Ternak Burung Kenari Merah

By | September 30, 2016

Ternak Burung Kenari Merah

Burung Kenari adalah salah satu burung yang banyak diminati. Ciri- ciri unik burung kenari merah adalah bertubuh kecil namun terlihat imut. Memang menyenangkan bila melihat burung ini. Burung yang satu ini mampu membuat penggemar burung menjadi senang. Warnanya yang merah dan cantik, suaranya merdu dan enak di dengar. Namun tak banyak yang sukses dalam mengembangbiakkan burung ini, sebab memang membutuhkan keahlian yang khusus untuk dapat beternak kenari merah.

Bagaimana cara memelihara Burung Kenari Merah ?

  1. Membeli sepasang Burung Kenari Merah

Apabila Anda ingin beternak Burung Kenari merah lebih baik Anda membeli sepasang Burung Kenari merah. Carilah burung kenari merah jantan dan betina yang mempunyai kualitas yang bagus. Agar nanti bisa melahirkan anakan kenari merah yang bagus.

  1. Berilah makan dan minum yang cukup

Pakan yang diberikan biasanya biji-bijian. Sebab burung ini termasuk burung pemakan biji. Oleh karena itu sediakan pakan yang cukup setiap harinya. Jangan lupa pastikan kandang tersedia air cukup untuk minum. Sebab apabila kekurangan air akan mengganggu proses metabolisme tubuh burung. Dan pastikan air yang Anda berikan sehat dan segar.

  1. Berikan makanan tambahan

Agar burung tidak mudah bosan Anda bisa memberikannya makanan tambahan. Contohnya sayuran hijau dan apel. Anda bisa memberikannya sebagai variasi makanan beberapa hari sekali. Makanan tambahan lainnya adalah madu dan telur puyuh rebus.

Burung kenari, jenis kenari merah, peternak kenari merah, penangkar kenari merah, cara ternak kenari

Burung Kenari Merah

  1. Memandikan dan menjemur Burung Kenari Merah

Anda juga harus memandikan Burung Kenari Merah setiap harinya. Supaya kondisi burung kenari jauh lebih sehat dan terlihat segar. Setelah dimandikan jangan lupa untuk di jemur, sinar matahari pagi sangat bagus dan dapat menyehatkan Burung Kenari. Menjemur Burung Kenari pada pagi hari. Jemur sekitar 1 jam, dan jangan terlalu lama karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Burung Kenari. Atau bisa dilakukan pada sore hari sekitar pukul 15.00, di saat matahari tidak terlalu panas.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Bersihkan kandang setiap harinya, jangan sampai kandang terlalu kotor karena itu bisa mengganggu kesehatan burung kenari dan bisa mendatangkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah faktor penentu berhasilnya memelihara Burung Kenari merah, antara lain:

  1. Usia Burung Kenari Merah

Usia Burung Kenari merupakan penentu berhasil atau tidaknya dalam berternak kenari, usia yang baik dalam memelihara burung ini adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Burung kenari yang sudah siap diternakan memiliki umur minimal 6 bulan untuk burung kenari merah betina dan 8 bulan untuk kenari merah jantan.

  1. Sarana penunjang untuk beternak burung

Penempatan kandang yang baik adalah menempel ke dinding di samping kiri dan kanan kandang ditutup. Kandang ternak ditempatkan di daerah yang bebas dari hewan predator. Untuk menghindari dari gangguan predator sebaiknya di sekeliling kandang diberikan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang terlalu besar bisa dengan diolesi oli. Dalam penempatan kandang di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan predator, namun kadang- kadang hewan pengganggu juga pintar dalam mencari celah.

  1. Jenis kelamin

Sebagai peternak harus mengerti perbedaan antara jantan betina, dalam mengetahui jenis kelamin burung kenari cukup sulit bagi pemula, tetapi para penghobi burung sangat mudah menentukannya cukup dengan melihat postur tubuh burung kenari walaupun terkadang ada burung kenari yang sulit ditentukan jenis kelaminnya.

  1. Proses penjodohan

Jika Anda sudah mempunyai sepasang Burung Kenari merah dengan usia produktif (siap untuk diternakkan) proses selanjutnya adalah proses penjodohan. Proses penjodohan adalah Burung Kenari jantan merah dan Kenari Merah betina di tempatkan pada kandang yang berbeda, namun ditempatkan saling berdekatan. Dengan adanya proses penjodohan Anda akan mengetahui kesiapan Burung Kenari tersebut. Namun apabila belum berjodoh, Burung Kenari merah jantan dan betina bisa berkelahi. Apabila terjadi perkelahian antara keduanya dan salah satu Burung Kenari Merah ada yang kalah dapat di pastikan proses penjodohan akan berlangsung lama lagi, terutama yang mengalami kekalahan adalah burung kenari merah jantan.

Burung kenari, jenis kenari merah, peternak kenari merah, penangkar kenari merah, cara ternak kenari

Burung Kenari Merah

  1. Proses Beternak Burung Kenari Merah

Ciri-ciri Kurung Kenari Merah yang siap jodoh adalah pada saat burung jantan di dekatkan dengan betina kenari jantan akan mengejar burung betina dengan bunyi yang kencang dan burung betina akan menggeparkan sayapnya tanda minta kawin. Pada waktu menjelang tidur Burung Kenari jantan dan betina tidur berdekatan. Jika dalam kandang terdapat sarang beserta isinya, burung betina akan menyusun isi sarang, jika sarang sudah siap biasanya burung kenari merah betina siap ternak. Setelah keduanya terlihat rukun, biasanya di dalam kandang sudah ada bulu bulu halus tanda tidak lama lagi induk akan bertelur. Untuk mempercepat proses bertelur bisa dimasukkan kapas ke dalam sarang.

Kata terkait:

Burung kenari, jenis kenari merah, peternak kenari merah, penangkar kenari merah, cara ternak kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *