Cara Menetaskan Telur Itik atau Telur Bebek Menggunakan Mesin Penetas atau Mesin Tetas Otomatis

By | July 21, 2016

Cara Menetaskan Telur Itik atau Telur Bebek Menggunakan Mesin Penetas atau Mesin Tetas Otomatis

Pada prinsip penggunaan mesin penetas telur maupun mesin penetas manual sebenarnya sama saja. Namun bila kita menggunakan mesin penetas otomatis pekerjaan kita akan di gantikan oleh mesin hal ini akan bermanfaat bagi peternak atau penghobi pemula. Karena biasanya pada awalnya pola penetasan belum faham betul. Berikut kami sampaikan tahapan dari hari pertama sampai hari terkahir dalam penetasan telur itik atau telur bebek:

Hari ke-1

Masukkan telur bebek atau telur itik kedalam mesin penetas dengan posisi miring atau tegak (bagian tumpul diatas). Telur bisa langsung dimasukkan kedalam mesin penetas melalui proses prewarming (pemanasan) terlebih dahulu yaitu dibilas dengan menggunakan air yang agak hangat. Cara pembilasan dapat di lakukan untuk telur yang kotor saja. Anda bisa menggunakan kain yang di beri air hangat agar sedikit basah dan digunakan untuk mengelap telur yang kotor tersebut. Ventilasi ditutup rapat. Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C).

Hari ke-2

Ventilasi dibiarkan tertutup sampai hari ke-3. Kontrol suhu Thermostat 38 derajat C).

Hari ke-3

Pembalikan telur harian bisa dimulai dari hari ini atau masuk hari ke-4. Disarankan pembalikan telur minimal 3x sehari-semalam ( jika memungkinkan dipakai dengan rentang waktu setiap 8 jam. Misalnya pagi pukul 05.00, siang pukul 13.00 dan malam pukul 21.00.

Bersamaan dengan itu bisa dilakukan peneropongan telur. Telur yang berembrio ditandai dengan adanya bintik hitam seperti mata yang ikut bergoyang ketika digerakkan dan disekitarnya ada serabut-serabut kecil. Kalau telur tidak ada tanda-tanda seperti itu sebaiknya dikeluarkan saja dan masih layak dikonsumsi. Peneropongan dilakukan ditempat yang gelap agar bayangan telur nampak jelas.

Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-4

Pembalikan telur harian sesuai jadwal hari ke-3. Lubang ventilasi dibuka 1/4 bagian Kontrok suhu Thermostat (38 derajat C).

Hari ke-5

Pembalikan telur harian, ventilasi dibuka 1/2 bagian, Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C).

Jual Mesin Penetas Telur Itik atau Bebek Otomatis.jpg (4)

Mesin Penetas Telur Itik atau Bebek Otomatis

Hari ke-6

Pembalikan telur harian, ventilasi dibuka 3/4 bagian. Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-7

Pembalikan telur harian. Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui perkembangan embrio (hidup atau mati). Embrio mati ditandai dengan bercak darah atau lapisan darah pad salah satu sisi kerabang telur. Sedang embrio yang berkembang ada serabut yang menyerupai sarang laba-laba semakin jelas terlihat.

Ventilasi dibuka seluruhnya.

Hari ke-8 sampai ke-13

Pembalikan telur harian. Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C) dan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-14

Pembalikan telur harian.

Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui embrio yang tetap hidup atau sudah mati. Telur yang fertil membentuk gambaran yang mulai gelap dengan rongga udara yang jelas.

Hari ke-15 sampai ke-20

Pembalikan telur harian.

Kontrol suhu Thermostat dinaikkan sedikit (38,5-39 derajat C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-21

Pembalikan telur harian.

Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui embrio yang tetap hidup atau mati. Embrio mati ditandai dengan bocornya lapisan rongga udara sehingga telur terlihat hitam semua.

Kontrol suhu Thermostat (38,5-39 derajat C) dan lakukan penambahan air kedalam bak.

Hari ke-22 sampai ke-25

Pembalikan telur harian.

Kontrol suhu Thermostat (38,5-39 derajat C) dan tambahkan air kedalam bak.

Hari ke-26 sampai ke-27

Pembalikan telur dihentikan.

Kontrol kelembaban, lakukan penyemprotan jika diperlukan (dengan semburan yang paling halus).

Biasanya afa telur yang mulai menetas di malam hari.

Hari ke-28

Telur-telur sudah banyak yang menetas.

Keluarkan cangkang telur dari rak agar space atau ruangan lebih longgar.

Keluarkan anak itik yang baru menetas setelah bulunya setengah kering atau kering seluruhnya.

kata terkait:

Mesin penetas telur itik, proses penetasan telur itik, menetaskan telur itik, mesin penetas telur otomatis, mesin penetas telur bebek full otomatis, harga mesin penetas telur bebek otomatis, cara kerja mesin penetas telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *