Mengenal Pakan Angsa Untuk Menghasilkan Anakan Yang Berkualitas

Mengenal Pakan Angsa Untuk Menghasilkan Anakan Yang Berkualitas

Angsa termasuk salah satu unggas yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia di pedesaan maupun diperkotaan. Dari angsa kita bisa memperoleh dagingnya yang lezat, telurnya untuk dikonsumsi. Memang produk dari dari angsa seperti daging dan telur, lebih jarang kita temui dibandingkan dengan produk ayam. Namun itu bukan penghalang untuk kita  memulai beternak angsa.

Angsa sebenarnya bila diumbar diluar kandang akan dapat mencari makan sendiri. Maka tidak heran bila peternak angsa membiarkan angsa mereka berkeliaran di luar kandang, mungkin di kebun atau disawah untuk mencari makan sendiri. Angsa sendiri karena berpostur badan besar lebih sesuai jika dibiarkan berkeliaran di sekitar rumah kita.

Ada keunikan dari seekor angsa. Angsa biasanya mengeluarkan suara yang nyaring kala orang asing berada disekitar mereka. Terkadang mereka bisa menyerang orang yang mengganggu mereka. Untuk itu jika anda tidak mau memelihara anjing untuk menjaga rumah dari pencuri, alternatif yang bagus dengan memelihara angsa ini. Hal ini cukup beralasan karena dalam hadits juga di sebutkan Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak dua qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud).” (HR. Muslim: 23 Kitab Al Masaqoh).

Jika malam ada orang asing berniat buruk terhadap rumah anda, angsa akan mengeluarkan suaranya yang nyaring. Itu pertanda ada bahaya yang datang menyerang anda. Maka anda dapat meminta tolong kepada tetangga atau melihat sendiri pencuri yang dimaksud akan berniat jahat. Jika si pencuri menyadari maka dia akan melarikan diri.

Meskipun angsa dapat mencari sendiri makan, sebagai peternak harus dapat menyediakan makanan yang dikonsumsi angsa. Dengan pemberian ransum yang bergizi dan tepat, angsa anda dapat tumbuh cepat dan sehat. Untuk membuat sendiri ransum bahan-bahannya sangat mudah seperti 15 kg dedak, 3 kg konsentrat dan 2 kg jagung giling. Bahan tersebut diaduk menjadi adonan dan dapat diberikan pada angsa. Untuk menu siang hari, makanan angsa perlu ditambahkan irisan sayuran segar seperti kangkung, sawi, bayam, genjer. Untuk selingan bisa irisan daun pepaya segar.

Jika dilingkungan anda terdapat banyak tanaman enceng  gondok yang biasanya memenuhi aliran sungai, mulai sekarang hal itu dapat menjadi solusi karena angsa mau mengkonsumsi irisan enceng gondok. Selain itu angsa juga mau mengkonsumsi batang pisang yang dicacah atau diiris halus. Nah, ternyata untuk makanan angsa mudah dan murah bukan?

Untuk mendapatkan suplai protein alami, bisa diberikan tambahan berupa ikan segar, yuyu atau kepiting, keong, bekicot. Sebelum diberikan usahakan bahan tersebut dibersihkan, dihaluskan atau diiris halus agar angsa tidak tersedak oleh tulang atau cangkang dari kepiting. Dengan pemberian makanan berupa protein alami dari sekitar kita, hal itu bisa meningkatkan produktivitas telur hingga bisa mencapai 80%.

Kini anda dapat memelihara angsa tanpa rasa khawatir  angsa anda kekurangan makanan. Jika anda dapat secara konstan memberikan makanan yang bergizi maka anakan yang dihasilkannya akan berkualitas. Dari indukan yang berkualitas dan disertai dengan pola makan yang bergizi dan perawatan yang tepat maka anakan yang dihasilkannya akan berkualitas.

Saat ini kami dari jualayamhias.com menyediakan angsa yang dapat anda pelihara dirumah atau diternakkan dalam jumlah banyak. Anda dapat menghubungi kami untuk pemesanan dan kami dapat mengirimkannya hingga ke penjuru Indonesia.

Untuk angsa bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak Angsa, Harga Angsa, Jual Angsa, Foto Angsa, Jual Soang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *