Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Ayam

By | May 9, 2016

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Ayam

Bila Anda ingin memelihara ayam, ada beberapa alternatif mendapatkan bibit ayam yang nantinya akan Anda pelihara dirumah. Mungkin Anda sebelumnya sudah mensurvei jadi gampang saat pemilihan ayamnya. Bisa juga membeli langsung dari peternakan, ini lebih menguntungkan karena banyak sekali pilihan. Biasanya muncul pilihan untuk ambil anak ayam hasil penetasan atau hasil yang dierami indukan.

Ayam Kate Walik yang Unik Bisa Menjadi Tambahan Koleksi Ayam Hias Anda

Ayam Kate Walik yang Unik  ini Bisa Menjadi Tambahan Koleksi Ayam Hias Anda

Sebelum memutuskan, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  1. Anda ingin memelihara ayam untuk dijadikan ayam pedaging, petelur atau kedua-duanya, ayam hias yang merdu suaranya atau yang unik bentuknya bisa juga yang cantik bulunya, yang bagus bentuknya sekaligus untuk dikonsumsi dagingnya, semua adalah pilihan.

  2. Anda harus hati-hati saat membeli unggas/burung dari seseorang yang tidak Anda kenal. Bisa jadi itu dari keturunan yang tidak jelas, sakit atau yang telah melewati masa produktif. Jika memungkinkan saat membeli ada rekan Anda yang berpengalaman yang menemani, jadi Anda tidak akan tertipu.

  3. Sebelum membeli sebaiknya Anda meneliti keturunan dari ayam/burung tersebut. Tidak semua ayam bisa bagus bila dikawin silang. Misalnya ayam batik Kanada dengan ayam batik Itali karena corak warnanya menjadi memudar. Lain halnya bila ayam hutan jantan dikawinkan dengan ayam kampung betina akan menghasilkan ayam Bekisar yang merdu suaranya dan bulunya yang indah

  4. Bila Anda membeli anak ayam, ingat jangan terlalu banyak membeli sekaligus karena pertumbuhan anak ayam sangat cepat kecuali bila Anda memiliki ruang yang cukup untuk dapat menampung anak ayam tersebut. Umumnya anak ayam akan tinggal hingga 6 minggu di kandang khusus anak ayam.

  5. Pilihlah ayam yang berkualitas unggul karena Anda yang akan merawat mereka sehari-hari biasanya bibit unggul tidak gampang sakit kala musim penghujan dan musim kemarau. Bagaimanapun mereka tentu membutuhkan perawatan yang maksimal agar selalu sehat dan diharapkan bisa berkembang biak dengan baik.

  6. Bila Anda ingin menambah koleksi di kandang Anda, sebaiknya tempatkan mereka diruang karantina dulu setidaknya selama sebulan. Ini untuk menjaga keamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ini akan mengurangi resiko tertular penyakit yang dikhawatirkan dibawa oleh ayam baru tersebut.

Ayam Polan Dewasa

Ayam Polan Dewasa

Menyediakan kandang yang nyaman

Sebelum membeli ayam, sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiapkan kandang nyaman yang akan di pergunakan untuk menampung ayam-ayam tersebut.

Dalam membuat kandang,ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

  1. Memperbesar kandang ayam. Ini bilamana ruangan yang ada masih kurang. Terkadang Anda tergoda untuk membeli ayam lagi diluar ayam yang telah Anda miliki. Untuk sementara mungkin bisa dengan menambahkan dinding sementara untuk penyekat antar kandang. Tetapi untuk jangka panjang Anda dianjurkan untuk membuat kandang yang permanen.

  2. Ada 3 poin penting dalam membangun kandang : kekeringan, kebersihan dan ventilasi. Anda perlu menjaga kandang ayam dalam kondisi kering untuk membantu mengendalikan penyakit dan kesehatan. Disamping itu ventilasi harus banyak namun dengan mempertimbangkan tidak membuat ayam berangin.

    kandang yang kotor dan basah akan mempermudah berkembang-biaknya penyakit. Maka jagalah agar selalu kering dan bersih

  3. Alas kandang sebaiknya jangan terbuat dari tumpukan jerami karena akan mudah berdebu, kotor,berjamur dan berantakan. Ada yang menggunakan alas kandang dari tanah, pasir, serutan kayu. Itu lebih baik daripada menggunakan jerami. Jika memungkinkan gunakan serutan kayu pinus saja.

  4. Untuk sarang yang terbuat dari kotak, lebih baik menggunakan jerami karena bila menggunakan serutan kayu akan menggores-gores lantai. Hanya saja Anda dianjurkan untuk membersihkan kala jerami itu kotor.

  5. Sebaiknya sebelum Anda meletakkan alas kandang, alasi kandang dengan koran agar mudah saat membersihkan. Anda tinggal menggulung koran dengan sendirinya semua kotoran akan terangkat semua, tinggal Anda buang saja. Praktis, bukan?!

  6. Pastikan ayam Anda terlindung dari predator yang mengganggu. Gunakan kain keras dan usahakan jangan menggunakan kawat karena dikhawatirkan akan melukai sayap ayam ketika mereka melewati kawat. Disamping itu kawat tidak tahan lama.

Ayam Cemani Walik Dewasa Jantan

Ayam Cemani Walik Dewasa Jantan

Bila Anda telah membeli anak ayam dan membuat kandang untuk mereka, Anda harus mengetahui bagaimana caranya merawat anak ayam tersebut

  1. Bila Anda seorang pemula, ada baiknya Anda meminta saran kepada orang yang telah berpengalaman. Pengalaman mereka merupakan guru yang sangat berharga bagi Anda. Ajukan pertanyaan dan ikuti saran mereka.

  2. Ayam adalah hewan yang bisa makan apa saja yang ditemui, maka Anda perlu berhati-hati bila ayam Anda sedang diumbar(tidak berada di kandang), singkirkan segala sesuatu yang bisa dimakan ayam seperti bangkai, kulit labu, bekas bakaran sampah, sisa makanan yang telah basi. Berilah ayam Anda dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang (sebaiknya dengan protein hewani karena ayam adalah omnivora)

  3. Mempersiapkan kebutuhan dasar mereka di segala musim, baik musim kemarau maupun musim penghujan.

  4. Jangan menunggu hari gelap untuk memasukkan ayam ke dalam kandang.Ini karena banyak predator disekeliling kita. Maka masukkan ayam lebih awal dari kedatangan predator tersebut.

  5. Jagalah selalu kebersihan kandang Anda. kandang yang kotor tempat yang subur untuk tumbuhnya parasit. Dengan selalu membersihkan akan meminimalisir tumbuhnya parasit.

  6. Bila Anda ingin mudah menangkap ayam, Anda perlu melatihnya dengan teratur.

  7. Luangkan waktu untuk mengamati perilaku ayam-ayam Anda. Jadi Anda dapat mendeteksi lebih dini jika ayam Anda ada yang sakit dengan melihat tanda-tanda diluar perilaku sehari-harinya.

  8. Kutu dan tungau seringkali hinggap di bulu ayam yang bisa mengakibatkan kematian, tidak peduli berapa banyak ayam yang Anda miliki.

  9. Dalam rentang waktu 6 bulan sekali, usahakan untuk mengobati ayam dengan obat cacing.

  10. Jika ayam Anda bertelur, berilah pakan berkualitas tinggi dengan tambahan kalsium. Pastikan mereka tidak kehabisan makanan, terutama saat cuaca atau suhu cukup dingin dimana nafsu makan mereka melonjak drastis.

  11. Periksa berat badan, warna kotoran dan kondisi fisik jadi bila ada tanda-tanda yang mencurigakan, segera asingkan/dikarantina dulu.

    Demikian semoga bermanfaat.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendaptkan telur ayam hias untuk di tetaskan, anakan ayam hias sampai indukan ayam hias berkualitas:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

kata terkati:

kadang ayam, anak ayam, syarat kandang, persiapan kandang ayam, cara membeli ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *