10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Beternak Ayam Kalkun

By | March 17, 2016

10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Ternak Ayam Kalkun merupakan salah satu kegiatan ternak unggas yang selain kita bisa mendapatkan dagingnya yang lezat kita juga bisa menikmati keindahan bulunya. Unggas yang bukan asli dari Indonesia ini mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibandingkan unggas jenis lain. Di seluruh dunia ada banyak macam jenis unggas yang dibedakan berdasarkan warna bulu dan darimana unggas itu berasal. Di Indonesia kita mengenal beberapa jenis kalkun seperti kalkun Bronze, Kalkun putih atau white Hollande Turkey, kalkun Black Spanish, Kalkun Royal Palm, Kalkun Golden Palm, Kalkun Narraganset, Kalkun Golden Palm, Kalkun Red Pencil dan Kalkun Self Buff.

Salah satu kelebihan dari ayam kalkun adalah posturnya yang besar dan bulunya bisa mekar terutama saat musim kawin tiba. Suaranya nyaring terdengar. Untuk kandungan dagingnya juga bagus karena mengandung lemak yang tidak mengandung kolesterol tinggi. Di Benua Amerika bahkan ada suatu perayaan Thanksgiving yang  menu utama adalah daging kalkun.

Memelihara ayam kalkun sebenarnya tidak membutuhkan keahlian yang tinggi. Makanannya hampir sama dengan ayam kampung biasa. Yang sedikit membedakan hanyalah ayam kalkun sangat menyukai dedaunan segar. Jadi jika anda akan memasak bayam, bagian tangkai bisa diberikan untuk kalkun anda.  Jika anda berniat memelihara ayam kalkun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.

 

 

Ayam Kalkun Golden Palm Jantan 1

Ayam Kalkun Golden Palm Jantan 

10 hal yang perlu anda ketahui sebelum beternak ayam kalkun:

  1. Anda berniat untuk memelihara kalkunbeternak ayam kalkun

Dengan anda mempunyai niat untuk memelihara ayam kalkun itu akan memudahkan dalam pemeliharaan ayam kalkun. Hal itu penting karena kalau anda menyukai dengan aktivitas memelihara ayam maka akan menikmati aktivitas beternak ayam kalkun.

  1. Persiapan Kandang

Ayam kalkun termasuk ayam yang senang bila dilepaskan di alam bebas atau diumbarkan saja, tidak diletakkan dalam kandang tertutup. Usahakan anda mempunyai lahan yang sedikit luas minimal sekitar 1×2 m agar kalkun bisa bergerak bebas. Perlu diberikan penutup kandang dari kawat agar kalkun tidak bisa terbang keluar kandang. Untuk melindungi dari panas dan hujan dibuat naungan dari genting yang terbuat dari tanah. Usahakan jangan dari seng karena kalkun bisa kepanasan saat matahari terik atau berisik terkena air hujan saat musim hujan.

  1. Persiapan Pakan Untuk Kalkun

Kalkun mempunyai pakan yang mirip dengan ayam kampung. Diberikan pakan voer atau BR yang dicampur dedak atau katul dan sedikit air. Jangan lupa sesekali diberikan irisan sayuran segar seperti kangkung, bayam, kobis atau kol, sawi bahkan enceng gondog juga mau. Sayuran tadi diiris halus dan dicampurkan dalam makanan kalkun lainnya. Untuk penggunaan daun pepaya juga bisa hanya saja dianjurkan tidak setiap hari. Ada beberapa kandungan dalam daun pepaya yang tidak bagus bila diberikan secara terus menerus ke kalkun anda. Sesekali diberikan pepaya matang untuk menambah gizi dan stamina.

  1. Usahakan mempunyai tanaman sebagai naungan saat panas terik.

Kalkun bila hari sangat panas biasanya akan berteduh. Jika kepanasan terindikasi mulutnya akan terbuka dan nampak terengah-engah. Maka dia akan mencari tempat untuk berteduh. Anda bisa menanam pohon jambu air, jeruk nipis yang tidak terlalu tinggi bisa juga sejenis pohon rambutan atau mangga yang rimbun. Jika luas lahan ada terbatas cukup pohon yang kecil saja yang ditanam. Yang terpenting dapat menjadi naungan saat hari sangat panas.

  1. Persiapan Bila Kalkun Mulai Bertelur

Kalkun mulai bertelur saat berumur 8 bulanan. Saat itu kita perlu mempersiapkan tempat yang nyaman agar kalkun tidak berpindah tempat. Anda cukup meletakkan kotak yang berukuran sedang sesuai ukuran kalkun dan meletakkan jerami diatasnya. Dalam sekali masa produksi kalkun bisa bertelur sekitar 8-15 butir telur bahkan ada yang sampai 25 butir.  Tergantung dari polan makan dan pola pemeliharanya. Kalkun bisa mengerami sendiri telur yang diproduksinya.Untuk itu anda perlu mempersiapkan tempatnya. Telur kalkun membutuhkan waktu menetas lebih lama dibandingkan ayam kampung yaitu sekitar 28 hari.

  1. Pemeliharaan Saat Anakan

Telur yang sudah menetas bisa langsung di asuh oleh indukannya. Namun bila telur ditetaskan dalam mesin penetas, maka setelah menetas tinggal dimasukkan dalam boks berpenghangat. Untuk anakan yang diasuh oleh indukan sebaiknya diletakkan dalam kandang yang berbeda. Jika bercampur dengan kalkun dewasa lainnya dikhawatirkan akan terinjak salah satu dari mereka. Perlu diperhatikan kandang untuk anakan kalkun diusahakan rapat dan aman dari gangguan predator seperti kucing, tikus, ular dan elang. Jika tidak makan anda dapat kehilangan anakan kalkun anda akibat dimangsa predator pengganggu.

  1. Pemeliharaan Saat Dewasa

Saat kalkun dewasa yang siap masa produksi perlu dibuat komposisi yang pas agar terjadinya perkawinan yang menghasilkan anakan yang berkualitas. Dalam satu kandang 1 jantan bisa melayani 5 betina indukan. Jika sudah berproduksi, pejantan bisa dipindah dalam kandang yang berbeda. Tujuannya tentu agar anakan yang dihasilkan bagus kualitasnya karena berasal dari indukan yang berbeda. Bagaimanapun indukan yang berkualitas mempengaruhi anakan yang dihasilkannya.

  1. Jika anda mempunyai beberapa jenis ayam kalkun, misalnya jenis kalkun Bronze, kalkun Golden Palm dan kalkun Putih, diusahakan jangan dicampurkan dalam satu kandang. Dikhawatirkan nanti terjadinya perkawinan silang diantara mereka. Untuk menjaga keaslian keturunan dan jenisnya, tempatkan mereka dalam kandang yang berbeda. Namun jika anda tidak mempermasalahkan persilangan mereka dan berniat membuat persilangan antar jenis kalkun, bisa saja anda campurkan mereka dalam satu kandang yang sama. Nanti akan akan mendapati anakan yang mungkin dari coraknya merupakan perpaduan antara indukan jantan yang indukan betina yang berlainan jenisnya.
  1. Menanggulangi saat musim penyakit menyerang

Dalam mengantisipasi terjangkitnya penyakit, anda harus rajin membersihkan kandang atau tempat umbaran bagi si kalkun. Apalgi saat musim hujan, jangan biarkan air menggenang di area kandang. Dikhawatirkan kalkun anda mudah terserang penyakit. Jika kalkun anda menderita penyakit, segera dikarantina dan dipisahkan dengan kalkun lainnya kemudian diobati. Jika sudah kembali pulih, bisa digabung kembali dengan rekannya yang lain dikandang.

  1. Untuk anda yang berniat untuk memelihara ayam kalkun dan ayam hias jenis lainnya, dapat menghubungi kami. Kami menyediakan produk ayam kalkun dari mulai bentuk telur, anakan dari 1 bulan hingga 3 bulan, remaja umur 4 dan 5 bulan hingga indukan. Kami dapat mengirimkan ke penjuru tanah air. Kami mengutamakan kualitas, pelayanan dan kepercayaan.

Selamat memulai beternak ayam kalkun!

Kata terkait:

Ternak kalkun, beternak ayam kalkun, makanan kalkun, makanan kalkun, pakan kalkun anakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *