Tips Mudah Merawat Anak Angsa

Tips Mudah Merawat Anak Angsa

Merawat Anak Angsa memang perlu dilakukan agar kelak menjadi indukan angsa yang sehat dan berkembangbiak secara optimal. Tidak salah lagi bila kita memelihara hewan, kita harus rutin merawat baik dalam segi pemberian pakan maupun perawatan kandang. Hal ini bertujuan agar hewan yang kita pelihara akan tumbuh dengan sehat dan optimal.

Apabila kita mempersiapkan Indukan Angsa untuk pemeliharaannya akan lebih mudah hal ini dikarenakan induk angsa hanya membutuhkan perwatan seperti pakan, minum, kandang. Namun jika yang dipelihara adalah anakan angsa, apalagi anakan angsa yang baru saja menetas sudah pasti perawatan yang diberikan tidak mudah.

Anakan Angsa

Jika anakan yang dipelihara berjumlah kecil buatlah tempat sarang kecil dengan penerang lampu, jika anakan yang akan dipelihara berjumlah cukup besar peliharalah didalam kandang dan berikan pembatas. Bersihkanlah kandang dengan cara sikatlah bagian atap, dinding dan lantai. Gunakan sabun untuk membersihkan lantai.

Gunakan pemanas lampu pijar. Untuk anakan angsa berumur kurang dari 1 minggu berikan lampu sebesar 40 watt disangkar kandang kira-kira 9-12 cm diatas lantai. Gunakan lampu secukupnya, atur ketinggiannya berikan kenyamanan bagi anak angsa.

Jika anakan angsa kepanasan biasanya akan ribut dan merasa gelisah hal ini akan berakibat saling mematuk (kanibalisme) antara satu dengan lainnya. Mereka saling mematuk sampai luka dan berdarah.  Kanibalisme juga bisa terjadi karena kandang atau sarang yang kecil sehingga saling berebutan untuk mendapat makanan berdesak-desakan dan ada yang terinjak-injak oleh anak angsa lainnya hingga mati.

Sebaiknya agar anakan angsa merasa lebih nyaman, didalam kandang berikan batas. Yang diletakkan dibawah lampu. Buatlah pembatas yang terbuat dari karton dengan dilapisi tumpukan jerami padi, buatlah pembatas dengan panjang sekitar 30 cm, dan lampu harus berada ditengah-tengah antara pembatas dengan lantai

Pembatas ini berguna agar anak angsa dekat dengan air minum, pakan dan sumber panas. Anak angsa sangat rentan ketika mendengar suara-suara yang bising dan getaran-getaran. biasanya mereka akan lari di tempat dan arah yang sama, ini akan mengakibatkan terjadinya benturan antara yang satu dengan lainnya. Namun sebenarnya ini tidak akan terjadi bila dalam membuat pembatas berbentuk lingkaran jadi anak angsa tidak akan lari kearah atau sudut yang sama.

Ketika umur anak angsa sudah bertambah besar, pembatas yang telah dibuat tadi diperbesar dan tambahkan lagi litter yang berupa jerami padi tadi dengan ukuran 4-6 cm. Letakkan air minum dan pakan dipembatas itu hal ini bertujuan agar angsa mudah menjangkau pakan dan minumnya. Tentunya anakan angsa ini akan semakin dewasa jika sudah memungkinkan untuk dikeluarkan. Maka angsa ini keluarkan dan buatlah kandang yang lebih luas, sebaiknya pada alas jangan berikan alas dengan bahan-bahan yang mudah berkarat. Untuk wadah air minum, pakan gunakan wadah yang berbahan plastik karena jika menggunakan bahan-bahan yang mudah berkarat akan mengganggu kesehatannya.

Angsa Putih

Angsa Putih

Jika Anda ingin memelihara angsa silahkan hubungi kami kapan saja. Kami berpengalaman mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia untuk daerah-daerah yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait : Merawat Anak Angsa, Cara Merawat Anak Angsa, Beternak Angsa, Jual    Soang, Jual Angsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *