3 Hal Penting Dalam Merawat Suara Kokok Ayam Pelung Agar Tetap Merdu

3 Hal Penting Dalam Merawat Suara Kokok Ayam Pelung Agar Tetap Merdu

Ayam Pelung merupakan ayam hias yang berasal daerah Cianjur Jawa Barat, ayam pelung termasuk ayam hias yang banyak dikembangkan didaerah asal Ayam Pelung berada. Ayam ini memiliki keunikan pada bagian suaranya,  saat berkokok suaranya akan terdengar merdu dan indah. Seringkali ayam pelung diikutkan dalam ajang kontes suara Ayam Pelung.

Meskipun Ayam Pelung sebenarnya adalah ayam lokal seperti jenis ayam kampung pada umumnya, akan tetapi bagi para penghobinya ayam pelung termasuk ayam hias yang unik. Banyak disekitar tempat tinggal kita yang memelihara ayam kampung, namun suara kokoknya dari beberapa jenis ayam kampung tersebut hampir sama. Itulah mengapa ayam pelung dinilai memiliki suara kokok yang unik, karena suara kokok ayam pelung berbeda dengan suara kokok ayam kampung pada umumnya.

Saat memelihara Ayam Pelung , terutama bagi para penghobinya keunikan suara sangatlah penting untuk mereka disamping postur tubuh ayamnya. Suara kokok yang dihasilkan haruslah unik dan merdu saat didengar. Namun suara kokok tersebut juga harus dirawat supaya tetap merdu, karena bisa saja yang awalnya suara kokoknya bagus menjadi tidak merdu karena faktor perawatan yang tidak baik.

Baca juga artikel :

Ayam Pelung Dewasa

Ayam Pelung Dewasa

Bagaimana cara merawat suara kokok ayam pelung agar tetap merdu?

Berikut cara merawatnya

  1. Perawatan Kandang

Perawatan kandang menjadi awal perawatan suara kokok ayam pelung. kandang juga menjadi faktor semangat atau tidaknya ayam pelung berkokok. Biasanya ayam mulai ada tanda-tanda dapat berkokok yaitu pada umur 5 bulan. buatlah Papan untuk bertengger yang terbuat dari kayu. Selain itu selalu jaga kebersihan kandang, apapun yang ada disekitar kandang sangatlah berbahaya bagi suara kokoknya, karena ayam pelung suka mematuk benda apapun yang ada disekitarnya. Saat ada benda yang berbahaya masuk kedalam tenggorokannya tentunya akan merusak kokok yang awalnya merdu.

  1. Berikan Pakan yang Sesuai

Dalam pemberian pakan sehari-harinya berikan pakan dengan campuran seperti beras merah, kacang hijau dan gabah. Selain itu juga ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat menjaga suara kokoknya diantaranya

  1. Pisang dapat bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan suara kokoknya
  2. Jeruk dapat mengobati serak-serak didalam tenggorokannya
  3. Tomat bermanfaat untuk mendinginkan dan menghilangkan lendir yang ada dalam tenggorokan
  4. Pepaya berfungsi untuk memperlancar pencernannya
Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

3. Pemberian Multivitamin

Karena ayam pelung dipelihara umumnya untuk dinikmati suara kokoknya. Biasanya ayam pelung akan diberikan multivitamin untuk menjaga tubuh dan menjaga suara kokoknya.

Selain itu bagi ayam pelung yang sering dikonteskan biasanya akan diberikan jejamuan atau ramuan herbal yang dapat menjaga stamina tubuh, menambah nafsu makan dan memperindah suaranya.

Kata Terkait : Ayam Pelung, Kokok Ayam Pelung, Suara Ayam Pelung, Merawat Suara Pelung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *