Beternak Burung Kenari Sebagai Usaha Rumahan yang Menguntungkan

By | September 5, 2016

Beternak Burung Kenari Sebagai Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Beternak Burung Kenari disamping sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan juga dapat menguntungkan bagi peternak itu sendiri. Keuntungan tersebut tidak hanya didapat saat menikmati suara kicaunya yang menyenangkan hati, dari segi ekonomi pun begitu Burung Kenari memiliki banyak penggemar atau biasa disebut Kenari Mania di Indonesia dengan begitu beternak Burung Kenari juga dapat dijadikan usaha rumahan.

Burung Kenari di Indonesia memiliki penggemarnya sendiri dengan sebutan Kenari Mania. Bagi pencinta burung kicauan di Indonesia Burung Kenari menjadi pilihan utama untuk diternakkan oleh para penghobinya. Sebagai peternak Burung Kenari kesempatan untuk beternak sebagai bentuk usaha rumahan saat ini memiliki peluang yang cukup besar.

Burung Kenari

Burung Kenari

Bagaimana cara beternak Burung Kenari agar menjadi usaha rumahan yang menguntungkan?

Sebelum memulai beternak Burung Kenari sebagai usaha rumahan sebaiknnya kita perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut

  1. Sarana

Sarana yang dimaksud tempat dimana hal itu cukup penting untuk kita perhatikan.  Sebaiknya tempat untuk beternak Burung Kenari kondisinya bersih dan nyaman, hindari tempat yang dekat dengan keramaian. Perlengkapan seperti tempat pakan dan minum, pijakan, tangkringan hingga sarang yang digunakan sebagai tempat bertelur Burung Kenari.

  1. Menentukan Indukan

Menentukan indukan juga tidak kalah pentingnya,karena indukan akan mempengaruhi keturunannya. Dengan begitu memilih indukan sebaiknya yang sudah berusia dewasa yaitu berusia 3-8 tahun. Perbedaan untuk indukan jantan dan betina dapat dilihat dari postur tubuh, paruh dan suaranya. Indukan Kenari jantan memiliki postur tubuh yang lebih kecil, paruh agak tebal dan suara kicau lebih keras dan bervariasi dibandingkan dengan suara indukan kenari betina yang monoton.

  1. Menjodohkan Kenari

Dalam melakukan penjodohan Burung Kenari terlebih dahulu jangan tempatkan antara Kenari jantan dengan Kenari betina dalam satu kandang namun kedua kandang tersebut didekatkan. Jika sudah ada ketertarikan tempatkan dalam satu kandang. Indukan yang sudah siap bertelur biasanya akan mempersiapkan sarang untuk media bertelur.

  1. Kenari Bertelur

Sekali bertelur indukan betina dapat menghasilkan telur 3-5 butir telur, namun tidak semuanya berhasil menetas. Saat masa pengeraman perlu diperhatikan kebersihan kandang, kebutuhan air dan pakan dan jauhkan dari keramaian. Dalam waktu 14 hari telur sudah menetas pada saat anakan sudah berusia mencapai satu bulan, anakan tersebut sudah dapat dipisahkan dari indukannya.

  1. Memulai Penjualan

Agar penjualannya maksimal, Burung Kenari terutama usia anakan perlu diperhatikan kesehatannya. melatih suara kicaunya agar merdu dengan didengarkan suara master dari burung lain, dan berikan cincin sebagai penanda.

Burung Kenari

Burung Kenari

Burung Kenari saat ini memiliki peminat yang cukup banyak, mudahnya dalam beternak dan karakter Burung Kenari yang tidak mudah stress dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya menjadi peluang tersendiri bagi peternak Burung Kenari yang menjadikannya sebagai usaha rumahan.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Ternak Kenari, Jenis Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *