Ternak Ayam Bangkok

Ternak Ayam Bangkok

Ayam Bangkok termasuk salah satu jenis ayam yang cukup akbrab dengan keseharian kita. Dari namanya kita dapat menduga bahwa asal Ayam Bangkok dari kota Bangkok di negara Thailand. Ayam Bangkok termasuk salah satu ayam kampung yang mempunyai perawakan tinggi besar dan mempunyai cakar yang kokoh. Warna dari Ayam Bangkok sendiri ada yang berwarna hitam, merah kehitam-hitaman, wido dan warna jenis lainnya.

Saat ini Ayam Bangkok banyak dikembangkan dan diseleksi untuk mendapatkan keturunan yang bagus. Apalagi sekarang ada jenis  ayam Birma. Ayam Birma sendiri sebenarnya merupakan keturunan Ayam Bangkok asli Thailand dengan ayam asli Myanmar untuk itu disebut ayam Birma. Ada lagi ayam Saigon. Di Indoesia sendiri kini banyak yang menyilangkan ayam Birma dengan Bangkok Lokal. Kini ada ayam Magonthai yang berarti ayam keturunan dari 3 darah yaitu Birma, Saigon dan Muangthai atau Thailand. Untuk ayam Birma sendiri konon telurnya berwarna hijau. Harga ayam jenis ini termasuk tinggi dibandingkan harga ayam kampung biasa.

Ayam Bangkok Dewasa Jantan

Ayam Bangkok Dewasa Jantan

Ayam Bangkok biasanya dijadikan pejantan untuk memperbaiki keturunan. Biasanya dikawinkan dengan ayam kampung biasa, ayam pelung atau ayam jenis lainnya. Hanya sayangnya, ada beberapa orang yang menjadikan Ayam Bangkok sebagai aduan. Makanya mereka menyilangkan dengan jenis ayam lain yang punya keunggulan atau kelebihan agar menghasilkan bibit yang lebih unggul. Cukup menyedihkan, saat Ayam Bangkok yang gagah dan besar akan berlumuran darah akibat diadu dengan ayam jantan Bangkok lainnya. Suatu tindakan yang kurang terpuji. Apalagi mereka juga makhluk ciptaan Allah yang ingin hidup dalam ketenangan. Selain mengadu ayam merupakan tindakan yang tidak terpuji mereka yang suka mengadu ayam juga berhadapan dengan resiko hukum di negara kita ini. Namun hal itu akan tidak sebanding dengan resiko akhiratnya nanti.

Untuk Ayam Bangkok yang kini beredar dimasyarakat, kebanyakan merupakan keturunan yang sudah tidak begitu jelas  dari keturunan keberapa dari Ayam Bangkok asli. Untuk itu bila ingin mendapatkan bibit yang masih murni dari Ayam Bangkok impor dari Thailand, maka kita bisa membeli dari anakan atau indukan yang sudah jadi dari peternak yang khusus memelihara Ayam Bangkok asli.

Ayam Bangkok indukan

Ayam Bangkok yang bagus untuk dijadikan indukan mempunyai ciri sebagai berikut :

  1. Postur tubuhnya tinggi, besar, gagah dan sehat
  2. Pandangan matanya tajam dan bersinar
  3. Bulunya tumbuh dengan sempurna, sayapnya tidak menggantung
  4. Kakinya panjang dan kokoh dengan cakar yang tajam
  5. Jenggernya berwarna merah

Jika kita sudah mempunyai indukan jantan, kita dapat mengawinkan dengan Ayam Bangkok lainnya atau dengan ayam Kampung biasa. Untuk menjaga agar Bangkok yang kita pelihara masih asli maka sebaiknya kita mengawinkan dengan sesama ayam Bangkok.

Untuk kandang indukan bisa dibuat dengan bentuk baterai, bertingkat atau dalam kandang umbaran. Untuk lebih memperbesar peluang telur yang dihasilkan dapat menetas maka sebaiknya dibuatkan dalam kandang kelompok tunggal yang berisi 1 jantan dan 5 ekor betina. Dengan demikian peluang untuk dibuahi semakin besar. Berbeda jika kita meletakkan indukan dalam kandang umbaran besar yang bisa muat sekitar 85 betina dan 15 pejantan, kita agak kesulitan dalam memantau perkawinannya.

Untuk hasil yang lebih bagus bisa juga dibuatkan dalam kandang khusus untuk perkawinan bergilir. Dalam kandang tersebut bisa untuk sepasang ayam indukan. Dalam 3 hari, pejantan dan betina diletakkan dalam satu kandang agar pejantan mau membuahi betina. Setelah berhasil dibuahi, betina dapat diganti dengan yang lain. Demikian seterusnya. Jika dalam 3 hari betina belum dibuahi pejantan, masa perkawinan dapat diperpanjang atau betina tetap diganti dengan yang lain. Namun betina dimasukkan dalam kandang tertentu yang telurnya bisa untuk konsumsi.

Ayam Bangkok Dewasa

Ayam Bangkok Dewasa

Setelah ayam bertelur, maka bisa dierami sendiri oleh indukan, dititipkan pada indukan lain atau bisa juga dengan ditetaskan pada mesin penetas. Untuk lebih memaksimalkan bisa ditetaskan pada mesin penetas agar betina dapat bertelur kembali pada waktu yang tidak lama.

Dalam memilih gabah sebagai pakan Ayam Bangkok kita perlu memperhatikanya. Gabah di rendam dahulu, setelah pilih gadah yang terendam untuk diberikan pada Ayam Bangkok agar bulunya tidak mudah rontok. Gabah mempunyai kandungan vitamin yang lebih kompleks dan kandungan kalsium yang tinggi.

Jagung mempunyai kandungan karbohidrat, fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tulang.

Ayam Bangkok yang kita pelihara dengan memperhatikan nilai gizi dan kebutuhannya akan berbeda jika kita hanya mengumbarkan Ayam Bangkok tanpa memperhatikan pakan dan minuman yang baik untuk mereka. Ternak secara intens memang membutuhkan biaya yang lebih banyak namun hasil yang diperoleh akan lebih meningkat.

Silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak ayam Bangkok, harga ayam Bangkok, jual ayam Bangkok,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *