Bingung memilih Membeli Anakan atau Indukan Dewasa Ayam Hias?

Bingung memilih Membeli Anakan atau Indukan Dewasa Ayam Hias?

Saat kita akan membeli ayam yang akan kita pelihara di rumah, kita dihadapkan pada beberapa pilihan untuk umur ayam yang dipelihara. Faktor umur menjadi salah satu faktor penting jika kita mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahan dalam pemilihan umur ayam tersebut. Untuk itu sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kita mempelajari dahulu berbagai kelebihan dan kelemahannnya.

Untuk memelihara ayam bisa dari pembelian telur siap tetas, anakan, remaja dan indukan. Semakin besar ayam yang kita beli, maka harganya akan semakin mahal. Namun semakin besar umur ayam, resikonya juga semakin kecil karena ayam ayam semakin besar, daya tahannya lebih kuat dibandingkan ayam yang masih anakan. Sebenarnya jika kita mengetahui ilmu peternakan, segala resiko itu tidak menjadi kendala dalam memeliharanya. Justru dengan mengetahui resikonya, maka kita akan lebih mengetahui lebih detail tentang beternak ayam.

Memang diawal kita mempelajari suatu ilmu peternakan, kita akan dihadapkan kerugian yang akan ditanggung jika mengalami kegagalan. Untuk itu jika ingin memelihara, maka diusahakan dalam jumlah yang sedikit dahulu. Jika sudah memahami, jumlahnya dapat ditingkatkan. Dalam beternak, ayam, kita tidak usah malu untuk bertanya kepada ahlinya. Misalnya saat kita membeli di kandang peternak, kita bisa bertanya tentang cara memelihara yang meliputi makanan, minuman, vitamin, jamu, vaksinasi, kandang dengan berbagai variasi umur, membedakan jantan dan betina dan masih banyak lagi.

Batik Kanada Coklat Gold Umur 1 Bulan

Batik Kanada Coklat Gold Umur 1 Bulan

Perlu dipahami bahwa komposisi makanan disetiap umur ayam akan berbeda-beda. Dengan jenis ayam yang banyak juga harus mengetahui makanan masing-masing jenis ayam. Disamping itu, kapasitas kandang dengan umur tertentu juga bisa ditanyakan.

Di saat musim pancaroba (pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan maupun sebaliknya) merupakan puncak dari berbagai penyakit menjangkiti serbagai unggas. Untuk itu sebelum datang musim pancaroba kita harus lebih rutin membersihkan kandang, memberikan vaksinasi, pemberian pakan yang berkualitas, pemberian vitamin dan lain sebagainya. Memang tindakan tersebut tidak menjamin unggas kita bebas penyakit namun setidaknya kita sudah mengantisipasi dan menimimalisir terjadinya resiko kematian unggas.

Beli Anakan Ayam atau Indukan Dewasa?

Untuk itu sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kita mempelajari dahulu resiko dan kelebihan bila kita memelihara berbagaiayam dengan kategori tertentu.

Jika memelihara ayam dari anakan:

Kelebihan:

  • Untuk harga ayam anakan lebih murah jika dibandingkan ayam yang telah memasuki remaja atau dewasa. Dengan begitu pembeli bisa mendapatkan dalam jumlah yang relatif lebih banyak.

Kelemahan:

  • Dengan membeli ayam dari anakan, pembeli dapat belajar memelihara ayam sedari kecil, memahami permasalahan ayam seperti pakan, minum, obat dan kandang. Jika memelihara saat sudah besar, jadi kurang memahami permasalahan ayam saat masih kecil.
  • Resiko kematian yang besar. Saat unggas masih anakan, biasanya lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu jika perawatan kurang terkontrol akan menyebabkan kerugian karena banyaknya unggas yang mati.
  • Kelemahan selanjutnya adalah lamanya waktu untuk memanen. Jika dari DOC maka waktu yang dibutuhkan untuk memetik hasilnya sekitar 8 bulanan.
Batik Kanada Coklat Gold Indukan

Batik Kanada Coklat Gold Indukan

Jika memelihara dari dewasa/ indukan:

Kelebihan

  • Resiko kematian unggas kecil karena biasanya saat ayam masih anakan merupakan resiko tertinggi kematian unggas.
  • Waktu memetik hasilnya/ panen tidak begitu lama.

Kekurangan:

  • Harga belinya sudah tinggi. Saat ayam yang akan kita beli sudah siap produksi, maka harga yang ditawarkan sudah tinggi. Untuk itu dengan jumlah uang yang sama kemungkinan kita mendapatkan jumlah ayam yang sedikit.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam hias yang kami miliki, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam hias dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait: mempersiapkan kandang ayam hias, ayam hias, beli ayam hias, jual anakan ayam hias, jual ayam hias, ternak ayam hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *