Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

Bibit Bebek Hibrida Pedaging

Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

Bila kita ingin memelihara bebek petelur, maka ada beberapa tahapan mulai dari pemilihan anakan umur sehari, perawatan, pembesaran, kandang yang digunakan, pakan dan minuman dan pemasaran pasca panen. Perawatan yang optimal agar bebek mempunyai pertumbuhan yang baik sehingga dapat menghasilkan seperti yang kita harapkan. Bibit bebek yang digunakan untuk petelur tentu menggunakan bebek betina. Kita bisa meminta ke peternak agar mempersiapkan bibit bebek betina yang akan digunakan sebagai bebek petelur.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bagaimana merawat DOD yang baru datang ke kandang?

Bibit bebek yang baru menetas, masih mempunyai cadangan makanan dalam tubuhnya selama sehari. Bibit yang kita sebut DOD (Day of Duck) setelah melewati satu hari harus mendapatkan perawatan yang ekstra karena rentan terkena penyakit. Setelah DOD sampai dikandang, istirahatkan sejenak sekitar 30 menit untuk memberikan kesempatan DOD menyesuaikan diri. Setelah beristirahat sejenak, kita bisa memberikan minuman yang diberi air gula jawa. Baru kita dapat memberikan pakan untuk DOD tersebut.

Kandang untuk DOD

kandang untuk DOD bisa terbuat dari boks. Diusahakan kandang tertutup dari hembusan angin kencang. Di dalam boks tersebut kita letakkan beberapa tempat pakan dan minum. Hal tersebut untuk mengantisipasi berkumpulnya anak bebek dalam satu tempat karena bisa mengakibatkan anak bebek berebut makanan. Perlu diingat bahwa kita mempersiapkan minum dalam jumlah cukup agar anak bebek tidak tercebur ke dalam tempat minuman yang bisa mengakibatkan kedinginan bahkan kematian.

Contoh kandang DOD bebek

Contoh kandang DOD bebek

Untuk penghangat kandang bisa diletakkan lampu bohlam yang disesuaikan dengan suhu ruangan. Bila anak bebek terlihat mengumpul dalam satu tempat maka ada indikasi kedinginan, maka perlu bohlam yang lebih panas. Bila anak bebek menjauh dari lampu maka kemungkinan anak bebek kepanasan, kita bisa menjauhkan sedikit posisi bohlam agar anak bebek menjadi nyaman.

Setelah anak bebek berumur 21 hari, kita perlu memindahkan ke kandang yang lebih besar. Kandang yang sesuai adalah kandang ren yang mempunyai penyekat yang bisa dibongkar pasang. Pada umur 2 bulan penyekat sudah dapat dilepaskan dan bebek mulai diumbar dikandang yang lebih besar. Saat berumur 3 bulan bebek dapat diumbar keluar kandang. Saat itu tubuh bebek sudah cukup kuat berjalan mencari makan sendiri. Sebulan kemudian, bebek dikembalikan ke kandang untuk pembesaran dan persiapan memasuki masa bertelur.

Bebek dara dan bebek dewasa

Pemeliharaan dan perawatan masa remaja pada saat persiapan menjelang masa bertelur merupakan fase yang penting. Masa tersebut dikenal dengan maes. Masa maes bermula saat belajar bertelur pertama kali hingga menjelang gugur bulu yang pertama. Pada umur 5,5- 6 bulan, bebek mulai belajar bertelur. Masing-masing bebek mempunyai perbedaan dalam memulai masa bertelur. Pada awalnya produksi telur belum stabil. Dari 100 ekor bebek, hanya sekitar 30 butir telur per hari yang dihasilkan. Sebulan kemudian, produksi telur mengalami peningkatan. Dari 100 ekor bebek dapat berproduksi 50-60 butir per hari.

Telur DOD Bebek

Telur DOD Bebek

Menjelang gugur bulu yang pertama, kita bisa mulai menyeleksi bebek yang dapat dipergunakan untuk petelur. Bebek yang belum pernah bertelur sampai gugur bulu yang pertama dapat disingkirkan dan dapat dijadikan pedaging atau dijual sebagai afkir. Bebek yang memenuhi syarat lah yang kita jadikan petelur.

Pada saat bebek berumur 10-12 bulan maka produktivitas telur akan menurun. Hal tersebut sebagai tanda bebek akan mengalami masa gugur bulu tahap pertama. Setiap bebek tidak bersamaan mengalami kerontokan bulu. Bila kita ingin bebek yang kita miliki bersamaan rontok bulunya maka pada saat bebek berumur 10 bulan perlu dipuasakan selama 3 hari. Selama 3 hari tersebut bebek hanya diberi minuman hingga bebek menjadi lemas dan bulunya mulai rontok. Setelah hari ke-4 barulah bebek diberi pakan sedikit demi sedikit. Jatah yang diberikan hanya ¼ dari porsi yang biasa diberikan. Hari ke-5 pemberian ½ porsi, hari ke-6 sebanyak ¾ porsi dan hari ke-7 barulah sesuai porsi yang sesungguhnya. Bebek mulai gemuk kembali dan bulunya serentak rontok.

Untuk selanjutnya pakan ditambah dengan karbohidrat sedikit demi sedikit. Contoh karbohidrat adalah nasi kering, gabah dan jagung. Sekitar 3 minggu kemudian bebek ada yang mulai bertelur. Pada hari ke-28 produksi telur mulai stabil berkisar 80-90% dari populasi. Dengan perlakuan puasa tersebut akan mempercepat masa bertelur kembali. Jika tidak maka bebek bisa bertelur kembali dalam jangka 3 bulan lagi.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Demikian cara memelihara bebek petelur mulai dari DOD hingga masa bertelur bebek. Hal tersebut patut diketahui agar produktivitas telur dapat meningkat.

Bagi anda yang ingin beternak bebek, kami menyediakan DOD bebek Peking, bebek Hibrida, bebek lokal jantan, DOD lokal betina Campbell dan DOD lokasl betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk pemesanan hunungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:

Budidaya bebek peking, cara beternak bebek petelur, ukuran kandang bebek pedaging, ciri-ciri bebek yang bisa dijadikan indukan, pakan bebek petelur, tempat membeli bibit bebek petelur, ternak bebek petelur modern, beternak itik petelur, bibit bebek petelur unggul, budidaya ternak bebek petelur, pakan itik petelur, cara merawat bebek petelur, usaha bebek petelur, takaran pakan bebek petelur, budi daya itik petelur, makanan bebek petelur

*Hasti Nurchayati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
DOD atau Bbit Bebek

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: