7 Poin Pembelajaran untuk Anak dalam Proses Memelihara Ayam

By | July 21, 2016

7 Poin Pembelajaran untuk Anak dalam Proses Memelihara Ayam

Anak-anak memang tidak lepas dari dunia bermain. Kita dapat membuat kegiatan memelihara ayam hias chick and chilsebagai sarana anak untuk belajar dan bermain dengan ceria. Saat anak berada di kelas dari pagi sampai sore terkadang membuat anak tertekan di dalam ruangan. Dan sore hari sepulang sekolah memberi makan ayam adalah kegiatan yang mengasyikan.

Ayam Hias dapat digunakan untuk mengajar anak-anak dari segala usia pada berbagai mata pelajaran.

  1. Membentuk Kepribadian

    Ayam telah lama dekat dengan manusia. Telur dan dagingnya banyak dikonsumsi berbagai kalangan dan sudah menjadi kebutuhan pokok di beberapa tempat. Hal ini merupakan nilai kebaikan yang perlu kita jelaskan kepada anak-anak. Mengamati induk ayam mengeram selama 21 hari serta merawat anaknya akan membuat anak faham arti kasih sayang seorang ibu.

  2. Matematika

    Saat ayam bertelur kita bisa mengajak anak kita untuk menghitung berapa telur yang ada, dari berapa betina serta menghitung ayam yang ada di kandang. Kita juga bisa mengajak anak untuk mengelompokan ayam yang besar dan yang kecil kemudian menghitungnya. Sungguh pelajaran yang unik dan menyenangkan bagi anak.

  3. Biologi

    Anak akan belajar mengenai makanan ayam. Dengan mengenal beragam biji-bijian serta mencapurnya dengan jenis bahan manakan lainya.

  4. Sejarah

    Terlepas dari perdebatan telur dulu atau ayam dulu. Kita bisa menjelaskan sejarah ayam hias itu berasal. Seperti ayam batik kanada coklat gold contohnya. Menginformasikan kepada anak kalau ayam batik kanada coklat gold berasal dari Inggris dan membahas negara Inggris ada di mana dan kita gabungkan hal ini dengan kreatifitas dalam bercerita.

  5. Ilmu sosial

    Kita bisa ajarkan kalau ayam juga memiliki kelompok ayam dan hidup berkelompok. Hal ini tentu saja bisa jadi contoh yang relevan dengan ilmu sosial yang ada

Dengan adanya ayam hias di rumah kita di padukan dengan kreatifitas kita dalam mendidik anak di lingkungan rumah akan memudahkan anak untuk mengingat. Karena daya ingat akan lebih mudah terekam saat anak juga melihat langsung, memegang dan membicarakanya. Kegiatan yang melibatkan partisipasi anak di kombinasikan dengan kemampuan kita memberikan pelajaran yag kreatif membuat proses ini akan ternanam kuat pada anak.

Ayam Kapas

Ayam Kapas

Ingin memelihara ayam hias yang cantik dan unik. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam hias berkualitas. Hubungi kami kapan saja di:

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *