Pemilihan Bibit Bebek yang Baik untuk Dijadikan Bibit yang Unggul

Pemilihan Bibit Bebek yang Baik Untuk Dijadikan Bibit yang Unggul

Pembibitan Bebek dalam usaha pengembangbiakkan merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung usaha peternakan bebek secara intensif. Beberapa jenis bebek yang sudah berhasil diternakkan seperti jenis bebek petelur seperti bebek tegal, alabio, hibrida dan bebek bali. Memang seiring berjalannya waktu banyak peternak yang menyilangkan jenis bebek sehingga muncul spesies bebek yang baru. Mengenai harga bebek petelur maupun harga bebek pedaging untuk sekarang ini memang relatif stabil. Dalam penjualan bibit bebek memang harga jual bebek peking lebih unggul di bandingkan dengan harga jual bibit bebek hibrida maupun bibit bebek lokal mojosari misalnya.

Bagaimana proses seleksi bibit Bebek ?

Sebaiknya untuk memperoleh bibit bebek yang bagus haruslah diseleksi terlebih dahulu agar memperoleh keturunan bebek yang mempunyai karakteristik ekonomi yang tinggi.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Terdapat dua cara untuk menyeleksi bebek yang akan dijadikan bibit Bebek, antara lain :

  • Seleksi Visual

Seleksi visual adalah seleksi berdasarkan pengalaman dan mitos yang dilakukan peternak di daerah Bali, yaitu bebek bali berbulu sumi yang secara umum dikenal sebagai jenis bebek bali produktif.

  • Seleksi Pemantauan Intensif

Seleksi dengan sistem ini dilakukan dengan pengamatan yang terus menerus, sistematis yang diikuti dengan pencatatan, menyangkut tingkah laku maupun uji sampel produktivitas sehingga diperoleh data. Dan pada akhirnya data tersebut disimpulkan karakteristiknya. Secara umum seleksi ini menyangkut daya tahan tubuh bebek, produktivitas, pemberian pakan dan minum.

Pada dasarnya banyak peternak yang memilih penyeleksian dengan cara yang kedua, karena cara ini ditujukan karakteristik terhadap objek dan bisa dipertanggungjawabkan. Secara garis besar bibit yang diharapkan jadi bibit yang baik adalah bebek yang mempunyai sejarah yang baik juga.

Bagaimana Ciri bebek yang baik untuk dijadikan bibit yang produktif ?

1. Untuk bibit jantan

  • Bebek pejantan sifatnya agak liar dan sangat peka, tetapi mudah terkejut.

  • Berat bebek pejantan muda yang baru berusia 20 minggu adalah 1,6 kg dan 1,8 kg pada usia 40 minggu.

  • Seleksi bebek pejantan haruslah ketat, karena sifat dan penyebarannya lebih luas jika dibandingkan dengan betina.

  • Pertumbuhan penis pejantan haruslah sempurna, cepat menonjol dari kloaka apabila diperiksa tulang panggulnya.

  • Sifat birahi harus mendapat perhatian utama, karena bebek yang cepat mencapai kematangan dan dapat memberi tunas yang baik adalah pejantan yang mempunyai ciri suka mengawini.

DOD Bebek Hibrida

DOD Bebek Hibrida

2. Untuk bibit betina

  • Bebek betina mempunyai sifat mudah terkejut, liar dan sangat peka.

  • Bebek betina yang masih muda dan berumur 20 minggu memiliki berat 1,4 kg dan pada usia 40 minggu memiliki berat 1,6 kg.

  • Bebek betina harus memiliki kaki yang kuat, lincah dan sayap yang mengatup simetris rapat pada tubuh.

  • Bebek memiliki tulang pelvis yang cukup besar.

  • Bebek betina mempunyai kepala yang bersih, segar dan mempunyai ukuran badan normal.

  • Bebek harus cepat dewasa kelamin, tetapi mempunyai sifat agak sulit untuk dikawini bebek pejantan.

  • Bebek betina yang produktif memiliki perut yang tidak menyentuh tanah, melainkan sejajar.

Dari hasil persilangan Bebek diharapkan menghasilkan telur tetas yang baik dilakukan pada bebek yang berusia 32-60 minggu. Bebek jantan yang disilangkan sebaiknya memiliki usia yang relatif lebih tua, sekurang-kurangnya lebih tua 8 minggu jika dibandingkan dengan bebek betina.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

 

Dalam medapatkan bibit bebek unggul tidak lepas kiranya dari hal pakan bebek itu sendiri. Anda bisa membaca pembahasan kami perihal pakan bebek di artikel tentang:
3 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Dalam Membuat Pakan Bebek

Kami sebagai penjual bibit bebek senantiasa terus berusaha agar menjaga kualitas produksi bibit bebek yang kami produksi hal ini tidak lepas dari ke inginan kita sebagai penjual dan peternak untuk sukses dalam beternak bebek. Dalam hal ini memang di perlukan analisis usaha ternak bebek petelur maupun pedaging secara lengkap.

Setiap peternak memang memiliki cara ternak bebek potong maupun bebek petelur agar cepat besar. Maka sudah saatnya Anda mencoba bereksperimen dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang mudah Anda temukan di lingkungan terdekat Anda.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

harga bibit itik petelur, jual bibit bebek peking jawa timur, jual bibit bebek peking, jual bibit bebek peking di jawa barat, jual bibit bebek petelur, jual bibit bebek, sukses beternak bebek, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, cara ternak bebek potong agar cepat besar, bebek peking, ternak bebek peking, ternak bebek petelur, kandang bebek petelur 

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Summary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *