Cara Mengawinkan Ayam Phoenix

Cara Mengawinkan Ayam Phoenix

Indukan Ayam Phoenix

Indukan Ayam Phoenix

Ayam phoniex merupakan ayam hias yang keberadaannya di Indonesia belum banyak, ayam ini lebih langka dari pada ayam Onagadori karena jumlah populasinya yang terbatas dan para peternak ayam hias belum banyak yang membudidayakannya. Belakangan ini Ayam Phoenix semakin digemari oleh peminat ayam hias di Indonesia, akan tetapi karena jumlah stok ayam ini di pasaran belum banyak, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan Ayam Phoenix ini. Untuk mendapatkan anakan dan melestarikan populasi Ayam Phoenix yang relatif langka maka perlu dilakukan perkawinan yang tepat. Pada prinsipnya reproduksi Ayam Phoenix bertujuan untuk memperoleh anakan yang berkualitas. Cara mengawinkan Ayam Phoenix hendaknya adalah usia pejantan sudah dewasa kelamin dan dewasa tubuh atau berumur 1-1,5 tahun, sedangkan betina berumur minimal 8 bulan. Ada 2 cara dalam mengawinkan Ayam Phoenix,  yaitu penjodohan dalam kandang dan inseminasi buatan.

  1. Penjodohan dalam kandang bersama

Penjodohan dalam kandang bersama bisa terdiri dari 1 kandang terdapat 1 pasangan jantan-betina. Biasanya ayam phoniex baik jantan maupun betina berada dalam satu kandang yang sama dengan tempat pakan dan tempat minum yang selalu tersedia dan kandang selalu  bersih dengan alas serbuk gergaji. Perkawinan akan berlangsung apabila pejantan kokok berulang ulang, jengger tegak dan tampak cerah, gagah dan suka menceker-ceker. Setelah perkawinan telur dikumpulkan dan ditetaskan baik dierami atau dengan mesin penetasan.

  1. Inseminasi buatan

Metode inseminasi buatan untuk ayam phoenix adalah mengambil sperma pejantan, metode ini memerlukan 2 orang untuk melakukannya. Pejantan yang akan di ambil spermanya yaitu sehat, jinak, berumur 1 tahun dan kandangnya terjauh dari betina. Untuk merangsang keluarnya sperma dilakukan pemijitan pada bagian perut dekat kloaka. Sperma yang akan keluar kemudian ditampung dan diencerkan. Pengencer ini berupa cairan infus (larutan NaCl) dengan pH 7-8. Dengan inseminasi buatan satu induk cukup memerlukan 0,05 ml.

Cara perkawinan dan Reproduksi Ayam Phoniex merupakan salah upaya untuk mendapatkan anakan yang berkualitas, untuk mendapatkan anak yang berkualitas diperlukan keuletan dan kesabaran dan melalui proses yang panjang.

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengawinkan Ayam Phoenix . Untuk mendapatkan ayam phoniex berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi kami kapan saja di kontak kami berikut ini:

Silahkan hubungi kami kapan saja:

SMS/CALL0812 2028 8686

WHATSAPP 0856 4772 3888

HP1 (AXIS-XL) : 0838 6918 5523

HP2 (IM3) : 0857 2932 3426

Kata terkait : ayam ekor panjang, ayam phoenix, harga ayam phoenix, ayam bantam phoenix, jual ayam phoenix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *