Cara Mengatasi Ayam Ketawa yang tidak Nafsu Makan

Ayam ketawa merupakan salah satu jenis ayam hias yang dipelihara karena keindahan bulu dan suaranya yang lucu. Bagi sebagaian orang, mendengarkan suara kokok ayam ketawa akan menjadikan senang dan dapat mengurangi stres. Namun adakalanya beberapa kali ayam ketawa tidak nafsu makan atau tidak mau makan ketika diberi makanan oleh pemilik.

Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

Pada dasarnya ayam ketawa adalah jenis ayam hias yang periang, akan tetapi dapat terkena stres apabila mendapat perlakuan yang tidak sewajarnya. Maka dari itu banyak hal yang perlu diperhatikan agar ayam ini tidak mudah stres dan pola makannya terjaga. Salah satu ciri ayam yang sedang mengalami stres adalah tidak mau makan atau nafsu makannya berkurang padahal sudah diberikan makanan yang seperti biasanya atau makanan yang relatif agak mahal. Nah dibawah ini beberapa tips mengatasi ayam ketawa yang tidak nafsu makan :

1. Sekali-kali berikanlah makanan ayam yang berbeda dengan yang seperti biasanya. Karena terkadang ayam ketawa dapat merasa bosan. Berikanlah campuran, misalkan apabila pada hari-hari biasanya diberikan nasi+poer+bekatul+jagung, sekali-kali berikanlah nasi dari beras merah. Selain sebagai selingan, nasi merah memiliki kandungan yang lebih baik daripada nasi biasa.

2. Mandikan ayam ketawa anda, minimal 3 hari sekali, hal ini bermaksud agar ayam ketawa merasa segar, terlihat bersih dan dapat terhindar dari penyakit.

3.Sebaiknya kandang ayam ketawa dibuat lebar, jangan hanya sempit ukuran sekitar 1m. Karena jika ayam ketawa dikurung terus menerus, bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan karena pada dasarnya semua jenis ayam suka jika diumbar, suka berjalan-jalan, terbang naik ke dahan sekitar tinggi 1m. Untuk itu kandang sebaiknya ukuran paling tidak 1x2m agar dapat leluasa.

4. Berikan multivitamin pada ayam ketawa sebagai penangkal dan sistem kekebalan tubuhnya agar tidak terganggu. Selain itu ayam ketawa sebaiknya dijemur atau terkena sinar matahari terutama pada pagi hari agar sehat dan tulang-tulangnya kuat.

5. Untuk tips terakhir yaitu rutin menjaga kebersihan kandang. Bersihkan kandang rutin pagi dan sore hari, bersihkan tempat makan dan minum ayam ketawa rutin, kemudian apabila ada kematian yang tidak wajar, pindahkan ke kandang lain sambil dibersihkan kandang semula dengan menyemprot obat hama yang dapat tumbuh menjadi penyakit ayam.

Nah demikianlah tips kami tentang cara mengatasi ayam ketawa yang tidak nafsu makan, semoga bermanfaat. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam ketawa berkualitas :

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *