Apa Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur?

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Apa Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur?

Kenari, Burung Kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari, Suara Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Apa Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur?

Burung Kenari saat ini sudah menjadi jenis burung yang banyak dipelihara oleh para pencinta burung di Indonesia, burung yang pandai berkicau ini menjadi burung favorit para pencintanya. Perawatannya yang mudah menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Burung Kenari ini.

Burung Kenari dalam pemeliharaannya ada beberapa fase yang dimulai dari indukan yang bertelur, setelah itu telur Kenari mengalami proses pengeraman. Dimana pengeraman terjadi selama 14 hari hingga telur itu menetas dan menjadi anakan Kenari dari indukan yang bertelur tersebut.

Namun dalam pemeliharaannya terkadang mengalami kendala seperti indukan Kenari betina yang tidak mau bertelur. Keadaan ini dapat dialami karena beberapa hal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dengan begitu sebagai peternak kita perlu mengetahui sebab Kenari yang dipelihara tidak mau bertelur.

Sebagai peternak pemula biasanya begitu semangat agar Kenari yang dipelihara segera bertelur. Namun perlu adanya pengetahuan tentang cara beternak Burung Kenari, sebagai peternaknya perlu mengetahui cara pemeliharaan untuk usia anakan, indukan untuk mengetahui  indukan yang siap kawin dan yang lebih utama yaitu mengetahui jenis kelamin Burung Kenari agar memudahkan dalam proses penjodohan.

Burung Kenari

Burung Kenari

Salah satu kendala yang dihadapi saat mengawinkan Kenari jantan dengan Kenari betina adalah saat indukan Kenari betina tidak mau bertelur padahal seharusnya sudah memasuki masa bertelur.

Apa penyebab Burung Kenari tidak bertelur?

Berikut beberapa penyebab Kenari tidak bertelur

  1. Usia Kenari yang belum memasuki usia produksi

Salah satu penyebab mengapa indukan Kenari betina tidak mau bertelur yaitu usianya yang belum memasuki produksi, sehingga meskipun indukan Kenari betina sudah melakukan beberapa kali perkawinan akan tetapi belum dapat bertelur juga bisa disebabkan karena perawatan yang kurang baik.

  1. Usia Kenari betina yang masih muda

Usia Kenari betina yang masih muda bisa menjadi penyebab mengapa kenari betina tidak mau bertelur, karena meskipun Kenari betina dengan Kenari jantan tidak kawin namun Kenari betina belum siap tetap saja tidak akan bertelur.

  1. Kenari betina mandul

Penyebab Kenari betina tidak mau bertelur juga dapat disebabkan karena kemandulan, hal ini tentu akan mengecewakan bagi peternaknya. Namun demikian hal ini dapat terjadi karena perawatan yang salah, seperti pemberian ekstra fooding yang salah sehingga menyebabkan tubuh Kenari terlalu panas jenis pakan yang dimaksud yaitu niger seed dan kroto. Selain itu juga disebabkan karena kegemukan atau obesitas

  1. Kenari pejantan tidak ngisi

Memang sebagian besar menganggap jika Kenari betina tidak bertelur dikarenakan kemandulannya. Padahal hal tersebut tidak hanya karena betinanya saja, melainkan penjantannya pun bisa. Seperti penjantan yang tidak bisa membuahi betina/ tidak ngisi. Kenari pejantan tidak ngisi bisa disebabkan karena kegemukan dan juga pejantan masih mengalami mabung sehingga merasa kesakitan saat dikawinkan.

  1. Bulu disekitar kloaka terlalu lebat

Saat Kenari jantan dan betina melakukan proses perkawinan seharusnya dapat bersentuhan secara sempurna. Namun karena bulu disekitar kloaka yang terlalu lebat sehingga proses perkawinannya pun terganggu. Maka saat ingin mengawinkan Kenari jantan dan betina sebaiknya bulu disekitar kloaka dipangkas secara benar.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyebab mengapa Kenari tidak mau bertelur. Kenari yang tidak mau bertelur ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal, tidak hanya karena Betina yang mandul tetapi Kenari pejantan pun bisa menyebabkan Kenari betina tidak bertelur.

Burung Kenari

Burung Kenari

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari, Suara Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: