4 Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Suara Ayam Pelung

4 Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Suara Ayam Pelung

Ayam Pelung merupakan salah satu ayam hias yang bisa dinikmati suaranya. Kala dia berkokok, orang akan terpesona dengan suara alunan yang merdu didengar. Seperti halnya ayam ketawa dan ayam bekisar, ayam Pelung termasuk ayam asli Indonesia. Untuk itu kita patut melestarikan agar habitat  ayam Pelung tetap terjaga.

Ayam Pelung berasal dari daerah Cianjur dan banyak terdapat di Sukabumi. Kedua wilayah itu terletak di sebelah barat dari kota Bandung Jawa Barat.  Namun kini ayam pelung telah menyebar ke hampir seluruh pulau Jawa, bahkan menyeberang hingga ke pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Rupanya suara alunan Ayam Pelung telah mempesona banyak orang. Konon, saat berkokok leher Ayam Pelung bisa sampai menyentuh tanah saat berkokok panjang.

Saat ayam berumur 8 bulanan keatas biasanya sudah mampu menghasilkan suara berkokok yang merdu. Suara Ayam Pelung di bagian depan bagus bila menghasilkan suara yang panjang, bersih dan lancar. Suara tengah bagus jika menghasilkan suara panjang, merdu, tidak serak dan tidak terputus. Dan untuk suara Ayam Pelung di bagian akhir yang baik bila menghasilkan suara bersih panjang, tidak terputus. Suara yang kotor dapat ditandai dengan adanya suara konsonan “R” pada bagian akhir suara kokok.

Ayam Pelung Jantan Indukan

Ayam Pelung Jantan Indukan

Apakah faktor yang mempengaruhi suara ayam pelung?

Faktor yang mempengaruhi suara berkokok Ayam Pelung adalah:

  1. Kondisi kesehatan ayam pelung

Ayam Pelung yang sedang sakit akan mempengaruhi suara yang dikeluarkan saat berkokok. Jika berkokok maka suara yang dihasilkan akan pendek dan serak, untuk itu kesehatan ayam Pelung harus diperhatikan. Jika ada yang sakit, segera di karantina dan diobati agar pulih dari sakitnya dan Ayam Pelung dapat kembali berkokok panjang.

 

  1. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya membawa dampak pada suara yang dihasilkan ayam Pelung karena merasa kepanasan atau kedinginan. Untuk mengatasi hal itu kandang Ayam Pelung perlu diberi tirai atau tutup agar angin dan hujan tidak mudah masuk kandang.

  1. Kebutuhan gizi dan vitamin ayam

Bila ayam Pelung mengalami gizi buruk maka kualitas suara berkokoknya akan mengalami penurunan. Perlu diperhatikan gizi, vitamin dan mineral agar Ayam Pelung dalam kondisi prima. Untuk menjaga agar tetap prima perlu ditambahkan 2 ekor jangkrik untuk tambahan makanan setiap satu atau 2 hari sekali. Untuk lemak jangan berlebihan karena dapat mengakibatkan kegemukan.  Jika gemuk Pelung akan malas bergerak dan berkokok.

 

  1. Kebersihan kandang

Kandang yang ideal bagi Pelung bila dalam kondisi bersih, terkena sinar matahari langsung. Dengan terkena sinar matahari langsung maka bakteri lebih sulit tumbuh subur di dalam tubuh ayam. Jika bersih dan sehat, ayam akan rajin mengeluarkan suara kokokannya yang merdu. Pagi  hari pun akan selalu ceria dengan alunan suara berkokok Ayam Pelung yang merdu.

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Untuk itu bila ingin ayam Pelung yang Anda pelihara mempunyai suara yang berkokok merdu, bisa dimulai dari cara memeliharanya. Harus diperhatikan bagaimana gizi, kebersihan kandang dan terutama saat ada perubahan musim, peternak harus mengantisipasi agar ayam Pelung dalam kondisi prima.

Kami di jualayamhias.com melayani pembelian ayam pelung baik masih berujud telur untuk di tetaskan atau anakan ayam pelung untuk di besarkan. Dan kami juga melayani pembelian ayam pelung dewasa siap produksi. Dengan pengalaman kami sejak 1999 kami mampu mengirimkan ayam ke seluruh penjuru Indonesia via kargo hewan yang terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

 

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait: Ternak ayam Pelung, harga ayam Pelung, jual ayam Pelung, telur ayam Pelung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *