Tips Membersihkan Telur Ayam

By | June 18, 2015

Tips Membersihkan Telur Ayam

Bagi kebanyakan orang, telur ayam merupakan benda yang gampang dicari baik dalam bentuk yang sudah matang untuk disantap maupun untuk ditetaskan. Saat kita membeli telur sering kita temui telur yang akan kita beli ada noda tanah, bercak darah bahkan kotoran ayam. Kalau tujuan kita membeli telur untuk dijadikan bahan tambahan roti atau dimasak saat itu juga, tidak menimbulkan masalah berarti. Kita cukup membersihkan sebelum menggunakannya. Namun bila ingin menyimpannya dahulu dalam kulkas, apakah kita harus membersihkannya terlebih dahulu? Kalau untuk ditetaskan apakah harus dibersihkan? Kalau anda kurang jelas, ada baiknya menyimak hal-hal berikut ini.

Ada cara yang terbaik dalam menghadapi dilema telur yang kotor adalah dengan mencegah telur menjadi kotor dengan mempersiapkan langkah-langkah pencegahan.

  • Bila ayam anda bertelur, berilah alas sarang dengan menggunakan jerami, serutan kayu atau bahan lain yang baik untuk dijadikan alas.

  • Menjaga kebersihan lingkungan kandang. Lingkungan yang kotor bisa membuat kaki-kaki ayam menjadi penuh debu, lumpur dan jika ayam mengeram maka tidak menutup kemungkinan telur yang dihasilkan ayam menjadi kotor.

    Jika kita masih mendapati telur yang kotor, kita bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat dengan air yang mengalir. Jangan menggunakan air yang dingin karena air dingin mampu untuk menyusutkan isi telur. Disisi lain air hangat dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam telur. Jangan dicampur dengan air sabun atau bahan pembersih lainnya.

Menyimpan Telur Ayam

Telur segar masih baik kualitasnya di dalam suhu ruangan dan bertahan hingga 1 bulan kedepan. Namun setelah 2 minggu kualitasnya akan menurun. Bila telur telah dicuci maka tempat penyimpanan yang dianjurkan adalah di kulkas. Telur tetap segar lebih lama bila disimpan dalam karton telur karena meminimalkan kehilangan air melalui pori-pori telur yang terbuka.

Kebanyakan peternak menyimpan telur untuk di setorkan ke pedagang dengan durasi 30 hari. Kemudian pedagang akan memajang telur ditoko swalayan selama sebulan. Kita direkomendasikan untuk menyimpan telur selama 5 minggu didalam kulkas, setelah kita membelinya ditoko tersebut. Setelah waktu tersebut, anda sebaiknya segera membuang telur karena sudah kurang baik bila dikonsumsi.

Sekarang anda sudah jelas, bukan? Adalah ide yang baik untuk membeli telur segar secukupnya saja agar telur tidak terlalu lama berada di mesin berpendingin.

Semoga bermafaat.

Kata terkait:

cara membersihkan telur, pengertian telur ayam, harga telur ayam, kandungan telur ayam, penetasan telur ayam, manfaat telur ayam kampung, bisnis telur ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *