Mengenal dan Mempelajari Cara Memelihara Ayam Reeves Pheasent

Mengenal dan Mempelajari Cara Memelihara Ayam Reeves Pheasent

Ayam Reeves Pheasent atau yang mempunyai nama latin Syrmaticus reevesi mungkin terdengar asing jika dibandingkan ayam jenis Pheasent lainnya yang lebih dulu dikenal. Untuk ayam Pheasent atau ayam Pegar memang banyak macamnya seperti Golden Pheasent atau ayam Pegar Emas, Ringneck Pheasent atau ayam Pegar Kalung, Red Pheasent atau ayam Pegar Merah, Yellow Pheasent atau ayam Pegar Kuning, Lady Amhers Pheasent atau ayam Pegar Lady. Kebanyakan ayam jenis pegar berasal dari daratan Cina dan Tibet.

Ayam Reeves Pheasent mempunyai warna yang sedikit berbeda dengan jenis Pheasent lainnya. Jika pada umumnya bulunya berwarna-warni, maka Reeves Pheasent berwarna dominan kuning kecoklatan dengan dihiasi garis-garis berwarna hijau gelap yang seperti membentuk pola renda. Pada bagian punggung warnanya putih dengan garis-garis hitam. Untuk bulu pada bagian muka kombinasi hitam dan putih.

Reeves Pheasent termasuk ayam yang mempunyai ekor terpanjang di kelasnya. Jenis ini mengalami penurunan dalam jumlah populasi dengan sangat cepat. Beberapa ahli memperkirakan jika ayam jenis Reeves Pheasent ini merupakan hasil perkawinan sedarah.

Ayam Reeves Pheasent Dewasa

Saat ini ayam jenis ini semakin langka dan jarang ditemui meskipun dihabitat aslinya di Cina. Untuk itu bila tidak dilakukan penangkaran maka bukan mustahil bila Reeves Pheasent akan mengalami kepunahan dari permukaan bumi. Saat ini hanya tersisa 2000 ekor saja di seluruh dunia.

Untuk Reeves Pheasent bisa bertelur sekitar 20 butir telur dalam satu periode bertelur. Mereka bisa mengerami sendiri telurnya namun kebanyakan peternak menetaskan dengan mesin penetas atau dititipkan pada indukan lain. Dengan demikian mereka dapat bertelur kembali dengan jangka waktu yang tidak lama.

Untuk makanan ayam Reeves hampir sama seperti jenis ayam pegar lainnya yaitu Voer atau BR. Dalam seminggu bisa diberikan buah pepaya matang beberapa kali. Mereka juga bisa mengkonsumsi sejenis serangga dan jangkrik yang berguna untuk menjaga stamina tubuhnya tetap fit.

Untuk kandang bisa dari jaring kawat yang menutupi hingga seluruh dinding kandang. Pada bagian atas dipasang atap agar Reeves tidak kehujanan atau kepanasan. Kandang diusahakan cukup lebar agar bisa bebas bergerak dan terbang atau beraktivitas di dalam kandang. Walaupun dalam keseharian cukup nyaman dengan berjalan di tanah atau sekedar bertengger di ranting, sebenarnya Reeves Pheasent bisa dalam keadaan tertentu terbang tinggi. Misalnya terkejut saat mendengar suara yang keras. Secara refleks ayam akan terbang tinggi. Untuk itu untuk mengantisipasi perlu dibuatkan kandang tertutup sekeliling kandang.

Ayam Reeves Pheasent Dewasa

Ayam Reeves Pheasent Dewasa

Untuk kandang bisa sebagian terbuat dari semen, separuh lagi terbuat dari jaring kawat. Didalam kandang diletakkan ranting kayu tempat untuk bertengger. Kandang yang luas bisa mengurangi resiko ekornya yang panjang rusak. Apalagi ayam Reeves Pheasent mempunyai ekor terpanjang dikelasnya. Ekor Reeves bisa mencapai 2,4 meter atau 8 kaki. Sayapnya bisa mencapai 7-11 cm. Didalam kandang bisa diletakkan 1 ekor pejantan dan beberapa ekor betina. Jika memungkinkan komposisi 1 jantan dan 1 betina saja.

Ayam Reeves Pheasent biasanya mulai berproduksi saat umurnya lebih dari 1 tahun. Dalam sekali produksi sekitar 20 butir telur. Untuk lebih memudahkan dalam menjaga produktivitas, sebaiknya telur ditetaskan pada mesin penetas. Setelah menetas, untuk selanjutnya bisa diletakkan dalam kandang DOC yang ada pemanas buatan. Untuk makanan bisa diberikan Voer atau BR. Saat masih anakan, antara pejantan dan betina warna bulunya sama. Setelah berumur lebih dari 5 bulan biasanya untuk pejantan sudah muncul warna yang lebih mencolok dibandingkan betina.

Kami di jualayamhias.com melayani pembelian Ayam Reeves. Dengan pengalaman kami sejak 1999 kami mampu mengirimkan ayam ke seluruh penjuru Indonesia via kargo hewan yang terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak Ayam Reeves Pheasent, harga Ayam Reeves Pheasent, jual Ayam Reeves Pheasent, telur Ayam Reeves Pheasent

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Reeves Pheasant
No HP
Rp. 5.500.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *