3 Tips Merawat Kenari Agar Cepat Bunyi Seusai Mabung

By | September 5, 2016

3 Tips Merawat Kenari Agar Cepat Bunyi Seusai Mabung

Fase mabung memang umum dialami oleh Burung Kenari pada saat usia tertentu. Proses mabung biasanya terjadi tidak hanya satu kali saja yaitu pada saat usia 3-4 bulan, 5-6 bulan dan 9-10 bulan. Dimana pada saat mabung akan mengalami beberapa hal seperti nafsu makan berkurang, bulu rontok, Kenari Jantan tidak berkicau, bahkan Kenari jantan dan betina sampai hilang birahinya.

Pada saat mabung memang performa Burung Kenari menurun, karena Kenari akan membutuhkan lebih banyak energi untuk pembentukan bulu barunya. Memang proses mabung ini nantinya akan menghasilkan bulu yang baru yang lebih kuat serta mengkilap. Namun perawatan saat mabung perlu kita perhatikan untuk mengantisipasi terjadinya beberapa hal yang bisa terjadi seperti proses mabung yang lama, terlambat berkicau dan terlalu gemuk. Burung Kenari yang berbadan gemuk akan mengurangi daya tarik baik bagi Kenari jantan maupun betina pada saat penjodohan.

Burung Kenari tubuhnya yang mungil serta memiliki suara kicau yang merdu, memang sangat disayangkan bila seusai mabung Kenari terlambat bunyi hal ini tentu mengurangi keindahan yang dimiliki oleh Burung Kenari. maka dari itu perawatan yang benar perlu dilakukan agar kondisi tubuh dan stamina kembali normal sehingga Burung Kenari dapat beraktifitas kembali dan dapat berkicau kembali.

Burung Kenari

Burung Kenari

Bagaimana cara merawat Burung Kenari agar cepat bunyi seusai mabung?

Berikut 3 tips untuk merawat Kenari agar cepat bunyi seusai mabung

          Pertama

Memeriksa kondisi Burung Kenari, jika sudah tidak mabung lagi bisa dilakukan dilakukan perawatan seperti sediakala. Burung Kenari yang sudah selesai mabung memiliki tanda-tanda yaitu bulu sudah mulai tumbuh lebat dengan warna yang bagus. Kenari yang sudah selesai mabung segera dipulihkan kembali staminanya dengan cara memberikan jenis pakan yang berprotein tinggi diantaranya kroto, ulat hongkong dan beberapa extra fooding lainnya.

         Kedua

Pada saat mabung pemberian extra fooding dikurangi hal ini bertujuan agar tidak naik birahinya. Saat sudah selesai mabung pemberian Extra Fooding dikembalikan seperti semula. Mulai menjemur Kenari pada pagi hari, pembersihan kandang secara rutin. Apabila kondisi tubuhnya masih terlihat lesu pemberian multivitamin dan memperbanyak Extra Fooding pada minggu-minggu awal untuk meningkatkan staminanya.

       Ketiga

Perawatan ketiga yaitu memaster Burung Kenari, caranya sama saja dengan pemasteran Kenari pada umumnya. Kenari yang di master ditempatkan kedalam sangkar dengan dikerodong. kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan sampai Burung Kenari mengeluarkan suara kicaunya yang gacor. Dalam pemulihan staminanya setiap Kenari berbeda-beda maka perawatan ini perlu dilakukan secara sabar dan telaten.

Burung Kenari yang sedang mabung memang aktifitas yang dilakukan berbeda dibandingkan saat keadaan normal. Maka dari itu perlu adanya perawatan pada saat mabung, begitu seusai mabung biasanya stamina Burung Kenari masih belum stabil yang mengakibatkan terlambatnya Kenari berkicau. Saat seusai mabung sebaiknya segera berikan perawatan seperti semula dengan memperbanyak extra fooding pada minggu-minggu awal dan multivitamin agar stamina Kenari kembali pulih sehingga dapat berkicau kembali.

Burung Kenari

Burung Kenari

Kata Terkait: Burung Kenari, Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari, Jenis Kenari, Harga Kenari, Jual Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *