Saat Hama Tikus Jika Menyerang di Peternakan Kita

By | May 28, 2015

Saat Hama Tikus Jika Menyerang di Peternakan Kita

Dari berbagai jenis hama yang ada disekeliling kita, salah satunya adalah tikus. Tikus termasuk hewan pengerat yang mendapatkan makanan dengan menggali tanah atau menempati ruang dibawah tanah agar terhindar dari predator alami mereka. Hewan berekor panjang ini biasanya hidup bersama manusia, ingin ikut menikmati makanan yang disimpan manusia. Ia jarang terlihat disiang hari namun bila malam tiba ia akan menampakkan diri dengan berkeliling di seluruh penjuru rumah. Ia mempunyai daya penciuman yang sensitif yang dapat mendeteksi keberadaan makanan. Untuk itu anda dianjurkan untuk menyimpan makanan degan benar agar tidak dicuri atau diganggu oleh tikus. Terutama makanan bagi ayam, jauhkan dari jangkauan tikus.

Ayam Batik Kanada Berlari Membawa Tikus

Ayam Batik Kanada Berlari Membawa Tikus

Tikus membawa patogen zoonosis atau penyakit leptospirosis yang diakibatkan dari urine tikus. Penyakit ini bisa berdampak kematian tidak hanya pada sesama hewan tapi juga menyerang manusia. Maka anda disarankan menjaga kebersihan rumah terutama dari serangan tikus yang mematikan. Barang digudang yang tidak lagi digunakan tinggal anda pilih apakah disimpan dengan lebih rapi atau dibuang saja untuk menghindari tikus yang bisa menjadikannya sebagai sarang yang nyaman. Dan itu sekali lagi ancaman yang nyata dari seekor tikus. Usahakan agar tempat makanan dan minuman ayam tidak terkena kotoran tikus.

Untuk mencegah tikus berkembang-biak yakni dengan menutup akses jalan agar tikus tidak dapat masuk ke dalam area rumah atau kandang ayam anda. Singkirkan remah-remah makanan agar tidak mengundang tikus untuk datang mengunjungi rumah anda. Bila tikus tetap masuk, anda bisa memasang perangkap tikus didaerah yang sering dilalui tikus. Biasanya ditempat yang gelap dan sempit. Kandang ayam perlu diberi kawat dengan lubang-lubang kecil dan rapat agar tikus tak dapat masuk. Bila ada tikus yang mati disekitar makanan ayam segera buang agar tidak dikonsumsi oleh ayam. Termasuk makanan yang terkena oleh bangkai tikus tadi.

Segera bersihkan kandang anda dan semprotlah dengan desinfectan agar bersih dari patogen tikus. Usahakan saat kandang dibersihkan ayam anda tidak terkena dari bangkai. Jika memungkinkan pindahlah sementara ke tempat lain. Saat semuanya sudah bersih, ayam anda dapat anda pindahkan ke tempat semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *