Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kenari Yang Kusam

By | September 30, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kenari Yang Kusam

Sebagai penghobi Burung Kenari, sebaiknya melakukan perawatan kepada Burung Kenari harus secara keseluruhan. Tidak hanya melakukan perawatan pokok saja seperti: memberikan makan, minum, memandikan, menjemur dan sebagainya, tetapi harus menjaga kesehatan fisiknya juga. Salah satu yang kurang terawat dari Burung Kenari adalah bulu-bulunya. Kebanyakan Burung Kenari yang tidak terawat memiliki bulu yang kusam. Penyebab bulu burung kenari kusam adalah kekurangan minyak atau lemak.

Keindahan bulu Burung Kenari juga beraneka ragam, apalagi bulunya yang selalu bersih dan berkilau pasti akan membuat burung kenari semakin cantik dan menarik. Pada umumnya warna bulu burung kenari yang cerah dan mengkilap sangat erat hubunganya dengan perawatan yang benar. Pemberian sayuran segar yang banyak mengandung betacarotin di dalamnya membuat bulu burung kenari terlihat mengkilap dan menawan.

Namun, ada juga yang berpendapat apabila burung mempunyai bulu yang kusam itu disebabkan oleh bagian lubang kelenjar minyak yang tertutup oleh kotoran kering atau bekas luka lama yang telah mengering.

Burung kenari, ternak kenari, tips agar bulu kenari bagus, mengatasi bulu kenari rusak, bulu kenari keriting, bulu kenari mengembang, merawat bulu kenari kuning

Bulu Burung Kenari Kusam

Selain bulu Burung Kenari yang kusam disebabkan oleh kekurangan minyak, ada hal lain yang menyebabkan bulu kenari kusam yaitu karena bulu kenari sudah terlanjur rusak. Penyebab bulu burung kenari rusak antara lain:

  1. Saat dimandikan.

Pada saat Burung Kenari dimandikan, waktu bulunya masih sangat basah dan langsung dijemur. Itu salah satu penyebab bulu burung kenari mengeriting dan terlihat kusam.

  1. Pada saat Burung Kenari mabung (perontokan bulu).

Biasanya pada saat burung kenari mabung, ia kekurangan minyak, sehingga meskipun saat ini produksi lemak di kelenjar minyak banyak, sudah tidak bisa menolong kondisi bulu kenari yang telah rusak.

  1. Terlalu sering menggunakan zat kimia/ bahan kimia.

Hal ini dapat merusak zat lilin yang terdapat pada bulu Burung Kenari, yang tidak lain kegunaan zat lilin ini sebagai pelindung.

  1. Proses penjemuran yang terlalu lama.

Penjemuran Burung Kenari memang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan burung. Namun proses penjemuran yang terlalu lama menyebabkan bulu burung kenari menjadi kusam. Waktu ideal untuk menjemur burung kenari adalah jam 07.00 sampai dengan jam 10.00, sebaiknya jangan menjemur burung kenari lebih dari jam 10.00.

Apa yang harus dilakukan agar bulu Burung Kenari mengkilat ?

  1. Pemberian minyak ikan

Dalam merawat Burung Kenari, sebaiknya sesekali diberikan minyak ikan yang telah dicampur ke dalam pakan. Cara pemberianya dengan mencampurkan minyak ikan pada bijian atau sayuran atau telur puyuh rebus. Namun jangan berlebihan, hal ini guna menjaga kondisi bulu burung kenari agar tampak mengkilat dan menawan dan pasti bulunya tidak kusam.

Burung kenari, ternak kenari, tips agar bulu kenari bagus, mengatasi bulu kenari rusak, bulu kenari keriting, bulu kenari mengembang, merawat bulu kenari kuning

Minyak Ikan

  1. Pemberian sayuran hijau

Sayuran hijau sangat penting bagi kesehatan tubuh kenari maupun bulunya. Sayuran yang berwarna hijau mengandung banyak vitamin dan betacarotin yang sangat baik untuk menjaga kecerahan bulu kenari agar makin mulus dan tidak kusam.

sawi-hijau-untuk-burung-kenari

Sawi Hijau

Kata terkait:

Burung kenari, ternak kenari, tips agar bulu kenari bagus, mengatasi bulu kenari rusak, bulu kenari keriting, bulu kenari mengembang, merawat bulu kenari kuning

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *