Mengenal Itik Mojosari Sebagai Itik Petelur Unggul

Mengenal Itik Mojosari Sebagai Itik Petelur Unggul

Itik Mojosari merupakan jenis Itik lokal yang berasal dari Desa Modopura Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Jenis Itik Mojosari ini adalah satu jenis Itik yang cukup digemari telurnya. Meskipun tubuhnya tidak sebesar Itik Petelur lainnya tetapi mampu menghasilkan telur yang cukup besar. Sebenarnya cukup mudah menjumpai Itik Mojosari ini, ciri khas warna bulu betina berwarna cokelat tua kemerahan dan berbagai variasi sedangkan untuk pejantan pada bagian kepala leher dan dada berwarna gelap kehitaman serta pada bagian bawah berwarna keputihan.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Itik Mojosari sebagai Itik Petelur unggul memang banyak digemari khususnya telurnya, ciri khas warna kerabang telurnya biru kehijauan dengan ukuran yang cukup besar meskipun ukuran tubuh Itik Mojosari kecil yang hampir mirip dengan Itik Tegal akan tetapi lebih kecil. Secara umum Itik ini dipelihara secara intensif karena tujuan budidayanya untuk diambil telurnya dan biasa hidup di dataran tinggi. Meskipun begitu cukup banyak warga pesisir di Jawa Timur yang membudidayakan Itik Mojosari ini.

Apa saja ciri-ciri yang terdapat pada Itik Mojosari?

Berikut ciri-ciri Itik Mojosari

  1. Warna bulu dominan berwarna cokelat dengan variasi merah dan hitam.

  2. Tubuh langsing, tegak dan kecil.

  3. Bobot Itik Mojosari dewasa baik jantan maupun betina berkisar antara 1,4-1,5 kg.

  4. Paruh dan kaki berwarna hitam.

  5. Telur berwarna keputihan dan kehijauan.

  6. Menghasilkan telur hingga 220-250 butir per tahun.

  7. Tidak memiliki sifat mengerami telurnya sendiri.

Meskipun Itik Mojosari warna bulu dominannya tidak hanya berwarna cokelat namun karena tujuan budidayanya sebagai Itik Petelur maka di masyarakat umum jenis Itik Mojosari yang berwarna cokelat lah yang dipilih sebagai Itik Petelur karena memang produktivitasnya lebih tinggi.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Bagaimana cara membedakan Itik Mojosari Jantan dengan Itik Mojosari Betina?

Cara membedakan Itik Mojosari jantan dan betina yaitu dapat dilihat untuk Itik pejantan memiliki 1-2 helai bulu ekor yang melengkung ke atas dengan paruh dan kaki yang warnanya lebih hitam jika dibandingkan dengan Itik betina.

Produktivitasnya yang tinggi memang tidak heran jika Itik Mojosari ini dijadikan sebagai Itik Petelur unggul yang bisa menghasilkan 220-250 butir per tahun. Itik betina pertama kali bertelur yaitu pada saat usia 5 bulan hingga 7 bulan. Di usia 5 bulan belum begitu produktif dalam menghasilkan telurnya, baru saat usia 7 bulan Itik ini sudah produktif dalam menghasilkan telurnya.

Bagi anda yang ingin mencoba beternak Itik Mojosari, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indonesia untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

Bebek Pedaging, Bebek Petelur, Bebek Mojosari, Itik Mojosari, DOD Mojosari, Bibit Itik Mojosari, Itik Mojosari Mojokerto, Ternak Itik Mojosari, Peternak Itik Mojosari, Jual DOD Mojosari, Harga DOD Mojosari , harga bibit bebek mojosari, jual dod bebek mojosari, bebek mojosari, bebek mojosari siap telur, ternak bebek pedaging mojosari, ternak bebek mojosari, peternak bebek mojosari, jual bebek petelur mojosari, itik petelur mojosari

**Hasti Nurchayati**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *