Beberapa Hal Yang Patut Diketahui Tentang Kandang Jago Ayam Pelun

Beberapa Hal Yang Patut Diketahui Tentang Kandang Jago Ayam Pelung

Kandang mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal, berkembang biak bahkan tempat mengasuh anakan ayam hingga dapat disapih. Untuk itu perlu perencanaan yang matang jika akan membuat kandang. Ini bertujuan agar ayam pelung yang kita pelihara selalu sehat, berkembang biak dengan baik, aman dari predator dan tentunya mudah dalam membersihkan.

Ayam pelung sebagai ayam hias yang mempunyai kelebihan pada suaranya, tentu mempunyai kriteria tersendiri dalam pembuatan kandangnya. Ini terutama menjaga agar kemerduan suaranya tetap terjaga. Pelung yang sudah dewasa biasanya mempunyai kandang dengan bentuk yang istimewa dibandingkan bentuk kandang ayam lainnya. Kandang yang disebut “kandang ajeng” tersebut berbentuk rumah-rumahan dengan kaki kandang yang panjang seperti menara. Tinggi kandang tersebut sekitar 2-2,5 m dari permukaan tanah. Dalam satu kandang hanya dihuni oleh 1 jago ayam pelung.

Ada tujuan mengapa kandang ayam pelung dibuat mirip menara yaitu agar suara kokok ayam pelung dapat terdengar hingga kejauhan. Tentu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik ayam pelung bila ayam pelungnya mampu berkokok dengan merdu.

Disamping mampu memperdengarkan suara ayam pelung hingga kejauhan, keberadaan kandang tersebut juga memperindah pandangan karena rumah atau taman makin indah dan asri dilihat.

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Apa syarat agar kandang ayam pelung sehat dan bersih?

Letak kandang
Untuk letak kandang sebaiknya agak tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya. Ini untuk mengantisipasi agar kandang tidak terkena aliran air saat hujan lebat turun atau saat banjir tiba. Dengan letak kandang yang tinggi maka akan mengurangi becek pada kandang yang akan menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.

Ventilasi
Kandang perlu ventiasi yang cukup agar udara yang bersih dapat masuk ke kandang. Dengan udara yang selalu berganti-ganti, maka ayam akan merasa nyaman. Ventilasi yang cukup bukan berarti udara gampang masuk dan air juga bisa masuk kandang. Untuk itu ventilasi harus terhindar dari resiko air masuk kala hujan turun. Letakkan ventilasi pada tempat yang aman yang tertutup strimin agar predator tidak bisa masuk.

Pondasi kandang
Seperti halnya rumah tempat tinggal bagi kita, kandang juga perlu pondasi yang kuat agar dapat menahan dari goncangan. Disamping itu kandang tidak mudah rapuh terkena air atau angin yang bertiup sangat kencang.

Lantai kandang
Untuk lantai ayam pelung bisa berupa lantai beralas/ liter maupun lantai renggang/ berlubang. Lantai beralas bisa dibuat dari semen, papan atau batu-bata sedangkan lantai renggang/ berlubang terbuat dari kayu, bambu atau kawat strimin. Walaupun menggunakan lantai beralas/ liter namun ayam tetap diberi alas berupa pasir, kapur dan arang. Bisa juga berupa campuran sekam dan kapur. Bahan tersebut dicampr hingga merata dan ditaburkan diatas lantai kandang.

Penggunaan kapur disini dimaksudkan untuk membunuh hama penyakit sedangkan serbuk arang gunanya untuk menghisap racun yang ada di area kandang.

Ayam Pelung Umur 5 Bulan

Ayam Pelung Umur 5 Bulan

Arah Sinar Matahari
Matahari bersinar dari arah timur, untuk itu agar sinar matahari mudah masuk kandang sebaiknya pintu kandang menghadap ke arah timur. Jadi ayam jago pelung akan mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap paginya. Jika sinar matahari bisa masuk maka kandang akan selalu kering dan tidak lembab. Kandang yang lembab akan menyebabkan penyakit mudah timbul dan ayam akan gampang sakit.

Pohon pelindung
Pohon pelindung diperlukan agar dapat menahan terpaan angin dan panas yang sangat menyengat. Dengan begitu area sekitar kandang menjadi sejuk namun matahari tetap bisa menyinari area kandang. Pepohonan yang ditanam bisa berupa pohon mangga, pepaya, kedondong dan buah-buahan lainnya yang bermanfaat bagi kenyamanan hewan dan ketersediaan vitamin bagi manusia.

Kelembaban Udara
Kelembabab udara sangat mempengaruhi kenyamanan kandang. Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan kandang mudah lembab dan basah sehingga jago ayam pelung kita bisa menjadi sakit. Untuk itu perlu di antisipasi dengan pembuatan konstruksi yang baik agar sinar matahari dapat masuk ke area kandang sehingga kandang selalu kering.

Dinding kandang
Dinding kandang perlu perencanaan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar kandang. Untuk kandang yang berada di area berhawa dingin maka dinding kandang sebaiknya rapat dan bentuk ventilasi disesuaikan. Sedangkan bila letak kandang berada di daerah yang berhawa panas, maka dinding kandang sebaiknya tidak terlalu rapat agar udara segar bisa bebas masuk. Untuk ventilasi bisa diperbanyak.

Ayam Pelung Dewasa

Ayam Pelung Dewasa

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam hias dengan berbagai jenis yang kami miliki, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam hias dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
cara memelihara ayam pelung, suara ayam pelung, kontes ayam pelung, produktivitas ayam pelung, harga ayam pelung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *