Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur yang Unggul

Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur yang Unggul

Bagi sebagian orang, tentu bukan hal yang mudah untuk langsung mengenali jenis bebek petelur atau bebek pedaging. Hanya peternak profesional yang mengetahui berbagai jenis bebek yang cocok digunakan untuk petelur atau pedaging atau bisa digunakan dalam 2 keperluan sekaligus. Memang ada beberapa bebek yang bisa digunakan sebagai petelur sekaligus pedaging. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan jenis bebek petelur.

DOD Bebek Hibrida

DOD Bebek Hibrida

Apa saja jenis bebek petelur yang potensial untuk dipelihara?

Jenis bebek petelur yang sangat potensial diantaranya adalah:

  1. Bebek Jawa (Indian Runner)

Bebek Jawa

Bebek Jawa

Bebek dikenal sebagai bebek jawa karena populasinya banyak terdapat dipulau Jawa. Seiring perkembangan dan permintaan yang tinggi maka penyebarannya makin merata hingga ke berbagai daerah yang jauh dari pulau jawa. Nama bebek jawa akan mengikuti daerah yang didiaminya. Dari postur tubuh tidak terdapat perbedaan yang mencolok.

Diantara bebek jawa diantaranya adalah:

Bebek Karawang

Sesuai dengan namanya, bebek karawang banyak terdapat di daerah Karawang dan sekitarnya. Selain itu juga terdapat di Cirebon dan Bekasi. Semua daerah tadi berada di propinsi Jawa Barat. Ciri khas bebek ini yaitu bulunya yang kecoklatan.

Bebek Mojosari

Bebek Mojosari termasuk bebek petelur unggul yang berasal dari daerah Mojosari di Jawa Timur. Bentuk badan bebek mojosari termasuk kecil namun mempunyai bentuk telur yang besar. Produktivitas bebek mojosari termasuk tinggi. Jika dipelihara dengan cara tradisional saja sudah bisa menghasilkan 150 butir/ ekor/ tahun. Cukup menjanjikan bukan? Apalagi bila kita menggunakan cara intensif maka produktivitas akan meningkat menjadi 250 butir/ ekor/ tahun.

Bebek mojosari mulai bertelur pada umur 6 bulan. Setelah berumur 7 bulan akan mulai stabil produktivitasnya.

Bebek Magelang

Bebek ini terdapat di daerah magelang Jawa Tengah. Ciri khas bebek magelang dapat dikenali dengan mudah karena adanya bulu yang melingkar di leher mirip kalung sehingga ada sebagian masyarakat ada yang menyebut dengan bebek kalung. Bebek kalung dapat berproduksi 200-230 butir/ ekor/ tahun.

Bebek Tegal

Bebek Tegal terdapat di kabupaten Tegal Jawa Tengah. Warna bebek tegal bervariasi dan tiap warna mempunyai nama yang berbeda. Bebek ini dapat menempuh perjalanan jauh sehingga peternak menggunakan cara ternak tradisional dengan diumbarkan di alam bebas. Bebek tegal dapat bertelur hingga 250 butir/ ekor/ tahun. Bebek ini mulai bertelur pada umur 5,5 bulan.

  1. Bebek Alabio

bebek alabio

bebek alabio

Bebek Alabio pada mulanya terdapat di kecamatan Alabio di kabupaten Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan. Bebek ini mempunyai keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi hingga mencapai 300 butir/ ekor/ tahun, daya tahan tubuh yang kuat hingga tidak gampang terkena penyakit, cepat besar dan rasa dagingnya yang lezat. Ukuran telurnya memang lebih kecil dibandingkan dengan bebek jenis lainnya. Untuk itu bebek alabio sering disilangkan dengan jenis bebek lain agar menghasilkan keturunan yang lebih unggul. Contoh hasil persilangan antara bebek betina alabio dan bebek jantan mojosari yaitu bebek hibrida yang diberi nama Raja dan Ratu.

  1. Bebek Khaki Champbell

bebek khaki campbell

bebek khaki campbell

Bebek ini merupakan hasil persilangan antara bebek jawa dan bebek Rouen dari Perancis. Bebek Khaki Champbell mampu bertelur hingga 330 butir/ ekor/ tahun jika dipelihara secara intensif. Bebek ini mempunyai daya tahan yang tinggi. Telur yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan telur bebek jenis lain, warna kulit telur putih sehingga kurang bisa diterima masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan warna kulit telur kebiru-biruan.

  1. Bebek MA-2000 (bebek Ratu)

bebek MA 2000

bebek MA 2000

Bebek ratu merupakan persilangan dari bebek betina Alabio dan pejantan Mojosari. Produksi bebek ratu sekitar 260 butir/ ekor/ tahun, bentuk seragam dan tahan terhadap penyakit. Bebek Ratu mewarisi seluruh keunggulan dari indukannya. Bebek ini mulai bertelur pada umur 4,5-5 bulan, lebih cepat jika dibandingkan dengan bebek lain. Warna kerabang telur hijau kebiru-biruan. Masa produksi bebek ratu sekitar 2 tahun.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

ternak bebek petelur lahan kering, kandang bebek petelur sistem kering, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur tanpa air, cara membuat kandang bebek dari bambu, cara beternak itik petelur yang baik, beternak bebek petelur di lahan sempit, pelihara bebek petelur, jenis itik petelur, tempat membeli bibit bebek petelur, ternak bebek petelur modern, bibit bebek petelur unggul, budidaya ternak bebek petelur, pakan itik petelur

** Hasti Nurchayati **

3 thoughts on “Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur yang Unggul

  1. Bahar

    ….saya.mo tanya…klo wilayah bima ntb…di layani gak pembelian DOD nya

    Reply
    1. admin

      Silahkan untuk wilayah Bima NTB kami bisa kirimkan dan Pak Bahar bisa hubungi layanan pelanggan kami kapan saja untuk pemesanan dan info lebih lanjut di 0812 2028 8686

      Reply
  2. Pingback: Cara Ternak Bebek Petelur-Jual Bibit Bebek I HP : 08564 77 23 888

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *