Cara Mudah Beternak Ayam Kate

Cara Mudah Beternak Ayam Kate

Pada dasarnya jenis unggas apapun saat dipelihara disamping sekedar untuk hobby bisa juga bertujuan untuk mendapat tambahan peghasilan. Namun terkadang kita saat memelihara belum begitu paham dengan cara pemeliharaan dan cara beternaknya maka dari itu kita perlu mempelajarinya agar saat akan memulainya kita tinggal menerapkannya.

Ayam kate memang secara fisik berbeda dengan ayam kampung pada umumnya, postur tubuhnya yang kecil tentu saja berat badannya juga lebih kecil dengan ayam lokal lainnya. Namun umum ayam kate cara pemeliharaannya seperti ayam-ayam lainnya yang lebih suka diumbarkan daripada dikandangkan.

Ayam kate dalam pemeliharaannya banyak yang dipelihara sebagai hiasan disekitar rumah karena memang tubunya yang mini dan lucu itu cocok dijadikan sebagai ayam hias, namun tidak sedikit juga para peternak yang memilih ayam kate untuk dibudidayakan agar dapat menghasilkan tambahan penghasilan. Produksi telur Ayam Kate juga tinggi sehingga bisa menjadi tambahan protein keluarga Anda.

Ayam Kate

Ayam Kate

Apa saja cara untuk beternak ayam kate?

Berikut cara-caranya

  1. Siapkan Kandang

Kandang merupakan komponen utama dalam beternak, Maka dari itu kandang harus disiapkan sebelum ayam tiba. Kandang dibuat dengan tertutup dengan kaki yang agak tinggi. Karena kate termasuk jenis ayam yang lincah sehingga kandang tertutup sangat dibutuhkan terutama untuk ayam kate yang masih anakan. Kandang dibuat dengan sirkulasi udara yang baik dan arahkan ketimur agar kandang selalu mendapat cahaya sehingga kandang tetap kering dan tidak lembab. Agar kate tidak kedinginan berikan lampu didalam kandang sebagai penghangat. Kandang dibuat jangan terlalu rapat dan terlalu lebar, pada bagian alas kandang dari bambu atau kawat strimin, hal ini bertujuan agar kotoran bisa langsung jatuh dari kandang.

  1. Pemberian Makan

Karena ayam kate tubuhnya kecil, otomatis paruhnya pun lebih kecil daripada ayam kampung lainnya. sebaiknya jenis pakan yang diberikan yaitu BR halus sehingga akan memudahkannya untuk memakan. Terutama bagi anakan ayam kate jenis pakan yang berupa biji-bijian biasanya akan sulit untuk bisa dimakan. Berikan pakan sebanyak dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

  1. Pemberian Minum

Sediakan minum didalam kandang. Penggunaan air matang memang lebih kami rekomendasikan di banding menggunakan air mentah dalam pemberian mminumnya.

  1. Perawatan Anak

Indukan ayam kate akan merawat anaknya, usahakan anakan kate tetap bersama indukannya sekitar satu minggu. hal ini bertujuan agar anak mendapatkan perawatan alami dari indukannya. Kate yang masih kecil biasanya sangat rentan maka dari itu saat hujan tiba berikan penutup yang tahan terhadap air agar kate tidak kedinginan.

  1. Perawatan Kandang

Untuk perawatan kandang bersihkan secara rutin pada bagian kandang maupun luar kandang supaya bersih agar tidak menjadi sarang penyakit. kondisi kandang juga harus selalu di cek apakah ada bagian yang rusak atau tidak, hal ini untuk melindungi ayam dari gangguan hewan pemangsa seperti tikus maupun hewan predator lain.

Sepasang Ayam Kate

Kate

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kate, kami menyediakan telur ayam kate yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kate  kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kate dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Ayam Hias, Ayam Kate, Telur Ayam Kate, Jual Ayam Kate, Harga Ayam Kate

 

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 24 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Kate
No HP
Rp. 250.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

One thought on “Cara Mudah Beternak Ayam Kate

  1. Pingback: Persiapan yang Dilakukan Peternak Sebelum Ayam Kate Bertelur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *