5 Langkah untuk Merawat Burung Kenari yang Sedang Mabung

By | September 2, 2016

5 Langkah untuk Merawat Burung Kenari yang Sedang Mabung

Apa yang dimaksud dengan mabung? Mabung adalah sebuah istilah yang digunakan sebagai penyebutan dalam proses pegantina bulu pada burung. Hal ini memang wajar dialami Burung Kenari atau yang disebut dengan molting (rontok bulu). Saat masa mabung ini Kenari membutuhkan banyak energi dan vitamin, terutama protein karena saat proses mabung Kenari membutuhkan seperempat protein guna menghasilkan bulu yang baru. apabila dirawat secara baik, maka masa mabung akan berdampak positif .

Ada Beberapa Tanda Saat Kenari Mengalami Mabung :

  1. Pertama kali Kenari mengalami fase mabung saat berumur 3-4 bulan
  2. Biasanya proses mabung ini akan menghasilkan bulu yang lebih kuat dan mengkilat
  3. Proses mabung dimulai dari dada, bahu, kepala, tengkuk, punggung selanjutnya bulu-bulu besar seperti pada sayap dan ekor
  4. Membutuhkan waktu kurang lebih 5-6 bulan agar proses mabung sempurna
  5. Proses mabung juga dipengaruhi oleh berbagai asupan gizi, seperti vitamin, protein, mineral, air dan sinar matahari
Burung Kenari

Burung Kenari

Apabila Kenari muda sedang mengalami mabung dan prosesnya lambat maka akan mempengaruhi kesehatan Kenari. maka kondisi kesehatan mempengaruhi proses mabung pada Burung Kenari.

Burung Kenari dalam mengalami masa mabung tidak hanya sekali. Saat usia memasuki umur satu tahun Kenari akan mengalami masa mabung lagi. Pada saat fase ini Kenari jantan tidak berkicau, bahkan sampai Kenari jantan dan betina hilang birahinya. Nafsu makan juga berkurang dan lebih suka berjemur sambil mengais-ngais bulu yang rontok. Untuk mabung yang kedua kalinya ini biasanya diawali dari ekor dan sayap yang berlangsung 1 sampai 2 bulan.

Saat Burung Kenari mengalami mabung asupan gizi yang cukup seperti vitamin, protein dan juga mineral.

Burung Kenari akan mengalami masa mabung yang ketiga. Paling cepat yaitu sekitar 9-10 bulan dari mabung kedua.

Bagaimana cara merawat Burung Kenari yang sedang mabung?

Berikut 5 langkah untuk merawat Kenari yang sedang mabung

 Pertama

Tempatkan Kenari dilokasi yang aman dari gangguan binatang predator dan tempat yang jauh dari keramaian. Sangkar dalam kondisi tertutup pada saat mabung agar suhu tetap stabil dan fokus.

Kedua

Porsi makanan saat mengalami proses mabung. Pemberian makanan harus ditingkatkan,  karena Kenari membutuhkan asupan energi dan nutrisi  yang tinggi agar kondisi tetap baik karena hal ini akan berpengaruh terhadap bulu dan suara yang nantinya dihasilkan.

Ketiga

Penjemuran dilakukan selama 20 sampai 30 menit. Pada saat proses penjemuran disarankan untuk diberi pakan biji-bijian yang berkualitas seperti ebood canari. Untuk minumnya bisa diberikan air minum yang dapat dicampur mulitivitamin seperti ebood vit dengan ukuran 5-10 tetes dalam air minum 50 ml. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari.

Untuk memperlancar pembentukan bulu pada saat proses mabung, bisa diberikan ebood breeding dengan tujuan agar Kenari tidak mengalami kekurangan nutrisi seperti methionin, lysine dan triptophan. Dapat diberikan dalam waktu 3 kali seminggu dengan ukuran 5-20 tetes dan air minum 50 ml. Saat menggunakan ebood breeding, pemberian ebod vit harus dihentikan dulu agar tidak berdampak buruk bagi burung.

Burung Kenari

Burung Kenari

Keempat

Untuk menu tambahan bisa diberikan sayuran dan buah-buahan. Jenis sayuran yang dapat dijadikan pakan yaitu jenis sawi putih, sawi hijau dll. Sedangkan untuk buah-buahan yaitu buah peer, anggur dll. Sebagai menu tambahan lain dapat diberikan telur puyuh/ egg food. Dapat dapat juga diberikan grist yang berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan dan pemenuhan kalsium, yodium untuk pembentukan tulang dan bulu.

Kelima

Untuk memandikan Kenari bisa diberikan campuran air shampo seperti jati jajar agar kuman maupun kutu-kutu dapat hilang. Kandungan aloevera dapat menghaluskan dan menyuburkan bulu Kenari.


Itulah beberapa langkah untuk merawat Burung Kenari saat mengalami mabung. Burung Kenari mengalami fase mabung tidak hanya sekali saja, bisa terjadi sampai 3 kali. 

Kata Terkait: Burung Kenari, Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari, Jual Kenari, Harga Kenari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *