Cara Merawat dan Melatih Ayam Ketawa

Ayam ketawa adalah salah satu jenis ayam hias yang memiliki kelompok penghobi tersendiri. Selain warna nya yang cukup indah, ayam ketawa dipelihara karena memiliki suara yang khas, yaitu seperti orang ketawa. Jenis-jenis ayam ketawa sendiri bermacam-macam, namun bila dikategorikan menurut suaranya terdapat 3 jenis ayam ketawa. Diantaranya adalah ayam ketawa gretek, ayam ketawa dangdut, ayam ketawa slow.

Kontes ayam ketawa di PASTY Yogyakarta

Kontes ayam ketawa di PASTY Yogyakarta

Pada era saat ini, banyak orang memelihara ayam ketawa sebagai hobi, hiburan ataupun hiasan di rumahnya. Tak jarang juga yang sengaja fokus memelihara ayam ketawa untuk diikutsertakan dalam kontes. Saat ini sangat banyak kontes-kontes ayam hias seperti ayam bekisar, ayam pelung dan tentunya ayam ketawa sendiri. Kami yang tinggal sendiri di Yogyakarta, sering kali menjumpai agenda kontes ayam ketawa yang biasanya diadakan di PASTY. Sebuah Pusat Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Disana banyak transaksi hewan-hewan terutama ayam hias. Bahkan belum lama ini di PASTY yang terletak di Jalan Bantul Utara Ringroad Selatan baru saja diselenggarakan Kontes Seni Suara Ayam Ketawa Tingkat Nasional 2015. Tentunya dengan adanya kontes-kontes yang diadakan rutin menjadikan ayam ketawa banyak digemari dan dilestarikan, mengingat ayam ini sangat unik.

Ayam Ketawa 4 bulan

Ayam Ketawa 4 bulan

Nah untuk menghasilkan ayam ketawa yang baik, sehat dan memiliki suara yang bagus tentunya ada beberapa tips perawatan dan latihan untuk menghasilkannya. Berikut ini beberapa tips cara merawat dan melatih ayam ketawa :

1. Bersihkan kandang ayam ketawa secara rutin. Perhatikanlah kebersihan kandang, hal ini penting karena kebersihan kandang sangat berpengaruh terhadap sehat tidaknya ayam ketawa. Jika kandang kotor maka ayam akan rentan terkena penyakit. Selain itu dengan kandang yang bersih membuat ayam memiliki nafsu makan yang baik.

2. Usahakan untuk memandikan ayam ketawa paling tidak 3 hari sekali. Hal ini agar menjaga tubuh ayam ketawa agar tetap bersih dan segar. Setelah dimandikan, jemurlah ayam ketawa kurang lebih 30 menit.

3. Sebaiknya ayam ketawa memiliki tempat bertengger. Hal ini karena sifat alamiah ayam yang suka naik ke atas. Dengan mengkondisikan lingkungan sekitar ayam ketawa yang baik, maka pertumbuhan ayam ketawa akan baik dan tidak mudah sakit.

4. Nah untuk melatih atau memacu ayam ketawa agar mau berkokok adalah dengan memperdengarkan suara kokokan ayam ketawa lain. Pilihlah audio ayam ketawa yang memiliki suara bagus, kemudian perdengarkanlah suara kokok tersebut sehingga ayam ketawa milik anda akan terpacu untuk ikut bersuara, sekalipun tidak bisa menyerupai namun dapat melatih keberanian ayam ketawa milik Anda.

Silahkan bagi Anda yang ingin memiliki ayam ketawa, kami menyediakan ayam ketawa berbagai usia. Hubungi kami di :

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 18 votes
Brand Name
jualayamhias.com
Product Name
Ayam Ketawa
Price
Rp. 350.000
Product Availability
Pre-Order Only

One thought on “Cara Merawat dan Melatih Ayam Ketawa

  1. Pingback: Tips Cara Rawat Dan Melatih Ayam Ketawa - Merdeka 1945

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *