Jual Mesin Penetas Beserta Cara Kerja Mesin Penetas Telur Semi Otomatis

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jual Mesin Penetas Beserta Cara Kerja Mesin Penetas Telur Semi Otomatis

DAFTAR HARGA MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS TERBARU 2018

Cara Kerja Mesin Penetas Telur Semi Otomatis – Dalam sebuah usaha peternakan merupakan sebuah usaha yang memiliki nilai jual tinggi yang kondusif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini yang dapat dipengaruhi oleh tingginya permintaan masyarakat akan telur sebagai salah satu kebutuhan pokok. Di era globalisasi yang semakin modern ini dengan melihat kondisi dalam pembibitan ayam maupun bebek kini perlunya usaha untuk ditingkatkan.

Kebutuhan akan para peternak sebuah alat yang dapat membantu  dalam proses penetasan telur dengan cara kerjanya melalui proses pengeraman tanpa indukan melainkan menggunakan lampu pijar secara otomatis. Sehingga dalam proses penetasan telur akan menjadi lebih ekonomis. Dengan berbagai keuntungan yang dapat mempercepat produksi serta dapat memberikan berbagai kemudahan bagi para peternak.

Apakah yang dimaksud dengan mesin penetas?

mesin penetas telur

mesin penetas telur

Mesin penetas merupakan sebuah lemari atau peti yang dibuat dengan sedemikian rupa yang dapat membantu dalam menetaskan telur dengan cara kerja pengeraman telur tanpa indukan melainkan yang dibantu oleh lampu pijar. Dalam mesin penetas tersebut yang disediakan rak  telur dengan kepasitas yang berbeda. Dan dalam setiap jenis mesinnya dan tergantung kapasitas daya tampung telur mesin tersebut. Mesin tetas tersebut yang dilengkapi dengan alat pengatur suhu yang diharapkan agar dalam waktu yang singkat telr bisa menetas secara maksimal.

Apa keuntungan yang diperoleh menggunakan mesin penetas telur?

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan apabila anda menggunakan mesin penetas telur yaitu :

  • Indukan akan melakukan reproduksi tanpa ada gangguan dengan kewajibannya untuk mengerami telurnya.
  • Tingkat keberhasilan akan daya tetas telur 80 % akan lebih besar dibandingkan dengan pengeraman secara alami atau dengan indukan.
  • Dapat mengeramkan telur dalam jumlah yang besar bahkan hingga ribuan. Untuk jenis mesin penetasannya tergantung dengan kapasitas pada masing-masing mesin tersebut.
  • Telur dapat dierami sewaktu-waktu
  • Dalam menggunakan mesin penetas telur  memiliki presentasi kerungian yang lebih rendah dan memiliki presentasi  kesuksesan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara manual pengeraman oleh indukan. Oleh karena itu, dapat manaikkan omzet yang kita peroleh.
  • Selain itu mesin penetas bisa dipakai untuk berbagai ukuran dan jenis telur unggas seperti ayam, bebek, itik burung dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Mesin Penetas

Mesin penetas dapat dibedakan dalam tiga jenis berdasarkan sistem kerjanya, kapasitas daya tampung telur dan kelengkapan komponennya. Berikut merupakan 3 jenis mesin penetas :

  1. Manual

    Untuk cara kerja mesin tetas manual atau mesin tetas sederhana dapat dilakukan dengan membalik telur satu persatu atau secara manual. Memang perlu anda ketahui bahwa kelemahan mesin manual yang terletak pada membalik telur secara manual dan jika jumlah telur yang banyak akan sangat tidak efektif dan cukup memerlukan tenaga yang besar. Harga mesin penetas telur sederhana relatif lebih murah dibandingkan dengan semi otomatis.

  2. Semi Otomatis

    Jenis mesin penetas semi otomatis merupakan jenis mesin tetas yang menggabungkan pedoman pada mesin tetas manual dengan sistem otomatis. Perlu anda ketahui beberapa hal yang membedakan antara cara kerja mesin manual dengan cara kerja mesin penetas telur otomatis yakni pada rak tempat telur tetas telah dimodifikasi sehingga pemutaran telur dapat dilakukan sekaligus tanpa harus menyentuh telur dengan sistem manual dan memutarnya satu per satu. Biasanya mesin penetas semi otomatis akan dilengkapi dengan  tuas pemutar di luar mesin.  Dengan begitu mesin tetas otomatis cenderung lebih baik dibandingkan dengan cara manual.

  3. Full Otomatis

    Sedangkan untuk jenis mesin tetas full otomatis merupakan sebuah alat penetas telur yang dilengkapi dengan Timer dan sudah dirancang dengan memungkinkan telur dapat diputar secara otomatis sesuai dengan setting timer sebelumnya tanpa harus membolak-balik telur secara manual karena jenis mesin ini akan membalik telur secara otomatis. Jenis penetas full otomatis akan mengurangi tenaga manusia yang cukup besar sehingga akan lebih praktis dan tidak akan mengganggu waktu anda. Dengan cara kerja mesin penetas telur full otomatis daya tetas telur juga akan semakin tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Penetas Telur?

Mesin penetas telur merupakan sebuah mesin yang di desain untuk bisa menciptakan tetasan telur yang berkualitas. Berikut merupakan cara kerja mesin penetas telur dengan pemutaran otomatis (AT) dan kami menyarankan kepada anda agar membaca terlebih dahulu pengoperasian mesin tetas dengan cermat yang dapat membantu anda dalam pengoperasian mesin tetas yang baru anda beli :

  1. Sesudah mesin penetas yang anda pesan diterima dan akan digunakan untuk pertama kalinya, silahkan pasang kayu untuk kaki pada mesin tetas terlebih dahulu dengan bantuan obeng atau alat bantu lainnya.
  2. Lalu tempatkan mesin tetas pada tempat yang aman dengan sirkulasi udara yang bagus. Hindari penempatan mesin tetas yang menghadap langsung ke pintu dan bersebelahan dengan dinding kamar mandi.
  3. Sebelum menggunakan atau mengoperasikan mesin tetas yang baru anda terima, pastikan kondisi mesin tetas steril dan terbebas dari bekteri.
  4. Sebelum mesin tetas digunakan periksa terlebih dahulu seperti thermostat, thermometer, bak air dan rak telur apakah dalam kondisi yang baik dan siap untuk digunakan.
  5. Kami menyarankan kepada anda agar tetap melakukan fumigasi atau penyucihamaan ruangan mesin tetas meskipun mesin tetas anda baru dan kali pertama anda pakai (Baru). Tentunya mesin fumigasi  sudah tersedia jika anda membeli mesin tetas dari kami dengan tata cara fumigasi  bisa anda lihat pada kemasannya.
  6. Letakkan thermometer dan hygrometer jika tersedia diatas rak dalam posisi yang mudah dan terjangkau bagi anda untuk membacanya.
  7. Sediakan bak atau nampan lalu diisi dengan air sebanyak ½ dari volume bak atau nampan dengan isi air bersih ( hangat-hangat kuku akan lebih baik) jika proses penetasan dilakukan pada musim kemarau, atau bisa juga diisi ¼ dari volume bak jika proses penetasan dilakukan pada musim penghujan . Lakukan penambahan air apabila volume air berkurang yang minimal dapat dilakukan tiga kali sehari.
  8. Setelah semua sudah dipersiapkan dengan baik, hubungkan mesin tetas  dengan aliran listrik. Kemudian tunggu beberapa menit sampai lampu mati. Pada saat lampu mati suhu akan ditunjukkan oleh thermometer. Kalau suhu belum sesuai dengan yag diinginkan  (37-38°C) maka dapat dilakukan dengan penyetelan thermostat. Dengan cara : atur posisi tombol TURNING pada posisi ON dan tekan tombol DEMO. Ketika sudah terlihat baut thermostat pada lubang kecil dibagian atas mesin  tetas dan segera dimatikan  tombol TURNING (OFF). Apabila suhu yang ditunjukkan oleh thermometer  lebih rendah dari suhu yang diinginkan  (<37-38°C) maka yang harus kita lakuakn adalah memutar baut ke arah kiri (NAIK) dan begitu juga sebaliknya.
  9. Tunggu kembali sampai lampu benar-benar mati dan lihat suhu yang ditunjukkan oleh thermometer. Kalau suhu sudah sesuai  (37-38°C) jangan tergesa-gesa memasukkan telur kedalam mesin tetas dan tunggu hingga 2-3 jam untuk memastikan bahwa suhu dalam mesin tetas benar-benar stabil. Dan pastikan terlebih dahulu panas sudah merata didalam ruangan mesin tetas tersebut.
  10. Setelah suhu benar-benar stabil telur bisa dimasukkan dalam mesin tetas tesebut dengan meletakkan bagian tumpul atau bagian rongga udara yang berada pada bagian atas. Sedangkan pada bagian yang lancip berada pada bagian bawah.
  11. Apabila jumlah telur yang dimasukkan dalam mesin penetas kurang dari daya tampung maka sebaiknya telur diletakkan pada bagian tengah-tengah rak. Sedangkan pada bagian yang kosong dapat diisi dengan busa/spons atau pecahan kain yang berguna sebagai penahan telur agar tetap dalam keadaan posisi berdiri.
  12. Anda juga dapat memulai proses pengembalikan telur  pada hari ke-3 yang terhitung setelah telur masuk dengan menekan tombol setting waktu 3 jam. Kemudian anda bisa posisikan tombol TURNING pada posisi ON dan biarkan mesin bekerja sendiri (automatic) membalik telur sampai 3 hari sebelum perkiraan tanggal menetas.
  13. Setelah telur yang dimasukkan sampai pada hari ke-3 dapat di lakukan peneropongan telur dan dapat mengetahui telur yang ada embrionya dan telur yang kosong. Lalu masukkan lagi telur yang ada embrionya dan keluarkan telur yang kosong . Anda juga dapat mengulangi lagi peneropongan  telur pada hari ke-7 dan hari ke-14 untuk telur ayam, sedangkan  hari ke-21 untuk telur itik.
  14. Setelah itu yang harus anda lakukan dengan memindahkan posisi telur, misalnya yang semula telur menempati posisi tengah ke posisi pinggir dan begitu juga sebaliknya. Anda bisa melakukan hal ini kurang lebihnya 3-4 kali sehari.
  15. Naikkan kelembapan pada ruangan mesin penetas. Terutama dapat anda lakukan pada minggu terakhir dengan cara pengembunan atau penembah volume air. Bisa juga dengan penambahan busa/spons pada sekeliling rak tersebut.
  16. Anda juga dapat melakukan  pengaturan posisi rak telur berada pada bagian tengah atau datar yang dapat anda lakukan tiga hari sebelum perkiraan tanggal tetas. Caranya dengan off kan terlebih dahulu tombol TURNING kamudian anda dapat ON kan kembali dengan  tekan tombol DEMO pada saat posisi rak di bagian tengah, lalu OFF kan lagi TURNING nya.
  17. Apabila anak ayam atau itik sudah menetas dan  terdapat beberapa ciri pada bulunya yang sudah setengah kering, kemudian yang dapat anda lakukan dengan memindahkan  pada box kardus hanya untuk sementara waktu. Sebaiknya gunakan alas jerami atau padi atau bisa juga dengan alas pakaian bekas yang sebelumnya sudah dibersihkan dan jangan berikan alas box kardus tersebut dengan bahan licin misalnya koran, kertas hvs dan lain sebagainya.
  18. Dan yang terakhir  berikan penghangat untuk anakan ayam atau itik yang telah menetas pada waktu malah hari.

Akan tetapi dalam tata cara kerja mesin penetas telur saja tidak cukup.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam perawatan mesin penetas :

  •  Apabila lampu dalam mesin penetas mati segera diganti
  • Ganti lampu dengan daya yang lebih besar  apabila suhu dalam ruangan mesin tetas belum memenuhi ukuran standart. Biasanya kondisi seperti ini biasa terjadi di daerah yang bersuhu dingin dan extrem.
  • Siapkan selalu pemanas darurat  bisa lampu minyak maupun lilin.
  • Usahakan anda memiliki cadangan thermostat baik kapsul maupun microswit dan bohlam.

Namun bagi anda yang ingin memulai suatu usaha ternak unggas dan menginginkan alat penetas telur dengan biaya yang murah anda juga bisa membuat sendiri dengan cara membuat mesin penetas telur secara sederhana misalnya mesin penetas telur dari kardus . Dengan cara membuat mesin penetas telur otomatis sendiri yang diharapkan bianyanya lebih irit dan  harganya lebih terjangkau. Harga mesin penetas telur type c30 relatif lebih murah dibandingkan mesin penetas dengan kapasitasnya yang lebih besar. Berikut merupakan daftar harga dari berbagai mesin penetas telur yang sesuai dengan kapasitas masing-masing mesin tersebut.

mesin penetas telur

Mesin Penetas C72 Knock Down

 

mesin penetas telur

Mesin Penetas C30

 

mesin penetas telur

Mesin Penetas C50 AT

 

mesin penetas telur

Mesin Penetas C200

 

mesin penetas telur

Mesin Penetas C30

 

Berikut merupakan daftar harga mesin penetas :

Semi Otomatis Rak Putar
C-30 380.000,00
C-50 420.000,00
C-75 450.000,00
C-100 550.000,00
C-200 750.000,00
C-500 3.340.000,00
C-1000 4.350.000,00

Automatic Turning
C-50AT 850.000,00
C-100AT 1.050.000,00
C-200AT 1.600.000,00
C-500AT 5.500.000,00
C-1000AT 6.700.000,00

Digital System
C-50DS Rp 1.300.000,00
C-100DS Rp 1.500.000,00
C-200DS Rp 2.000.000

Knock Down
C-36 Rp 500.000
C-72 Rp 600.000

*Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
*Pengiriman Via DACOTA

*C = kapasitas
*DS = Digital System
*AT = Automatic Turning

Bagi anda yang berminat untuk menetaskan telur sendiri kami menyediakan mesin penetas semi otomatis. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jenis telur ayam hias hingga telur bebek. Tak hanya menyediakan mesin penetas dan telur segar saja, kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias dari anakan hingga indukan. Kami juga melayani konsultasi dalam seputar permasalahan peternak dan juga mengenai mesin penetas.

Silahkan bagi anda yang berminat baik itu mesin penetas, berbagai jenis telur ayam hias, silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP :

0812-2028-8686

XL :

0819-3140-9353

Indosat :

0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel :

0812-2028-8686
0822-2123-5378

Kata Terkait :

mesin penetas telur dari kardus, harga mesin penetas telur sederhana, harga mesin penetas telur type c30,  cara membuat mesin penetas telurcara kerja mesin penetas telur otomatis, cara membuat mesin penetas telur otomatiscara kerja mesin penetas telur full otomatis

_Viky Ristiyarti_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
Jualayamhias.com
Nama Produk
Mesin Penetas
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: