5 Tips dalam Mempersiapkan Kandang Entok

By | December 12, 2015

5 Tips dalam Mempersiapkan Kandang Entok

Saat akan memelihara entok, hal pertama yang harus kita persiapkan adalah mempersiapkan kandang entok. Entok termasuk salah satu unggas yang senang bila diumbarkan bahkan bila dilepasliarkan di alam bebas. Untuk itu kita perlu mempersiapkan kandang sesuai dengan karakter entok. Dalam pembuatan kandang entok, perlu diperhatikan jumlah entok yang akan kita pelihara serta dari jenis umurnya. Jika entok yang kita pelihara dalam jumlah banyak bisa disesuaikan.

Entok termasuk hewan yang menyukai air namun kita bisa membuat kandang tanpa membuatkan kolam untuk mereka. Bila memang anda mempunyai area yang sangat luas, anda dapat membuatkan mereka kolam untuk entok agar mereka dapat bermain air.

Entok termasuk salah satu hewan yang tahan terhadap penyakit. Tips berikut perlu Anda perhatikan dalam pemeliharaanya:

  1. Lantai Kandang

Lantai kandang entok bisa terbuat dari tanah atau semen. Untuk semen memang mempunyai kelebihan yaitu mudah kala membersihkannya. Usahakan kandang entok selalu kering.

  1. Dinding Kandang

Kandang yang kita buat untuk entok bisa terbuat dari bambu atau dari tembok. Usahakan untuk dinding jangan semua terbuka agar entok tidak mudah masuk angin. Jika dinding kandang terbuat dari bambu maka sebaiknya bagian dinding dipasang plastik agar angin tidak terlalu kuat berhembus. Itu jika suhu disekitar anda sangat dingin. Walaupun entok termasuk jenis unggas yang relatif tahan terhadap penyakit, namun kita tetap harus mengantisipasi.

  1. Jaga Jarak Kandang

Perhatikan jarak kandang entok dengan pemukiman karena sudah menjadi konsekuensi akan muncul bau dari entok tersebut. Hal ini juga sangat penting bila Anda memiliki tetangga yang dekat, bau yang tidak sedap bisa masuk ke rumah tetangga Anda. Pilihlah lokasi yang jaraknya paling jauh dengan rumah tinggal dan tanyakan ke pada tetangga apakah mereka terganggu dengan bau tersebut

  1. Pisahkan dengan ayam lain

Sebaiknya kita memisahkan kandang entok dengan ayam lain. Pemisahahan ini sangat bermanfaat dalam memonitor hewan peliharaan kita. Dari sini kita dapat mengamati pakan yang di konsumsi setiap ayam, dan akan menyulitkan bila hewan peliharaan kita campur semua.

  1. Tempat pakan dan minum

Sebaiknya tempat pakan dan minum ada di luar kandang hal ini akan membuat area kandang lebih mudah di bersihkan. Gunakan juga tempat pakan dan minum yang mudah di bersihkan.

Kami menyediakan DOE Entok dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia yang terjangkau kargo hewan.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOE Entok baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378
AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait: Jual Entok, Beternak Entok, Harga Entok Dewasa,  Jual Mentok, Pakan Mentok, Budidaya Entok, Ternak Entok, Beternak  Entok, Bibit Entok, Karkas Entok

One thought on “5 Tips dalam Mempersiapkan Kandang Entok

  1. Pingback: Mengenal Pakan Entok untuk Menghasilkan Entok yang Berkualitas - Jual Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *