7 Tahap Penting Dalam Beternak Burung Kenari Bagi Pemula

By | September 2, 2016

7 Tahap Penting Dalam Beternak Burung Kenari Bagi Pemula

Beternak Burung Kenari Selain sebagai hobi yang menyenangkan, juga dapat menguntungkan bagi pemiliknya. Dengan beternak Burung Kenari bagi pencinta burung merupakan suatu hobi yang dapat tersalurkan juga dapat memberikan tambahan ilmu sehingga dapat menguntungkan bagi pemiliknya.

Beberapa jenis burung yang biasa diternakkan memang jenis Burung Kenarilah yang dianggap paling menguntungkan bagi pemiliknya. Para pencinta burung kicau kebanyakan akan memasukkan Burung Kenari kedalam daftar burung peliharaannya.

Burung Kenari adalah jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pencinta burung di Indonesia. Suara kicaunya yang merdu diadakan sering diadakan kontes lomba Burung Kenari.

Burung Kenari sendiri memiliki berbagai jenis diantaranya Kenari Yorkshire, Kenari Fancy, Kenari Gloster, Kenari London, Kenari Lanschaire, Kenari Norwich dan beberapa jenis lainnya. namun biasanya untuk para pemula mereka akan memilih beternak Burung Kenari jenis F1, F2, F3 karena perawatan yang lebih mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang tinggi.

Burung Kenari

Burung Kenari

Berikut 7 tahap penting dalam beternak Burung Kenari bagi pemula

  1. Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan dan Betina

Dalam memelihara Burung Kenari mengetahui jenis kelamin memang diperlukan bagi setiap peternak. Memang untuk permulaan kita pasti masih sulit untuk membedakannya, akan tetapi seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa untuk mendeteksi jenis kelamin Burung Kenari. Berikut ada beberapa cara untuk dapat mengetahui jenis kelamin Burung Kenari

  • Jantan

Dubur menonjol keatas

Bunyi nyaring dan ngerol

Badan dan lehernya ramping dan memanjang

  • Betina

Dubur datar tidak menonjol

Bunyi tidak nyaring, terkadang putus-putus

Tubuh lebih bulat dan leher pendek

  1. Usia dan Kesiapan Burung Kenari

Memperhatikan usia Burung Kenari merupakan hal penting yang harus diketahui oleh para peternak Burung Kenari. Kesiapan Burung Kenari jantan sebaiknya sudah berusia 8 bulan sedangkan untuk betina sudah berusia 6 bulan. Namun untuk kenari besar biasanya membutuhkan waktu yang ideal yaitu 10 tahun.

Ada tipsnya yaitu dengan cara memastikan Burung Kenari dalam keadaan birahi. Namun juga perlu kita ketahui ada beberapa Kenari yang sudah cukup umur tetapi belum birahi, dengan begitu akan mempersulit dalam proses penjodohan dan kesehatan juga perlu diperhatikan jika ingin mengembakbiakkannnya.

Ada beberapa Kenari Birahi baik untuk jantan dan betina

  • Jantan

Sering berkicau

Menabrakkan diri ke jeruji sangkar

Melompat-lompat ke kanan dan kekiri didasar sangkar

  • Betina

Sering bercuit

Merobek kertas atau koran di sangkar

Sering mengeleperkan sayapnya.

  1. Merawat Sangkar dan Perlengkapannya

Sangkar merupakan rumah bagi Burung Kenari untuk melakukan aktifitas sehari-hari. maka dari itu perawatan perlu untuk dilakukan. jika kita memelihara sepasang kenari yang sudah siap untuk diternakkan dan selanjutnya yaitu menyiapkan sangkarnya. Memilih sangkar yang baik sebaiknya menggunakan box khusus yang biasa dipakai untuk ternak kenari.

Atau dengan menggunakan sangkar dibagian tengah diberikan penyekat untuk memudahkan dalam penjodohan. Untuk kenari jantan memakai sangkar gantung yang ukurannya agak besar diletakkan ditempat yang tenang.

Makanan kenari juga perlu untuk diperhatikan, pakan yang baik untuk ternak kenari adalah biji kenari, biji sawi, sawi hijau, millet, sawi putih, timun dan buah apel. Dan rutin untuk mengisi air dalam sangkar,bila ingin mendorong Kenari cepat gacor berikan telur rebus dan multivitamin khusus untuk kenari.

  1. Proses Penjodohan Burung Kenari

Ada beberapa tips dalam proses penjodohan Burung Kenari:

  1. Mendekatkan sangkar jantan dan betina kurang lebih selama 3 hari
  2. Dalam 3 hari tersebut calon pasangan kenari dijemur berdekatan pada pagi hari jam 07.00-09.00
  3. Diberikan makanan yang bergizi
  4. Pemberian pakan yang sewajarnya, dan apabila terdapat gumpalan lemak berwarna kuning dileher dan perut, sebaiknya dikurangi takaran pakannya dan perbanyak mentimun

Ciri-ciri Kenari yang berjodoh

  1. Kenari jantan mendekati kenari betina meski terhalang jeruji sangkar
  2. Kenari jantan mengeluarkan kicauan dengan maksud memberi rayuan kenari betina, jika kenari betina membalas dengan mengepakkan sayap berarti rayuan kenari jantan diterima
  3. Kedua kenari tidak berkelahi
  1. Mengawinkan Burung Kenari Jantan dengan Betina

Untuk mengawinkannya kita perlu bok khusus dengan cara memasukkan kenari jantan kedalam bok yang sudah terisi kenari betina, jangan sampai terbalik.

Waktu yang baik untuk menyatukan kedua kenari yaitu saat sore hari. jika kedua kenari cocok maka akan saling meloloh. Jika kenari sudah birahi maka mereka langsung melakukan perkawinan.

Namun ada juga yang tidak melakukan perkawinan asalkan tidak berkelahi, maka lama kelamaan akan melakukan perkawinan.

Apabila sudah ketahuan berkawin, kenari jantan dikembalikan ke sangkar gantung,  lalu masukkan kembali ke box saat sore hingga pagi hari lakukan secara terus menerus sampai betina bertelur. Jangan lupa untuk menyiapkan sarang untuk bertelur. Betina yang akan bertelur ditandai dengan merapihkan bahan tersebut sampai berbentuk bundar rapi. Biasanya jarak perapihan sarang sampai proses bertelur sekitar satu minggu.

  1. Pengeraman Telur Burung Kenari

Apabila betina sudah bertelur, maka kenari jantan harus menemani betina dalam proses pengeraman.

Perawatan kenari saat mengeram:

  1. Pakan dan minum selalu tersedia
  2. Kandang selalu bersih, dalam pembersihannya dilakukan secara berhati-hati agar tidak mengganggu sarang telur
  3. Berikan sayuran dan buah apel secara selang seling
  4. Berikan telur rebus 2 kali seminggu
  5. Kenari tidak perlu dijemur                                                                                                                      7. Masa Penetasan dan Masa Panen Burung Kenari

Setelah proses bertelur, maka saat hari ke-14 telur akan menetas. Setelah telur menetas, dalam perawatannya perlu dilakukan secara hati-hati.

Burung Kenari

Anakan yang baru menetas sampai usia satu minggu sediakan minuman dan pakan biji-bijian dengan ditambah telur puyuh rebus. Sebaiknya jangan diberikan pakan berupa buah dan sayur-sayuran karena berpotensi akan mengakibatkan kematian dini.

Anakan kenari usia satu minggu lebih pakan kedalam tempat pakan, seperti tempat pakan kenari dewasa.

Saat usia 25 hari Burung Kenari sudah dapat dipanen. Di usia 1 bulan Kenari sudah dapat memakan telur puyuh rebus dan biji-bijian sendiri.

Saat usia 1 bulan anakan kenari sudah mulai dipisahkan dari Indukannya. Kenari indukan dipindahkan ke sangkar gantung kembali. Mandikan keduanya dengan ditambahkan obat kutu agar tidak ada kutu yang menempel. Dijemur setiap hari biasa dan membersihkan kandang dengan sabun antiseptik.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari, Jenis Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *