Pembuatan Pakan Bebek dengan Mudah

Pembuatan Pakan Bebek dengan Mudah

Bebek merupakan salah satu unggas yang berasal dari Amerika. Bebek umumnya merupakan burung akuatik yang sebagian besar berukuran kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek yang dapat ditemukan di perairan air tawar maupun air laut.

Dalam memelihara bebek yang penting dalam pemeliharaannya adalah pemberian pakan. Pakan merupakan elemen yang sangat penting dalam usaha beternak bebek pedaging karena hampir dari 70%, modal digunakan untuk pakan. Untuk itu sebelum Anda memulai beternak bebek sebaiknya mengetahui pemberian pakan yang sesuai untuk diberikan.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bagaimana pemberian pakan Bebek yang baik ?

Pemberian pakan dibagi menjadi 3 fase, yaitu fase starter, fase glower dan fase finisher.

  • Fase Starter (1-14 hari)

Pakan Bebek saat masa starter haruslah memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan kebutuhan anakan sehingga dapat mempercepat pertumbuhan bebek, perkembangan sistem kekebalan dan saluran pencernaannya. Namun pakan yang mengandung banyak energi akan menimbulkan timbunan lemak sehingga pertumbuhan bebek menjadi kurang baik.

Kebutuhan gizi bebek untuk masa starter mengandung energi 2900 kkal/kg, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B dan vitamin K yang biasanya terkandung dalam pakan buatan pabrik seperti voer dan konsentrat. Dalam pemberian pakannya bisa dibagi menjadi 2 tahap yaitu pagi hari sebesar 40% dan sore hari sebanyak 60%.

Sejak Bebek berumur satu hari, bebek akan mengonsumsi pakan sebanyak 30 gram setiap harinya. Untuk perubahan pakan di setiap minggunya, peternak perlu melakukan penambahan pakan sesuai dengan standar pakan di minggu berikutnya. Hal ini dikarenakan setiap bebek bertambah besar tentu perlu adanya tambahan pakan, pakan tambahan bisa diberikan 6 gram per ekor per hari.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

  • Fase Glower (15-35 hari)

Kebutuhan pakan bebek dalam masa glower ini menurun jika dibandingkan dengan fase starter. Hal ini dikarenakan pada masa ini bebek membutuhkan energi yang cukup besar hal ini dimaksudkan untuk menambah bobot bebek.

Pakan yang bisa diberikan sebaiknya mengandung energi metabolisme sebesar 2900-3200 kkal/kg, kalsium, fosfor, vitamin B, vitamin A dan vitamin K. Pakan yang bisa Anda berikan berupa konsentrat dengan diberikan pakan campuran seperti dedak, onggok, ampas tahu dan lain sebagainya. Untuk menekan biaya pakan bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan ketersediaan pakan disekitar lingkungan Anda.

  • Fase Finisher (16-60 hari)

Kebutuhan Bebek pada fase finisher agar menurun jika dibandingkan dengan fase glower. Namun kebutuhan akan mineral dan vitamin jauh lebih besar, hal ini dikarenakan untuk menjaga kesehatan bebek agar tetap baik. Pakan yang bisa diberikan sebaiknya mengandung energi metabolisme 2900 kkal/kg, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin K dan vitamin B.

Kebutuhan pakan pada fase ini semakin divariasi. Hal ini dikarenakan Bebek dikenalkan dengan pakan hasil formulasi sendiri dan menghilangkan sama sekali pakan konsentrat. Pakan Bebek bisa Anda berikan enceng gondok, keong, ampas tahu, onggok, bekatul, dedak, ikan runcah dan lain sebagainya.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

cara membuat pakan bebek petelur, cara membuat pakan bebek pedaging, pakan bebek murah, pakan alternatif bebek pedaging, pakan bebek petelur yang murah, pakan bebek pedaging agar cepat besar, pakan bebek petelur alami, pakan bebek petelur kering, bebek peking, ternak bebek peking, ternak bebek peking, kandang bebek petelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

One thought on “Pembuatan Pakan Bebek dengan Mudah

  1. Pingback: Ternak Bebek : Bebek yang Potensial Dijadikan Ternak Bebek Pedaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *