Penanganan Proses Produksi Telur pada Ayam Petelur

Penanganan Proses Produksi Telur pada Ayam Petelur

Saat memproduksi telur, ayam memang memerlukan penanganan yang baik agar ayam dapat memproduksi telur secara optimal. Penanganan tersebut bisa meliputi tempat, jenis pakan maupun penanganan lainnya yang biasa dibutuhkan bagi ayam.

Ayam petelur memang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Jenis pakan yang diberikan pun memang diarahkan untuk mempercepat produksi telurnya. Dengan hal ini tentunya penanganan yang baik sangat mempengaruhi tingkat produksi yang dihasilkan oleh ayam petelur.

Dahulu telur memang sebenarnya di dapat dari ayam hutan atau itik liar. Kedua jenis unggas ini memang sama-sama dapat memproduksi telur dengan jumlah yang cukup banyak. Sehingga setelah masyarakat mengetahui bahwa kedua unggas ini dapat memproduksi telur dengan cukup banyak, mereka sudah mulai mendomestikkan ayam hutan untuk dibawa keperkampungan dan dipelihara dan dimanfaatkan untuk diambil telurnya.

Ayam petelur yang pertama kali berkembang yaitu ayam white leghorn. Dalam masa pemeliharaannya para peternak biasa memberikan asupan makanan yang dapat mempercepat memproduksi telurnya. Ayam yang diberikan asupan yang baik dalam kurun waktu 6 bulan ayam petelur sudah dapat memproduksi telurnya.

Ayam Petelur

Ayam Petelur

Berikut tindakan ketika ayam sedang masa produksi telur.

  1. Hen Day Production

Dalam pengambilan telur paling tepat yaitu dilakukan dua kali sehari yaitu pada waktu siang dan sore. Setelah semua telur terkumpul ukur berdasarkan besar dan keadannya hal ini bertujuan untuk mengumpulkan telur dalam sekelompok ayam pada umur tertentu

  1. Hen House Production

Dengan metode ini jumlah telur akan diukur pada awal masa produksi

Berikut cara penanganannya

Pada saat produksi telur, sebaiknya ayam segera diambil hal ini untuk menghindari ayam mematuk telurnya, sehingga telur akan retak dan lama kelamaan kemungkinan mikroba akan masuk kedalam telur. Penanganan telur meliputi, pengambilan telur, seleksi telur, pengumpulan telur dan fumigasi telur. Penanganan produksi telur berfungsi untuk meningkatkan produksi telur.

Berat telur ternak dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya

  • Sifat genetik atau keturunan
  • Kematangan kelamin
  • Umur ayam
  • Obat-obatan yang diberikan sehari-hari

Dan yang paling sangat berpengaruh pada produktivitas ayam petelur yaitu makanan sehari-hari yang diberikan para peternak untuk ayam petelur. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan produktivitas yang tinggi, biasanya pemberian pakan yang mengandung protein yang tinggi akan mempercepat proses produksi telur.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super, di jualayamhias.com kami menyediakan DOC ayam kampung super, jika menginginka ayam lain, kami juga menyediakan ayam hias baik anakan maupun indukan. Lihat Daftar Harga di jualayamhias.com dan hubungi sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Petelur, Produksi Telur, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *