Ternak Ayam Kapas yang Menggemaskan

Ternak Ayam Kapas yang Menggemaskan

Ayam Kapas merupakan ayam yang berasal dari Negeri China, Marcopolo memperkenalkan jenis unggas ini ke negara di belahan Eropa. Ayam Kapas memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan jenis ayam yang lainnya, yaitu mempunyai bulu yang tidak melekat antara satu dengan yang lainnya sehingga nampak seperti kapas atau sutra. Keunikan yang lainnya adalah memiliki jari berjumlah lima, sementara ayam yang lainnya berjumlah empat. Jenis kaki ayam kapas ada yang berbulu dan tidak berbulu.

Ayam Kapas memiliki beberapa macam warna, ada yang berwarna putih, cokelat dan hitam. Namun yang paling terkenal adalah ayam kapas putih. Ayam Kapas yang berwarna hitam juga mempunyai warna bulu dan warna daging yang berwarna hitam pula, ayam kapas hitam biasa digunakan untuk membuat sup gingseng yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Namun di Negara Amerika, ayam kapas terdiri dari berbagai macam warna yaitu abu-abu, biru dan lain sebagainya. Warna ini diperoleh dari hasil persilangan.

Ayam Kapas Usia 5 Bulan

Ayam Kapas Usia 5 Bulan

Ayam ini mempunyai jengger seperti bunga mawar. Pialnya cukup besar dan terdiri dari beberapa pial yang bergerigi. Jengger Ayam Kapas ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna biru. Produksi telur ayam kapas juga cukup banyak, ayam ini memang jenis ayam petelur yang cukup produktif, dalam satu tahun ayam ini bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Namun, tidak semua ayam kapas bisa bertelur sebanyak itu, hal itu karena pakan yang diserap oleh tubuh antara satu ayam dengan yang lainnya berbeda.

Dalam memproduksi telur ayam dalam jumlah yang cukup besar ini, Ayam Kapas memang cocok untuk dijadikan sebagai ayam petelur, karena karakter dan bentuk telur sangat mirip dengan ayam kampung. Dalam mengerami telurnya Ayam Kapas membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari. Banyak peternak yang menetaskan telur ayam kampung dengan menggunakan mesin penetas telur dan dalam pemeliharaannya menggunakan box pemanas.

Ayam Kapas Usia 5 Bulan

Ayam Kapas Usia 5 Bulan

Dalam memelihara Ayam Kapas memang sama seperti memelihara ayam pada umumnya. Pemeliharaan ayam kapas bisa dilakukan dengan cara diumbar, di kandang atau di kandang khusus sebagai koleksi ayam hias. Yang perlu Anda ingat adalah kebersihan kandang, karena kandang yang kotor bisa mempengaruhi warna dan kondisi bulu ayam kapas. Kandang yang dibuat harus cukup mendapatkan sinar matahari terutama saat pagi hari. Lebih baik jika kandang yang Anda buat menghadap ke timur sehingga matahari bisa masuk ke dalam kandang agar selalu kering. Jangan lupa berikan fentilasi yang cukup agar kandang tidak lembab dan untuk menjaga kesehatan ayam kapas.

Pakan yang bisa Anda berikan tidak berbeda dengan ayam kampung atau jenis ayam yang lainnya. Pakan yang bisa Anda berikan berupa dedak, voer atau BR1, beras merah, gabah, dan jagung. Untuk anakan ayam kapas bisa Anda berikan voer atau BR1 untuk mempercepat pertumbuhan ayam.

Ayam Kapas Dewasa

Ayam Kapas Dewasa

Karena yang menjadi keindahan pada Ayam Kapas adalah bulunya, memelihara Ayam Kapas harus memperhatikan kebersihan kandang, karena ada sisa kotoran atau makanan yang menempel pada bulu akan mengurangi keindahan bulunya.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kapas, kami menyediakan telur ayam kapas yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagiandayang lebih memilih bibit atau anakan ayam kapas kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kapas juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

Ayam Hias, Ayam Kapas, Ternak Ayam Kapas, Peternak Ayam Kapas, Jual Ayam Kapas, Harga Ayam Kapas, Jual Telur Ayam Kapas, Harga Telur Ayam Kapas 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *