Cara Mudah Mempersiapkan Pakan dalam Ternak Ayam Kampung Super

By | May 4, 2018

Cara Mudah Mempersiapkan Pakan dalam Ternak Ayam Kampung Super

Pakan bagi kehidupan ayam sangatlah penting. Begitu juga dengan ayam jawa kampung super atau ayam joper, pakan menjadi kebutuhan pokok bagi kelangsungan hidupnya. Fungsi pakan sendiri agar dapat memenuhi kebutuhan pokok untuk hidup, membentuk sel-sel jaringan dan jaringan tubuh sehingga dapat menggantikan bagian-bagian yang rusak disamping itu pakan juga diperlukan untuk berproduksi.

Pakan merupakan kebutuhan yang harus selalu disediakan oleh peternak, pakan juga termasuk biaya terbesar dalam beternak, namun jika kita bisa mensiasatinya maka kita akan mengurangi biaya pengeluaran. Dalam berternak ayam kampung super kita bisa menyusun menggunakan pakan yang memiliki nutrisi tetapi harganya tidak terlalu mahal. Kita juga harus mengetahui penyusunan pakan yang tidak meninggalkan kebutuhan energi, protein dan asam amino sebagai sumber nutrisinya.

Ayam kampung super atau Ayam Joper (Ayam Jawa Super) adalah sebutan yang biasa digunakan untuk ayam kampung super. Dalam pemeliharaannya ayam joper juga sama dengan ayam kampung super. Pemberian pakan harus sesuai dengan umurnya. dalam mempersiapkan pakan dibagi menjadi beberapa tahap.

Ayam Jawa Super

Ayam Jawa Super

Ada berapa tahap dalam mempersiapkan pakannya?

Berikut ada 3 tahap dalam mempersiapkan pakan ayam kampung super

  1. Pada masa DOC Ayam Kampung Super

Pakan yang diberikan full konsentrat sampai umur 7 hari, setelah umur 7 hari pakan dicampur dengan sedikit air. Pada saat ayam berumur dua minggu berikan tambahan dapat berupa dedak maupun bungkil kedelai. Jenis pakan ini diberikan sampai umur 5 minggu

  1. Pada masa grower ( pertumbuhan)

Pada masa grower yaitu pada saat berumur 5 minggu sampai 6 minggu ayam sudah mulai membutuhkan protein. Protein sendiri bisa berasal dari konsentrat maupun dedak. Selain itu juga dari hewan seperti ikan-ikan kecil, dan berikan pakan tambahan dari sayur-sayuran seperti kangkung atau juga bisa dari kacang giling.

  1. Pada masa finisher

Masa finisher yaitu masa akhir dalam pemeliharaannya, pada fase ini ayam akan siap dipanen. Masa akhir yaitu saat ayam berumur 6-12 minggu. pakan seperti dedak, bekatul dan jenis pakan yang mengandung protein lainnya masih terus diberikan sampai berumur 12 minggu hal ini bertujuan untuk meningkatkan berat badannya. Pada usia 12 minggu, ayam sudah dapat dipanen hasilnya, Daging ayam joper atau ayam kampung super ini bisa dipasarkan. Terkadang karena banyak permintaan pasar usia ayam yang belum mencapai 12 minggu pun sudah dibutuhkan.

Namun bila Anda ingin lebih praktis dalam pemeliharaan ayam kampung super atau ayam joper ini, Anda bisa menggunakan ful BR atau voer dari masa starter, grower sampai finisher. Memang dalam segi harga kadang bisa  lebih mahal tapi inilah dunia peternakan ayam kampung super tantangan bereksperimen sangatlah di perlukan. Kemudian setelah itu Anda bisa menemukan formula yang tepat untuk racikan pakan ayam kampung super Anda.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia

Jika anda menginginkan bibit atau DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super dan kami mampu mengirimkan bibit atau DOC ayam kampung super ini ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

Ayam Kampung, Ayam Kampung Super, Ayam Joper, Ayam Kampung Super, DOC Ayam Kampung Super, Jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Kampung Super

One thought on “Cara Mudah Mempersiapkan Pakan dalam Ternak Ayam Kampung Super

  1. Pingback: Pakan Ternak Ayam Kampung Super yang Mudah dan Efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *