3 Tahapan untuk Memulai Beternak Ayam Petelur

By | February 20, 2016

3 Tahapan untuk Memulai Beternak Ayam Petelur

 

Beternak ayam petelur adalah kegiatan untuk memelihara ayam yang umumnya dipelihara untuk diambil telurnya. Ayam petelur memang hanya diarahkan sebagai ayam petelur saja. Sehingga dalam pertumbuhannya diberikan asupan yang dapat mempercepat pertumbuhan agar cepat dalam memproduksi telurnya.

Ayam petelur salah satu hewan unggas yang berasal dari ayam hutan dan itik liar, yang umumnya kedua hewan itu memang dapat bertelur dengan cukup banyak. Kemudian ayam ini di domestikkan ke perkampungan untuk dijadikan sebagai hewan ternakkan. Sebenarnya dahulu masyarakat Indonesia tidak mau untuk memelihara ayam ini, hingga pada akhir periode tahun 1990-an ayam ini sudah mulai diakui oleh masyarakat Indonesia, awal mula ayam ini diakui karen seiring berkembangnya ayam broiler, yang membuat ayam ini juga diakui, mengingat ayam ini juga memiliki kualitas yang baik.

Ayam Petelur

Ayam Petelur

Bagaimana tahapan dalam beternak ayam petelur?

Untuk beternak ayam petelur kita juga harus mengetahui tahapan-tahapannya.

  1. Memulai Usaha

Sebelum memulai beternak ayam petelur, kita harus mengetahui tentang peternakan ayam petelur.  Kita juga harus mengetahui bisnis yang kita jalankan meliputi tantangan, cara menjalankan, peluang hingga resiko yang mungkin akan terjadi ketika memutuskan untuk menjadi peternak ayam petelur.

Suatu hal yang dapat kita lakukan, yaitu mempelajari tentang ilmu peternakan ayam petelur, bisa kita belajar dari para peternak yang lebih dahulu menjadi peternak ayam. Sehingga setelah kita memahami, kita akan siap untuk menghadapi tantangan maupun resiko, baik resiko kecil maupun resiko besar.

Manajemen Pemeliharaan itu sangat penting, ketika ingin memulai beternak ayam petelur. Bisa kita pelajari melalui internet maupun buku atau sumber-sumber lain yang dapat  memberikan ilmu tentang manajemen pemeliharaan. Sehingga ketika kita akan memulai beternak ayam petelur, kita sudah mengetahui teorinya

  1. Menyiapkan Modal

Modal tidak hanya berasal dari uang, modal bisa berupa tanah yang digunakan untuk mendirikan peternakan ayam, maupun modal dari segi mental seperti keberanian, keterampilan dan kejujuran.

Modal dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu

  • Modal Investasi : modal yang berupa fisik seperti ; sewa tanah, pembuatan kandang dan perizinan
  • Modal kerja ; modal yaitu modal untuk membiayai semua kebutuhan kerja seperti pembelian DOC, Pakan dll

Modal bisa berasal dari modal pribadi, modal pinjaman, modal patungan hingga modal yang melibatkan penanaman beberapa modal

  1. Menentukan Skala Usaha

Menentukan skala usaha yaitu menentukan berapa ekor ayam yang akan dipelihara.

Berikut beberapa faktor yang digunakan untuk mempertimbangkan memulai usaha beternak ayam petelur ini

  • Modal yang tersedia
  • Ketersediaan lahan
  • Kapasitas kandang dan perlengkapan
  • Biaya Produksi
  • Kebutuhan atau permintaan pasar
Ayam Petelur

Ayam Petelur

 

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Petelur, Ternak Ayam Petelur, DOC Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *