Cara Mudah Membuat Ayam Hias Kita Sehat di Segala Kondisi

By | July 26, 2016

Cara Mudah Membuat Ayam Hias Kita Sehat di Segala Kondisi

Mempunyai ayam yang banyak dan beraneka macam sungguh menyenangkan. Postur tubuhnya yang tinggi besar, kecil mungil di kombinasikan dengan warna yang ayam hias yang cantik atau suaranya yang berkokok panjang sungguh merdu didengar kala senggang. Rutinitas memberi makan menjadi sesuatu hal yang tidak membosankan. Maka tidak heran bila unggas yang kita miliki tampak malas untuk makan, hanya tidur maka kita menjadi sedih. Berbagai usaha kita lakukan agar unggas-unggas kita kembali sehat dan bersemangat.

Ayam Sehat Ceria di Peternakan Ayam Kita

Ayam Sehat Ceria di Peternakan Ayam Kita

Disamping pemberian berbagai macam vitamin agar stamina ayam tetap terjaga, pemberian obat untuk mengobati berbagai penyakit ada beberapa hal yang perlu kita la kukan agar unggas-unggas kita akan selalu sehat.

  1. Membersihkan Kandang

    Kandang umumnya berbentuk memanjang dengan berbagai ruang yang disekat-sekat. Ada yang beralas tanah, ada yang kandang sistem baterai, ada juga yang bagian bawah kandang di buat kolam ikan. Itu semua mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam membersihkannya.

    Yang pasti saat membersihkan kandang,semua bagian kandang harus dibersihkan. Mulai dari lantai kandang, sekat kandang bahkan tempat bertengger ayam juga harus dibersihkan dengan menyikat diberi sabun agar bersih dari parasit. Setelah dibersihkan bila perlu sambil mengikis kotoran, segera keringkan kandang.

  2. Membersihkan tempat makan dan minum ayam

    Ayam perlu mendapatkan asupan makan dan minuman yang bersih tiap hari. Makanya sebagai peternak kita jangan segan untuk membersihkan tempat makan dan minum bagi unggas kita. Bersihkan dengan sabun dan air bersih. Bilaslah dengan baik.

  3. Adalah ide yang bagus untuk sesekali memindahkan kandang ayam ke tempat yang berbeda, apalagi bila banyak rumput segar yang bisa dikonsumsi ayam. Tentu saja cara ini bisa berjalan bila lahan yang anda miliki cukup luas.

Nah, mudah bukan?. Dengan ketelatenan dan kesabaran ayam kita akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan saatnya ayam berkualitas dapat kita produksi di peternakan ayam kita. Kemudian peluang bisnis pun di depan mata.

Kata terkait:

kandang ayam, tempat minum ayam, peternakan ayam, ayam hias, vitamin ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *