Cara Memelihara Anakan Ayam Kate Agar mempunyai Stamina yang Bagus

Cara Memelihara Anakan Ayam Kate Agar mempunyai Stamina yang Bagus

Ayam kate termasuk ayam yang mempunyai penggemar tersendiri di kalangan pecinta ayam hias. Bentuknya yang mungil, warna bulunya beraneka macam, suaranya yang merdu dan produktivitasnya yang tinggi menjadi beberapa kelebihan dari ayam kate ini. Ayam Kate dari segi produktivitas dagingnya memang kurang bisa diandalkan. Namun dari produktivitas telurnya ckup menjanjikan. Dalam sekali produksi mereka dapat menghasilkan telur 8 – 12 telur bahkan lebih. Untuk itu jika memelihara ayam kate, mereka berkembang cukup pesat.

Diantara deretan ayam hias yang berpostur mini seperti ayam Serama, ayam kate lokal, ayam Kate Batindo, ayam Kate emas, ayam Kate Bangkok, ayam Kate Chocin, ayam Kate Kaki Pedang  yang paling banyak dipelihara adalah ayam Kate lokal dan ayam Serama yang berasal dari Malaysia.  Di antara jajaran ayam berpostur kecil tersebut yang paling banyak menarik minat orang adalah ayam serama.

Ayam Kate Umur 2 Bulan

Ayam Kate Umur 2 Bulan

Ayam serama memang dari postur tubuhnya paling mini dibandingkan rekan sesama ayam berpostur kecil. Dadanya membusung sehingga dijuluki ayam yang sombong/congkak. Berbeda dengan ayam kate lainnya, ayam serama meskipun kecil tapi tidak terkesan cebol. Untuk produktivitas telurnya, rata-rata mereka mempunyai skor yang sama.

Ada beberapa tips cara memelihara ayam kate sehat dan berkembang dengan baik:

  • Kandang ayam kate harus rutin dibersihkan
  • Perhatikan sirkulasi dalam kandang kate, pastikan sinar matahari dan udara segar dapat leluasa masuk kandang.
  • Pemberian pakan yang berkualitas seperti voer atau BR.
  • Pemberian berbagai suplemen agar terjaga asupan gizi ayam kate.
Ayam Kate Walik Dewasa

Ayam Kate Walik Dewasa

Jika kita memelihara anakan ayam kate, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Saat ayam kate baru menetas, segera pindahkan ke dalam kotak yang mempunyai penghangat buatan seperti lampu dari minyak tanah atau bohlam listrik. Pastikan kandang dalam kondisi tertutup agar.
  2. Berikan pakan anakan ayam setiap saat. Jika di dalam boks berpenghangat, di malam hari pun mereka akan tetap makan. Untuk itu sediakan setiap saat dalam porsi yang tidak berlebihan. Makanan anakan ayam kate berupa voer atau BR murni.
  3. Pada minuman mereka dapat ditambahkan vitachic sebagai suplemen tambahan bagi anak ayam.
  4. Saat anakan berumur sekitar 6 minggu, mereka dapat dipindahkan ke dalam kandang yang lebih besar lagi. Setelah berumur lebih dari 2 bulan, mereka dapat dipelihara tanpa menggunakan pemanas buatan lagi, kecuali untuk daerah yang sangat dingin. Tunggu hingga mereka berumur 3 bulan.
  5. Anak ayam kate sesekali dijemur di bawah sinar matahari agar sehat dan bulunya tidak ditumbuhi parasit.

Demikian beberapa hal yang perlu di perhatikan agar anakan ayam kate yang kita miliki mempunyai  badan yang sehat dan kuat.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam hias yang kami miliki, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam hias dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
Memelihara ayam kate, makanan ayam kate, harga ayam kate, kandang ayam kate, kate indukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *