3 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Dalam Membuat Pakan Bebek

By | July 1, 2017

3 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Dalam Membuat Pakan Bebek

Pakan Bebek pedaging maupaun pakan bebek petelur yang dipelihara menggunakan sistem intensif sering menjadi masalah yang menghambat peralihan cara pemeliharaan ekstensif ke intensif. Hal ini dikarenakan bebek yang dipelihara dengan sistem intensif biasanya memakan biaya produksi sebesar 60-70%. Tentu hal itu merupakan beban yang cukup berat jika bebek yang dipelihara tidak memproduksi telur kurang dari 60%. Akibatnya banyak peternak yang beralih menggunakan sistem intensif karena dirasa lebih menguntungkan.

DOD atau Bibit Bebek Peking

DOD atau Bibit Bebek Peking

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyusunan ransum pakan bebek ?

1. Nutrisi
Pedoman nutrisi makanan bebek yang baku di Indonesia memang belum ada, sedangkan referensi yang ada kebanyakan ditujukan untuk bebek pedaging. Hal ini dikarenakan beternak bebek pedaging lebih populer di luar negeri, sedangkan untuk ternak bebek petelur lebih banyak populer di negara berkembang. Biasanya nutrisi yang dibutuhkan oleh bebek petelur adalah protein 15%, energi 2.00 kcal, Vitamin A, Vitamin D, Sodium, Calsium, Fosfor dan lainnya.

2. Bahan baku pakan bebek
Bebek merupakan jenis unggas omnivora atau pemakan segala jenis makanan. Oleh sebab itu pakan bebek banyak ragamnya dan bisa dengan mudah diperoleh. Contohnya jagung, gandum, kacang hijau, bekatul, bungkil kelapa, voer dan sebagainya.

Bebek Peking

Peternakan Bebek

Apa pertimbangan kandungan pakan dalam penyusunan ransum pakan bebek ?

Terdapat beberapa hal yang digunakan untuk pedoman penyusunan ransum pakan bebek :

  • Protein

Protein merupakan zat organik yang mengandung karbon, hidrogen, nitrogen, sulfur, oksigen dan fosfor. Protein memang sangat penting karena protein bagi kelangsungan hidup bebek kita samakan dengan protoplasma aktif dalam semua sel.

Apa fungsi Protein ?

  • Pertumbuhan sel jaringan baru

  • Menambah energi

  • Memperbaiki jaringan sel yang rusak

  • Metabolisme yang penting dalam fungsi dalam tubuh

  • Enzim yang penting dalam fungsi tubuh

  • Hormon reproduksi dan pertumbuhan

  • Metabolisme Energi

Energi yang terkandung dalam pakan mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Energi yang diperoleh bebek akan menjadi panas. Metabolisme mengubah zat makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh bebek untuk menjalankan fungsi organ tubuh yang vital, memproduksi sisa-sisa makanan dan untuk pertumbuhan.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

  • Lemak

Lemak memang penting bagi bebek, karena lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan bebek. Dalam jumlah tertentu lemak dalam bentuk asam lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan. Asam lemak banyak ditemukan di makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Bebek memerlukan asam lemak ini dalam makanannya karena bebek tidak bisa membuatnya sendiri.

  • Serat kasar

    Serat kasar adalah selisih antara zat makanan yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dan zat makanan dalam faeces atau jumlah sisa yang tidak dapat dicerna oleh tubuh bebek.

DOD Bebek Hibrida

DOD Bebek Hibrida

3. Kebutuhan kalsium untuk bebek

Kebutuhan kalsium dan fosfor tentu sangat dibutuhkan dalam pemeliharaan bebek dengan sistem intensif. Kebutuhan kalsium dan fosfor lebih banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan mineral yang lainnya, yaitu sekitar 70%. Kalsium dan fosfor diperlukan bebek untuk membentuk kerangkan tubuh dan tulang.

Kalsium, fosfor dan Vitamin D merupakan salah satu kombinasi yang dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme. Kekurangan kalsium bisa mengakibatkan gangguan pada sistem reproduksi, karena untuk sebutir telur membutuhkan sekitar 2,6 gram kalsium yang tercerna. Namun pada umumnya bebek tidak bisa mencerna seluruh jumlah kalsium yang terkandung dalam makanan yang dikonsumi.

Demikian beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam pemilihan pemberian pakan untuk bebek. Memelihara bebek tidaklah serumit yang kita bayangkan. Hanya dibutuhkan ketelatenan dalam memeliharanya dan pengontrolan terhadap penyakit yang menyerang bebek.

Selain mempelajari pemilihan pakan yang baik untuk ternak bebek, sudah semestinya Anda juga perlu mempelajari tentang sistem perkadangan yang baik:
Mengetahui 3 Sistem Perkandangan Bebek yang Baik

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

pakan bebek pedaging, pakan bebek pedaging agar cepat besar, komposisi pakan bebek, jual pakan bebek petelur, cara pemberian pakan bebek pedaging, campuran pakan bebek pedaging, sukses beternak bebek, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, cara ternak bebek potong agar cepat besar, usaha ternak bebek, bebek peking, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, cara ternak bebek, ciri ciri bebek ,budidaya bebek, beternak bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, harga itik petelur, cara ternak bebek petelur, budidaya bebek petelur, bebek pedaging, kandang bebek petelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

2 thoughts on “3 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Dalam Membuat Pakan Bebek

  1. Pingback: Bebek Pedaging : Beberapa Jenis Bebek Pedaging yang Potensial

  2. Pingback: Pemilihan Bibit Bebek yang Baik untuk Dijadikan Bibit yang Unggul - Jual Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *