Peluang Wirausaha Ternak Bebek untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat

Peluang Wirausaha Ternak Bebek untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat

Peluang dalam beternak Bebek memang dirasa cukup baik. Dari berwirausaha bebek dapat dihasilkan aneka produk yang mempunyai pemasaran dan manfaat yang cukup banyak bagi masyarakat. Dari beternak Bebek produksi utama yang diperoleh adalah daging dan telur. Sedangkan produksi hasil sekunder dapat berupa bulu dan kotoran.

Ternak Bebek mempunyai manfaat bagi manusia dan alam. Antara lain, usaha ekonomi rakyat mandiri, mendapatkan telur konsumsi, daging dan dapat membibitkan ternak Bebek sekaligus mencerdaskan bangsa melalui penyediaan gizi masyarakat.

Bebek Peking

Bebek Peking

Dari keragaman peluang dan prospek beternak Bebek, baik untuk tujuan produksi maupun sekunder dapat di dikategorikan sebagai berikut :

  • Telur

Kebutuhan telur di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun sesuai dengan kemajuan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan penduduk. Dalam setahunnya Indonesia membutuhkan minimal 395.000 ton telur bebek. Telur bebek dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti pembuatan kue atau roti dan telur asin.

  • Daging

Konsumsi daging Bebek juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mengingat tekstur daging yang lebih lembut, gurih dan padat. Kandungan gizi daging Bebek pun cukup tinggi. Berbagai macam olahan seperti bebek goreng, bebek bakar, sate bebek, bebek rebus dan berbagai macam olahan lainnya sangat populer di lingkungan etnis China. Olahan daging bebek juga banyak dijumpai di rumah makan, catering dan restoran di Indonesia.

Karkas bebek mencapai 76% dengan warna daging yang agak gelap dan beraroma manis. Warna gelap pada daging bebek berasal dari penimbunan lemak pada permukaan daging. Kandungan protein yang terdapat pada daging bebek juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

  • Bibit DOD Bebek

Pangsa pasar DOD Bebek cukup besar dalam rangka memenuhi permintaan para peternak. Setiap dua tahun dibutuhkan sekitar 34 juta ekor bibit bebek betina untuk peremajaan. Selain DOD betina, peluang bisnis DOD jantan juga dibutuhkan dalam usaha pengembangan ternak bebek pedaging atau penghasil daging.

Setiap tahun, Indonesia membutuhkan 11.000 ton daging bebek. Apabila karkas mencapai 76%, maka untuk memenuhi kebutuhan daging bebek diperlukan sekitar 14 juta ekor bebek siap konsumsi. Hal ini tentu membuka peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi para peternak bebek.

  • Bulu

Bulu banyak diminati oleh eksportir untuk dijadikan komuditas ekspor. Bulu Bebek banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain sebagai bahan baku pembuatan shuttlecock, perhiasan, bahan pengisi perlengakapan hidup dan lain sebagainya.

Permintaan bulu Bebek dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Selain bulu bebek banyak kegunaannya, bulu bebek juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Agrobisnis bulu bebek mempunyai prospek yang baik dalam menunjang agroindustri pedesaan.

DOD Bebek Peking

DOD Bebek Peking

Bagaimana Penggolongan Bulu Bebek ?

  • Penggolongan bulu bebek berdasarkan bentuk, ukuran dan kelembutannya, dapat dibagi menjadi :

  • Bulu keras : Bulu yang mempunyai tangkai yang keras, panjang dengan mahkota bulu yang lebar. Bulu ini dapat digunakan untuk pembuatan Shuttlecock.

  • Bulu Sadel atau bulu lawi : Bulu ini mempunyai tangkai yang keras dan panjang dengan mahkota bulu lebih sempit jika dibandingkan dengan bulu yang keras.

  • Bulu Separuh kapas : Bulu ini terdapat di badan bebek dan separuh dari bawah yang mempunyai bulu kapas dan separuhnya lagi merupakan mahkota bulu.

  • Bulu kapas : bulu seluruhnya merupakan bulu kapas dan mempunyai tangkai yang keras.

Pada umumnya para pengumpul bulu secara keseluruhan dari para pemotong ternak Bebek yang tersebar di pedesaan atau di pinggiran kota. Kemudian para pengumpul menjual kembali bulunya ke industri pengolahan bulu atau eksportir.

  • Kotoran

Hasil sekunder ternak Bebek berupa kotoran dan dapat dijadikan pupuk organik. Kotoran bebek mengandung 57% air dan 26% bahan organik. Seekor Bebek dapat dapat menghasilkan kotoran sekitar 50 gram per hari. Sehingga selama 3 bulan pemeliharaan dapat dihasilkan 4,5 kg kotoran bebek. Apabila memelihara 100 ekor bebek, maka selama 3 bulan akan menghasilkan 450 kg kotoran bebek.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

modal usaha ternak bebek, cara sukses ternak bebek, kemitraan ternak bebek, cara ternak bebek, cara ternak bebek peking, modal awal usaha ternak bebek petelur, pelatihan ternak bebek, cara beternak bebek pedaging, ternak bebek peking, cara beternak bebek petelur, ternak bebek pedaging, ternak bebek, peluang usaha ternak bebek, cara beternak bebek petelur tanpa air, beternak bebek, ternak bebek petelur, ternak bebek sukses, sukses beternak bebek, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, cara ternak bebek potong agar cepat besar, usaha ternak bebek

*Linda Rahmawati Choiriyah*

One thought on “Peluang Wirausaha Ternak Bebek untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat

  1. Pingback: Jenis Kandang Bebek yang Cocok Untuk Ternak Bebek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *