Mengenal Sejarah Ayam Pelung yang Memilki Suara Unik Asli Indonesia

By | May 25, 2017

Mengenal Sejarah Ayam Pelung yang Memilki Suara Unik Asli Indonesia

Ayam Pelung merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang memiliki ciri khas suara kokoknya yang panjang mengalun. Suara ayam pelung memang terdengar beda lain dari pada ayam pada umumnya. Ayam Pelung termasuk ayam khas yang berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat yang masih cukup langka dan masih cukup banyak yang memeliharanya sebagai hewan kelangenan atau hewan kesayangan. Konon ayam ini sudah ada lebih dari satu abad. Harga ayam pelung asli sendiri sebenarnya relatif terjangkau semua kalangan. Walaupun begitu memang ada ayam pelung kelas kontes yang memiliki harga cukup tinggi bahkan harga ayam pelung kelas kontes atau ayam pelung juara ini bisa menyentuh harga hingga puluhan juta rupiah.

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Dahulu Ayam Pelung Cianjur ini biasa dipelihara oleh kalangan tertentu saja seperti para ajengan, orang-orang kaya, juragan besar atau pejabat. Ayam Pelung jago yang memiliki suara yang bagus akan diberikan kandang yang istimewa atau yang disebut dengan “Kandang Ajeng”. Kandang ayam pelung tersebut berbentuk seperti rumah yang ukurannya bervariasi dibangun tinggi dan berkaki dengan tinggi 1,5-2m dari permukaan tanah. Kandang ajeng ditempatkan di depan atau di pojok-pojok rumah. Tujuan didirikan Kandang Ajeng yang tinggi adalah agar saat berkokok suaranya dapat terdengar jelas dan menggema jauh kemana-mana.

Ayam Pelung Indukan Sepasang Pesanan Bapak Averos di Riau

Ayam Pelung Indukan Sepasang

Menurut cerita, Ayam Pelung pertama kali ditemukan pada tahun 1850 di Desa Bumikasih, Jambu Dipa dan Tegal Lega di Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Sebagian besar ternak ayam pelung ini dipelihara oleh masyarakat sebagai hobi saja karena suaranya yang memang khas. Pada tahun 1994 populasi sejumlah 5-6 ribu ekor dan berkembang pada tahun 2003 menjadi 40 ribu ekor.

Ayam Pelung Umur 1 Bulan

Menurut beberapa warga masyarakat Cianjur Ayam Pelung diperoleh dari seorang tokoh yang bernama Bapak Haji Bustomi (almarhum) atau Guru Karta yang berasal dari Kampung Cicariang, Desa Jambudipa, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang mana menceritakan bahwa Ayam Pelung sudah dipelihara dan dikembangkan sejak tahun 1850 oleh seorang Kiai H. Djarkasih atau Mama Acih penduduk asli dari Desa Bumikasih Kecamatan Warung Kondang menemukan seorang anak ayam yang jantan, besar dan berbulu trundul atau bulunya jarang-jarang. Kemudian ayam ini dipelihara hingga tumbuh besar menghasilkan suara kokok yang bagus sehingga banyak dikagumi. Karena suara kokoknya tersebut ayam ini diberi nama Ayam Pelung.

Nama Pelung berasal dari bahasa Sunda yaitu incing yang memiliki arti “melengkung”. Semenjak itu ayam ini terus berkembang tidak hanya didaerah asalnya saja tetapi tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Perputaran ekonomi pun juga terjadi cukup bagus dalam jual beli ayam pelung di beberapa wilayah karena munculnya penawaran dan permintaan dari peternak ayam pelung serta penghobi ayam pelung.

Saat ini Ayam Pelung memang sebagian besar dipelihara oleh para penghobi ayam hias dan pemeliharaannya pun dilakukan secara intensif. Untuk mempertahankan keaslian Ayam Pelung Cianjur, maka pada tahun 1978 Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur mencanangkan untuk mengadakan kontes suara Ayam Pelung pada saat hari jadi kota Cianjur yaitu pada tanggal 12 juli disetiap tahunnya.

Kontes Ayam Pelung

Kontes Ayam Pelung

Dalam kontes tersebut Ayam Pelung akan dinilai dari postur tubuh dan suara kokoknya. Ayam Pelung yang berhasil menjadi juara akan memiliki harga hingga jutaan rupiah. Pada tahun 1978 juga didirikan pusat pembibitan Ayam Pelung didaerah Cipadang di Kecamatan Waning Kondang. Proyek demplot Ayam Pelung juga dilaksanakan di Kecamatan Warung Kondang pada tahun 2000.

Untuk koleksi gambar ayam pelung Anda bisa melihat di galeri foto ayam pelung kami. Memang ada beberapa kalangan yang kadang menyebut produknya ayam pelung super karena memiliki postur yang cukup besar. Saat anak ayam pelung mulai tumbuh sebenarnya postur tubuh yang tinggi besar sudah bisa kita amati. Dengan memperhatikan cara merawat ayam pelung yang baik berpeluang akan menghasilkan ayam pelung yang baik pula. Untuk makanan ayam pelung ayam pelung sendiri rata-rata sama dengan ayam kampung pada umumnya. Yang perlu di perhatikan memang porsi dari makananya memang cukup besar dan terlihat sangat lahap sehingga pakan ayam pelung merupakan biaya tersendiri bagi setiap peternak.

Untuk video ayam pelung anda bisa buka di link berikut dan anda juga bisa men download suara ayam pelung ini menjadi format suara ayam pelung mp3.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA AYAM PELUNG dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:

Ayam Hias, Ayam Pelung, Ternak Ayam Pelung, Peternak Ayam Pelung, Sejarah Ayam Pelung, Jual Ayam Pelung, Harga Ayam Pelung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *