Mengenal Sejarah Penyebaran Bebek

Mengenal Sejarah Penyebaran Bebek

Bebek yang banyak dikenal merupakan hasil penjinakkan bebek liar (Anas Boscha). Ternak bebek yang banyak dipelihara bisa disebut dengan Anas Domesticus. Namun Bebek Manila yang biasa disebut dengan Enthog atau menthok ini biasa disebut dengan Anas Muscovy.

Di habitat aslinya, Bebek biasa hidup secara berpasangan, tetapi saat sudah jinak sifatnya berubah menjadi suka berganti-ganti pasangan. Kaki bebek relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan tubuhnya, sedangkan jari kaki satu dengan yang lainnya saling berhubungan dengan selaput renang. Meskipun bebek termasuk unggas yang mudah untuk dijinakkan, bebek lebih senang jika hidup dekat dengan air.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bebek merupakan jenis unggas pemakan segala (omnivora) karena sering memakan biji-bijian, umbi-umbian, serangga, dan binatang kecil. Paruhnya yang lebar tertutup selaput yang peka dengan pinggiran paruh yang merupakan plat bertanduk bisa mempermudah bebek dalam mencari makanan di lingkungan tanah sawah, rawa dan sungai.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bebek liar berasal dari Amerika Utara, dalam penyebarannya cukup luas karena bebek dapat hidup di daerah subtropis maupun di daerah tropis. Dengan kelebihannya itu Bebek ini suka bermigrasi. Wilayah penyebarannya sampai ke Afrika Utara dan tidak heran jika sampai di Asia seperti Indonesia dan beberapa negara ASEAN lainnya. Selama hidupnya bebek senang menyimpan telurnya di tempat yang tersembunyi dan meninggalkannya begitu saja.

Bagaimana Penyebaran Bebek di Indonesia ?

Penyebaran Bebek di Indonesia, konon berawal dari orang-orang Hindia ke Pulau Jawa pada abad ke VII. Mereka datang ke Indonesia sebagai pekerja untuk membuat candi Hindu dan Budha. Kebanyakan orang Hindia ini membawa Itik untuk diternak sebagai penghasil telur karena pada zaman itu peranan putih telur cukup efektif untuk bahan perekat batu-batu candi. Jadi putih telur banyak digunakan seperti Portland Cement (PC).

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Potensi Bebek cukup menarik bagi para penduduk pribumi apalagi pemeliharaan Itik cukup mudah, pakan yang bisa diberikan bisa mencari makan sendiri dan bebek lebih tahan penyakit jika dibandingkan dengan jenis unggas lain. Penyebaran bebek sangat pesat dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan bahkan sampai ke Sulawesi.

Dari tahun ke tahun Bebek semakin memasyarakat, khususnya di daerah yang perairannya baik, di dekat rawa, sungai maupun danau. Sampai abad ke 20, perkembangan Bebek di wilayah nusantara hampir merata dan memungkinkan keanekaragaman baik karena pengaruh lingkungan maupun seleksi ilmiah.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

ternak bebek, telur bebek, budidaya bebek, beternak bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, harga anak bebek, cara merawat bebek agar cepat bertelur, vitamin untuk anak itik, kandang dod bebek pedaging, bebek peking, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara ternak bebek, budidaya bebek, beternak bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, itik petelur, harga telur bebek, cara ternak bebek petelur, budidaya bebek petelur, bebek pedaging, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, itik alabio, harga bebek petelur, beternak bebek petelur, kandang bebek petelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *