Tatangan Saat Memelihara Kucing Bagi Peternak Ayam

By | May 26, 2015

Tatangan Saat Memelihara Kucing Bagi Peternak Ayam

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan manusia. Seperti halnya ayam, kucing, ikan, burung atau kelinci hadir ditengah-tengah keluarga manusia. Ia seringkali digendong, dibelai bulu halusnya, dimandikan, bahkan sering diajak nonton televisi atau kegiatan lain dari manusia. Kucing sering dianggap sahabat manusia walau terkadang ia mempunyai tabiat buruk yaitu mencuri makanan yang di simpan majikannya.

Kucing dan ayam

Kucing dan ayam

Kucing mempunyai anatomi yang mirip dengan harimau, sama-sama memiliki kuku yang panjang juga punya naluri menyerang bahkan membunuh hewan yang lain. Meskipun telah diberi makan namun kucing masih menikmati sifat alami mereka yakni dengan berburu. Memang ada beberapa diantaranya kucing mampu menangkap tikus yang berkeliaran di rumah. Jika ingin menerkam biasanya mereka mengendap-endap dan berbaring dari ketinggian sehingga dapat secara diam-diam menerkam buruannya. Namun di balik semua itu, kucing ternyata mudah bersahabat dengan manusia.

Sebenarnya kucing dapat untuk menjadi penjaga, tetapi harus dengan pelatihan yang rutin agar mereka dapat membedakan antara hewan yang dapat mereka buru dengan ayam yang harus mereka jaga. Dalam hal inilah Terkadang naluri pemburu mereka masih menimbulkan masalah. Jika tidak dapat membedakan, jauhkan kandang kucing dengan kandang ayam. Untuk melindungi ayam-ayam anda maka buatlah kandang dengan pagar yang cukup tinggi sehingga sulit dijangkau kucing. Bisa dengan mengusahakan pagar terbuat dari pagar kawat berduri agar mereka kesulitan untuk masuk kandang ayam.

Demikian semoga bermafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *