan ayam kalkun. Untuk harga terbaru silahkan buka di daftar harga ayam kalkun. Dan silahkan hubungi kami kapan saja, kami akan senang sekali jika bisa membantu.

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP 0856 4772 3888

Kata terkait:

ayam kalkun, telur ayam kalkun, harga ayam kalkun, ternak ayam kalkun, peternak ayam kalkun

2 thoughts on “Cara Mudah Membuat Tempat Mengeram untuk Ayam Kalkun

  1. Edi supriyadi

    saya mau bertanya, kira2 ayam kalkun bertelur sampai berapa butir, saya pnya ayam kalkun sdah hampir 23 butir,

    Reply
    1. admin Post author

      kadang untuk betina yang baru awal bertelur bisa seperti itu pak. Namun rata rata biasanya sekitar 15 butir.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *