7 Tahapan Agar Anda Lebih Dekat dengan Ayam Kesayangan

By | June 1, 2015

7 Tahapan Agar Anda Lebih Dekat dengan Ayam Kesayangan

Bagi peternak ayam, dipatuk seekor ayam adalah hal yang biasa. Walaupun kita sudah terbiasa dengan ayam tersebut, saat-saat tertentu ayam terkadang liar dan menyerang siapa saja yang ada didekatnya. Jika yang mematuk ayam yang masih kecil tidak begitu sakit rasanya namun akan berbeda bila yang mematuk adalah ayam jago. Barangkali anda pernah dipatuk ayam jago? Yah, begitulah rasanya. Untuk membuat jinak ayam diperlukan stimulasi rutin sejak ayam masih kecil.

Sayang AyamBerikut tahapan-tahapannya :

  1. Tahap awal sejak penetasan

Dua hari sejak anak ayam menetas, biarkan anak ayam untuk mengenal lingkungan yang masih asing baginya. Mereka harus terbiasa dengan lingkungan tersebut, sebelum mengenal kontak dengan manusia. Terkadang kita atau anak yang masih kecil tergoda untuk memegangnya karena bentuknya yang memang imut dan lucu namun ingatkan kalau itu tidak baik untuk perkembangan anak ayam selanjutnya.

  1. Hari ketiga

Pada usia yang ketiga hari, saat yang tepat untuk memulai berinteraksi dengan anak ayam anda. Biasanya mereka ditempatkan didalam kotak. Ulurkanlah tangan anda didalam kotak, biarkan mereka menyentuh tangan anda. Lakukan dengan lembut agar mereka tidak merasa takut.

  1. Hari keempat sampai keenam

Mulailah dengan meletakkan pakan ayam keatas tangan anda, saat dia memakan pakan dari tangan anda, biarkan saja. Tetaplah dengan pendekatan yang perlahan-lahan. Bicaralah dengan mereka. Dengan begitu mereka akan terbiasa dengan rutinitas makan sambil mendengarkan anda berbicara dengan mereka secara pelan.

  1. Hari ketujuh sampai kedelapan

Anak ayam akan mulai belajar keluar dari kotaknya . Pastikan anak ayam anda untuk tidak berjemur dibawah sinar matahari dan tetap jaga posisi beberapa inchi dari permukaan tanah karena mereka masih lemah dan gampang terjatuh dari ketinggian. Jika pada tahapan ini mereka masih takut dengan nada, maka perlu melanjutkan pada tahapan berikutnya.

  1. Minggu kedua

Jika sebelumnya anda sering memberinya makan dari tangan anda langsung, maka mulai tahapan ini anda dianjurkan untuk tidak melakukannya lagi. Tetaplah berbicara secara lembut kadang-kadang menyentuh mereka. Lakukan sampai jangka waktu seminggu.

  1. Minggu ketiga

Pada tahapan ini, jika anda mendekatkan tangan anda kedalam kotak, anak ayam akan senang sekali. Mereka mengira anda pasti memberinya makanan. Anda sesekali memberinya makan dengan cacing atau makanan yang mereka sukai. Letakkan didalam kotak, mereka akan senang dan berebutan memakannya.

  1. Satu Bulan

Pada umur 1 bulan ini kadang anda harus memanjangkan tangan anda agar dapat menjangkau anak ayam anda. Sesekali anak ayam akan bertengger ditangan kita. Disini anda dapat menjadikan anak ayam sebagai sahabat anda kala beraktivitas dirumah. Jika itu terus berlangsung maka tidak menutup kemungkinan anda terbebas dari ayam yang suka mematuk anda.

Memang kesemuanya tahapan yang kami sampaikan di atas di mulai dari ayam anakan yang masih kecil. Maka dari itu pilihan untuk membeli ayam hias di tempat kami dari usia anakan atau membeli telur memiliki keuntungan bagi Anda karena Anda bisa membangun kedekatan dengan ayam kesayangan sejak ayam tersebut masih kecil. Hal lain yang juga berdampak positif bagi Anda yakni akan lebih bisa memberikan apresiasi terhadap pertumbuhan ayam tadi dengan merawatnya sebaik mungkin karena perawatan ayam memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan.

Selamat menikmati persahabatan dengan ayam anda!

Silahkan hubungi kami kapan saja di untuk mendapatkan ayam hias anakan maupun telur ayam hias untuk ditetaskan:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *