Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina

Ayam Mutiara adalah jenis ayam hias yang juga dikenali sebagai ayam guinea, ayam api-api atau ayam piru. Ayam mutiara ini sejenis ayam seperti ayam belanda tetapi lebih kecil yang berasal dari Afrika. Ayam mutiara merupakan jenis unggas dari keluarga Phasianidae yang tidak dapat terbang dan berkerabat dekat dengan burung. Sehingga tidak heran, jika ayam mutiara adalah ayam yang tergolong paling bisa terbang tinggi diantara ayam-ayam lain. Ciri khas ayam mutiara adalah warna bulunya abu-abu dengan bintik-bintik putih kecil dengan leher tidak berambut. Bentuk jantan dan betina hampir mirip antara jengger dan jambulnya. Suara ayam mutiara sangat nyaring, dan di beberapa negara ayam ini dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Ayam mutiara silver

Ayam mutiara silver

Kami jualayamhias.com memiliki beberapa jenis mutiara yang biasa kami jual. Diantaranya adalah jenis ayam mutiara silver,  ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok. Ayam mutiara ini biasa digunakan sebagai hiasan, baik di rumah maupun disebuah obyek wisata taman. Kalau di Magelang, Anda akan menjumpai ayam mutiara di Taman Wisata Kyai Langgeng. Disana ayam mutiara dibiarkan bebas berkeliaran tentunya dalam satu kandang besar. Hal ini tentunya dapat menarik minat pengunjung karena ayam mutiara itu unik baik dari segi badannya maupun dari suaranya.

Hal yang cukup rumit sebagai orang awam adalah cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Hal ini karena ayam mutiara baik jantan dan betina memiliki bentuk jengger dan jambul yang sekilas sangat mirip. Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang ketika kita melihat jambul atau jenggernya akan langsung bisa mengerti mana jantan dan mana betina. Berikut ini beberapa perbedaan antara jantan dan betina :

Ayam mutiara Jantan :

  • Pial bawah merah terang dan lebar
  • Di hidung seperti ada pembengkakan dan terlihat sangat jelas
  • Tanduk disebelah atas tegak, berisi, lebih gelap dan tumpul

Sedangkan untuk ayam mutiara betina :

  • Pial bawah berwarna merah pudar dan lebih kecil
  • Bengkakakan atas hidung tidak jelas
  • Tanduk ujung bagian atas, sorong ke belakang, kurang berisi dan agak runcing

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina

Nah demikianlah artikel kami tentang Cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam mutiara berkualitas. Kami menjual ayam mutiara silver, ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok. Hubungi kami di :

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 8 votes
Brand Name
jualayamhias.com
Product Name
Ayam Mutiara Plangkok
Price
Rp. 475.000
Product Availability
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *