Cara Membuat Jamu untuk Ayam Ketawa

Jika pada postingan kami sebelumnya membahas tentang Cara merawat dan melatih ayam ketawa, kini kami akan berbagi tips bagaimana cara membuat jamu untuk ayam ketawa agar menghasilkan suara kokok yang semakin baik. Jadi ini adalah kelanjutan dari postingan kami sebelumnya, untuk itu bagi Anda yang belum membacanya, kami sarankan agar memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara merawat dan melatih ayam ketawa sebelum anda memberikan jamu atau ramuan untuk ayam ketawa kesayangan Anda. Baiklah berikut ini adalah tips membuat jamu untuk ayam ketawa agar menghasilkan suara kokok yang bagus :

1. Perhatikanlah makanannya. Untuk anakan ayam ketawa untuk umur 1-30 hari, untuk pakannya cukup diberi poer 591 dan diberi suplemen untuk minumannya. Hal yang paling penting untuk usia tersebut adalah suhu ruangan hendaknya selalu stabil. Harus diberi lampu setidaknya 10 watt agar anakan ayam ketawa selalu merasa hangat. Agar tidak mudah terserang penyakit, Anda dapat memberikannya vaksin. Misalnya saja vaksin Medivac ND Hitchner B1 dan gunakan 1 tetes ke mata ayam ketawa. Sedangkan untuk usia diatas 1 bulan Anda dapat memberikana Medivad ND La Sota.

2. Untuk ayam ketawa usia 1-4 bulan, pemberian pakan berupa poer 591 dapat mulai dikurangi. Yaitu poer dicampur dengan beras merah atau jagung slep.

3. Ayam ketawa dewasa sudah mulai berkoko, cara pemberian pakannya dapat diberikan beras merah atau jagung slep, poer dapat hanya digunakan sebagai selingan saja.

4. Setelah ketiga cara diatas biasa Anda lakukan, untuk membuat jamu, kita memerlukan bahan-bahan diantaranya Madu, Gula Merah, Jahe, Tomat.

Ayam ketawa untuk kontes

Ayam ketawa untuk kontes

Cara pembuatannya :
– Pertama-tama bersihkan jahe dari berbagai kotoran yang menempel, kupas kulit jahe tersebut.
– Tomat diblender hingga halus dan lembut
– Gula merah dipotong dadu kecil-kecil
– Kemudian semua bahan diatas dicampur dalam satu wadah, lalu tambahkan madu secukupnya, aduk samai semuanya tercampur rata. Dimasak sebentar diatas kompor agar menjadi lembut, sambil diaduk-aduk. Kemudian angkat dan biarkan sampai agak dingin lalu ramuan / jamu siap untuk diberikan ke ayam ketawa.

Masalah yang kerap kali ada ketika melatih ayam ketawa biasanya adalah ketika ayam ketawa malas untuk berkokok. Untuk mengatasinya Anda dapat memperdengarkan audio ayam ketawa, dapat ANda download suara ayam ketawa yang memiliki suara yang bagus. Sehingga mental ayam ketawa dapat terbentuk dan tidak mudah takut sehingga ayam mau mengikutinya tanpa ketakutan melihat wujud ayam ketawa lainnya.

Pelatihan ini tidak membutuhkan waktu terlalu lama, cukup beberapa hari sebelum kontes. Tetapi lebih baik jika Anda menyiapkan jauh-jauh hari sebelum kontes, agar ayam ketawa benar-benar terbiasa berkokok di atas tenggeran dengan tenang, tidak canggung berada dalam kerumunan ayam ketawa lainnya, dan mampu mengeluarkan ayam ketawa yang khas.

Demikianlah artikel dari kami, Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam ketawa yang berkualitas :

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email :[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *