0856-4772-3888
Jam Buka : 08.00 - 20.00 WIB

5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex

Ayam Phoenix sepasang Umur 5 bulan

5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex – Sebelum mengetahui cara merawat ayam phoenix Anda harus tahu apa itu ayam phoenix. Apakanh Anda tahu apa itu ayam phoenix? Ayam phoenix merupakan ayam yang masih cukup jarang di Indonesia, akhir-akhir ini ayam phoenix lebih banyak yang suka bila di banding dengan ayam Onagadori. Untuk ayam phoniex memang jumlah populasinya terbatas dan peternak ayam hias yang membudidayakannya juga masih sedikit. Ayam phoenix sendiri memiliki penampilan berekor panjang, mereka cukup aktif bergerak dan termasuk jenis produktif. Ayam phoenix ini memerlukan tempat yang luas, tidak tersekat dan bebas agar pertumbuhan bulu dan keindahannya dapat berkembang secara maksimal.

Ayam phoenix berasal dari Jerman dan termasuk kelompok unggas. Phoenix masuk ke Amerika pada tahun 1924 dan dahulu ada yang mengatakan ayam phoenix muncul pada abad ke-19. Ayam phoenix memiliki banyak jenis warna yaitu ada perak dan black, brested red.

Ciri-ciri ayam phoenix yaitu memiliki ekor yang panjang sekitar 2-3 meter, kulit tubuh berwarna kuning, memiliki jengger berwarna merah  dan berat badannya 2,5 kg untuk yang jantan dan 1,8 kg untuk yang betina. Dalam sekali bertelur ayam jenis phoenix ini dapat memproduksti telur sebanyak 12-15 butir. Ayam ini termasuk dalam kelompok ayam yang aktif.

Sepasang Ayam Phoenix Dewasa Siap Kirim Via kereta Tujuan Stasiun Balapan Solo Pesanan Mas Adit di Jl. Monginsidi Solo

Sepasang Ayam Phoenix Dewasa

Harga jual ayam phoenix cukup terjangkau. Berikut adalah daftar harga ayam phoenix di jualayamhias.com :

Harga Ayam Hias Phoenix Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

 

Keindahan bulu dan panjang ekor ayam phoniex dapat mempengaruhi nilai ekonomis dari ayam phoenix, untuk itu diperlukan perawatan yang baik dari anakan sampai induk. Ayam phoenix yang dirawat dengan baik akan menampakkan bulu yang akan tampak bersih, mengkilat, energik dan memamerkan panjang ekornya. Agar ekor ayam phoenix dapat tumbuh dengan baik, kita perlu perhatikan beberapa hal berikut:

  • Makanan

Kebutuhan pakan untuk anakan ayam phoenix sangatlah penting, pakan yang diberikan berupa pakan pabrikan (511), katul dan jagung halus. Ayam phoenix dewasa pakan yang diberikan berupa biji-bijian seperti jagung, ketan hitam dan beras merah. Pakan juga ditambah dengan protein hewani dari serangga seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong dan belalang seminggu sekali disamping itu juga diberikan kecambah. Pakan yang mengandung protein dapa menghindari kerontokan pada bulu ayam phoenix ini.

pakan ternak

Jagung

 

  • Minuman

Ayam phoenix juga memerlukan minum yang cukup seperti jenis ayam lain. Kebutuhan minum diberikan secara terus menerus. Minum untuk ayam phoenix berupa air yang sudah di masak, dan setiap hari diganti. Disamping itu juga ditambahkan vitamin c dan vitamin b compleks untuk menjaga kondisi ayam phoenix tetap prima. Vitamin ini bisa kita campurkan dalam minumanya.

  • Serangan Penyakit

Di bulan-bulan tertentu terkadang penyakit lebih sering muncul namun Anda bisa mengerem penyebaran penyakit menggunakan sistem isolasi kandang. Jangan biarkan ayam bercampur dengan jenis ayam lain ataupun dengan umur ayam  yang berbeda. Hal ini sebagai upaya- upaya pencegahan penyebaran penyakit. Amati dengan seksama gerak-gerik ayam dan segera pisahkan dengan ayam lain untuk di lakukan perawatan lebih lanjut.

  • Desain Kandang

Kandang merupakan hal yang paling penting bagi semua hewan. Kandang bisa berfungsi untuk tempat berteduh, beristirahat dan juga untuk melindungi dari musuh. Untuk ayam phoenix sebenarnya tidak ada perbedaan yang banyak antara kandang ayam phoenix dengan kandang ayam hias lainya. Namun keistimewaan dari ayam phoenix ini yang memiliki ekor panjang membuat kita perlu mendesainkan kandang yang cukup tinggi di lengkapi dengan tangkringan tempat untuk ayam tersebut memajang ekornya. Di samping itu ayam phoenix sebenarnya suka apabila kandang didesain seperti kandang umbaran, agar bisa bergerak bebas. Karena ayam phoenix termasuk ayam yang aktif dan lincah.

cara merawat ayam phoniex

Kandang

  • Kebersihan area kandang

Untuk kebersihan area kandang merupakan hal yang sangat penting karena dari kebersihan inilah yang akan membuat ayam sehat.  Kandang yang bersih akan membuat ayam tidak mudah untuk terjangkit penyakit. Dalam membersihkan kandang dapat dilakukan secara rutin baik pagi maupun sore. Termasuk juga membersihkan tempat minum dan makannya juga.

Ayam Phoenix Jantan

Ayam Phoenix Jantan

Ayam phoenix sangat unik dan cantik. Banyak masyarakat yang sudah memelihara atau membudidayakan ayam jenis phoenix ini. Mereka tertarik dan terpesona dengan bulu ekornya yang panjang dan indah. Warnanya pun bermacam-macam. Pemeliharaan ayam phoenix juga termasuk mudah, Anda hanya cukup ulet dan sabar dalam memeliharanya. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membeli ayam phoenix?

Untuk mendapatkan ayam phoniex berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi kami kapan saja di kontak kami di bawah ini. Dan bila Anda ingin memiliki ayam phoenix maupun ayam hias lainya Anda bisa memesan di tempat kami. Kami dapat mengirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.  Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori, kandang ayam onagadori, harga ayam onagadori, ciri ciri ayam onagadori, ayam onagadori betina, harga ayam phoenix,

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 8 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Phoenix
No HP
Rp. 1.350.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] Baca juga 5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: